7 Tips Memilih Sepatu “Olahraga” Running

www.ujwar.com - 7 Tips Memilih Sepatu “Olahraga” Running

7 Tips Memilih Sepatu “Olahraga” Running

Salah satu kegiatan yang bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh agar tetap sehat adalah dengan berolahraga. Karena, apabila  jiwa sehat, maka tubuh pula akan kuat. Oleh karena itu, melakukan kegiatan olahraga sangat penting bagi kesehatan kita.

Memang cukup beragam, kegiatan olahraga ini tidak hanya berenang, berkuda, jalan-jalan, tetapi masih ada lagi jenis olahraga yang lainnya. Olahraga lari atau running merupakan salah satunya jenis olahraga yang paling sering dilakukan oleh semua kalangan, baik kaum laki laki atau kaum wanita, baik remaja ataupun dewasa. 

Mengapa olahraga lari atau ini paling banyak digemari, ada yang tahu? Ya, alasannya karena olahraga lari atau running ini sangat mudah untuk dilakukan tanpa membutuhkan alat bantu apapun. Jadi, cukup dengan berlari saja sampai mengeluarkan keringat (keringat sehat) sudah cukup.


Nah, supaya lebih nyaman ketika melakukan olahraga, khususnya olahraga lari, berikut ada 7 Tips memilih sepatu running, diantaranya :

1. Pilih Sepatu Runing yang Bantalannya Empuk

Tips yang pertama ketika kamu sedang mencari dan memilih sepatu running yaitu, pilihlah sepatu yang memiliki bantalan  empuk. Sehingga saat kaki dipijakan di dalam sepatu tersebut kaki akan terasa sangat nyaman. Karena salah satu faktor terpenting ketika memilih sepatu olahraga, khusunya untuk lari adalah nyaman saat digunakan. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan apabila hendak membeli sepatu running, pilihlah sepatu yang memiliki bantalan empuk. 

2. Mempertimbangkan dengan Berat Badan 

Ketika memilih sepatu running, kamu wajib terlebih dahulu untuk mempertimbangkannya dengan berat badan tubuh. Karena, berat badan  sangat menentukan dalam memutuskan  sepatu running mana yang akan membuat nyaman saat dipakai. Sebab, apabila kamu memiliki berat badan yang cukup besar maka sepatu running yang cocok untuk digunakan adalah sepatu running yang memiliki bantalan lebih tebal. Jikalau  kamu memilih bantalan sepatu yang tipis, maka kamu akan merasakan sakit di tumpuan kaki ketika digunakan. Maka dari itu, sangat disarankan untuk memilih sepatu running yang sesuai dengan berat badan.


3. Mengecek Kelenturan Sepatu 

Sepatu running yang nyaman bisa kamu tentukan sendiri, karena kamu yang akan memakainya. Maka,  supaya saat digunakan terasa nyaman, kamu harus mengecek juga kelenturan dari sepatu tersebut. Karena, saat kamu berlari, kaki membutuhkan sebuah alas yang sanagt mendukung gerak kakinya. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih sepatu running yang memiliki kelenturan sempurna yang sesuai dnegan  bentuk kaki. Tetapi, hampir semua jenis sepatu running mempunyai kelenturan yang cukup sempurna.

4. Pilih Sepatu Running Dengan Model Bentuk Kaki Anda

Setelah selesai memilih bantalan dan kelenturan, tips yang selanjutnya adalah mencari sepatu running dengan model yang sesuai dengan bentuk kakimu. Pada umumnya, terdapat 3 model bentuk kaki yang dimiliki oleh manusia. Diantaranya yaitu :

1. Over Pronation : Model kaki yang bentuk telapak kakinya yang miring ke arah dalam

2. Under Pronation : Model kaki yang bentuk telapak kakinya yang miring ke arah luar, dan 

3. Normal Pronation : Model kaki yang memiliki ciri bentuk telapak kaki yang normal dan menapak di permukaan.


Itulah bentuk kaki yang dimiliki oleh manusia, jadi sebelum membelinya kamu harus memastikan sepatu running tersebut apakah sesuai dengan bentuk kaki atau tidak.

5. Memilih Ukuran yang Lebih Besar dari ukuran Sepatu Biasanya

Sangat disarankan untuk kamu  memilih sepatu running dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran sepatu biasanya. Ini dikarenakan olahraga yang kamu lakukan tergolong cukup berat.  Guna dari melebihi ukuran sepatu running ini adalah untuk meminimalisir kelecetan yang akan terjadi pada kaki akibat terlalu mepetnya kaki dengan sepatu. 

6. Mencoba Sepatu Running yang Telah Dipilih


Setelah kelima tips di atas selesai, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mencobanya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kaki dapat menyesuaikan dengan model dari bentuk sepatunya. Selain itu, mencobanya terlebih dahulu sebelum membeli juga bertujuan untuk mencek tingkat kenyamanan dari sepatu running tersebut. Apakah jika dipakai dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan kelecetan pada kaki atau justru sebaliknya, akan tetap nyaman. Apabila sudah merasa cocok, pilihlah sepatu tersebut.

7. Menyesuaikan Dengan Medan Jalan 

Nah, tips yang terakhir ini merupakan tips yang paling penting ketika memilih sepatu running, karena untuk penyesuaian dengan medan berlari nantinya. Jika kamu ingin mencoba sensai berlari di gunung, maka sepatu trail running yang cocok untuk kamu pilih. Dan pastinya sepatu tersebut memiliki outsole yang berbeda dengan sepatu running yang biasanya digunakan untuk medan di jalan raya atau sejenisnya. Maka memilih sepatu running sebelum memakainya itu sangat penting. 

Itulah 7 tips memilih sepatu olahrag untuk running. Semoga dari artikel ini ada manfaat yang bisa sahabat ambil. Aamiin…


1 Komentar untuk "7 Tips Memilih Sepatu “Olahraga” Running"

  1. Mantap bang Ujwar tips nya, kebetulan mau jajan patu raning lagi ni hehe..., kangen olahraga raning soalnya

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel