7 Tips Memilih Telur yang Segar dan Berkualitas

www.ujwar.com - 7 Tips Memilih Telur yang Segar dan Berkualitas

7 Tips Memilih Telur yang Segar dan Berkualitas

Telur merupakan kebutuhan dapur yang memang agak sulit dikenali kesegarannya, berbeda dengan kebutuhan dapur yang lainnya. Oleh karena itu, beberapa orang tidak begitu jeli untuk memastikan kualitas telur pada saat membelinya, apakah masih segara atau sudah mulai membusuk. Telur yang sudah tidak segar lagi alias busuk, tentu rasanya tidak akan nikmat saat diolah. Justru akan membuat perut yang mengonsumsinya sakit.

Sebelum membeli, sebaiknya kamu pilah dan pilih  telur yang masih segar dan kualitasnya baik. Berikut adalah 7 tips memilih telur yang segar dan berkualitas :


1. Warna Cangkang yang Cerah dan Pekat

7 Tips Memilih Telur yang Segar dan Berkualitas
www.mbaksyahdu.com

Ciri pertama yang bisa dilihat untuk mengetahui telur yang segar adalah dari warna cangkangnya yang cerah dan pekat. Pilihlah telur yang memiliki cangkang cerah dan pekat. Untuk terlur yang sudah lama dan tidak segar lagi cangkangnya biasanya berwarna kusam dan agak keruh. Terkadang bintik-bintik hitam yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur juga mulai muncul.

2. Pilih Ukuran Telur yang Sedang

7 Tips Memilih Telur yang Segar dan Berkualitas
www.grosirtelurayam.com

Cara yang kedua adalah pilih telur yang ukurannya normal, jangan terlalu kecil ataupun terlalu besar. Telur yang ukurannya terlalu kecil biasanya akan berpengaruh pada ukuran kuningnya yang akan lebih kecil. Pada umumnya telur berukuran kecil ini berasal dari ayam yang masih muda. Sedangkan untuk telur yang berukuran besar berasal dari ayam yang sudah tua, dan camgkangnya pun lebih tipis dan rentan pecah. Lebih baik memilih telur yang ukuran normal (tidak besar atau tidak kecil) saja yang kematangannya pas di dalam.  


3. Pilih Telur yang Masih Utuh

7 Tips Memilih Telur yang Segar dan Berkualitas
serpongku.com

Jangan pernah memilih telur yang cangkangnya tidak utuh, sekali pun itu hanya retak sedikit, karena telur sangat mudah terinfeksi oleh kuman dan bakteri melalui cangkangnya. Maka dari itu, usahakan ketika memilih telur pilihlah yang cangkangnya masih utuh dan teksturnya kasar. Cangkang telur yang tipis akan lebih rentan pecah dan menimbulkan retakan halus, dan retakan halus tersebut akan membuat udara mudah masuk ke dalam telur tersebut melalui cangkang yang retak tersebut. Sehingga telur akan mudah rusak bahkan cepat busuk.

4. Goyang-goyangkan Telur


Langkah keempat untuk menentukan kesegaran dan kualitas telur adalh dengan menggoyangkannya. Ketika kamu sedang memilih telur, cobalah mengocok atau menggoyang-goyangkan telur kemudian rasakan gerakan ataupun bunyi yang dihasilkannya. Jika saat menggoyangkannya kamu merasakan telur bergerak-gerak dan di dalamnya itu mengikuti gerakan yang kamu lakukan, itu artinya telur sudah tidak segar lagi. Sebab kuning telur yang bergerak-gerak menandakan bahwa tali pusatnya sudah terputus dengan cangkangnya.  Hal ini terjadi karena telur tersebut di dimpan dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, pilihlah telur yang tidak berbunyi saat digoyangkan.

5. Rendam Telur Dalam Suhu Ruangan

7 Tips Memilih Telur yang Segar dan Berkualitas
andaketahui.blogspot.com

Cara yang selanjutnya memang agak sulit dilakukan, yaitu kamu harus merendamnya lalu rasakan gerakan ataupun bunyi yang dihasilkan dari dalam terlur tersebut. Caranya, pertama kamu masukkan telur tersebut ke dalam gelas yang sudah diisi dengan air, kemudian masukan telur. Jika posisi telur tertidur saat dimasukan ke dalam gelas yang sudah diisi air tersebut, itu artinya telur tersebut masih segar. Namun sebaliknya, jika telur mengambang atau terapung, maka telur tersebut sudah tidak segar dan tidak layak untuk dikonsumsi.

6. Sorot Telur menggunakan Senter 

7 Tips Memilih Telur yang Segar dan Berkualitas
www.kaskus.co.id

Langkah keenam untuk mengetahui apakah kualitas telur masih layak atau tidak adalah dengan meneropong telur atau dekatkan dengan lampu, lalu lihat dan perhatikan cahaya yang menembus cangkang telur. Jika bagian dalam telur terlihat terang dan jernih pada saat disoroti, dan kuning telur posisinya berada di tengah dan tidak bebas bergerak, itu artinya telur maish dalam kondisi segar. Sedangkan, jika cangkang berwarna buram dan keruh, berarti telur tersebut sudah tidak segar lagi dna tidak layak dikonsumsi.


7. Pecahkan Telur 

7 Tips Memilih Telur yang Segar dan Berkualitas
www.artimimpi.xyz

Cara terakhir untuk mengetahui kualitas telur adalah dengan memecahkan telur dan menempatkannya dalam wadah, lalu lihat bagian putih dan kuningnya. Apabila telur tersebut masih segar, maka bagian kuning telurnya akan berbentuk bulat sempurna dan putih telurnya memiliki lapisan yang tebal dan kental. Sedangkan, jika kuning telur sedikit merosot dan putih telurnya mengencer, apalagi bagian kuning dan putih telurnya tidak menyatu, bisa dipastikan telur tersebut sudah tidak layak untuk konsumsi.

Nah, itulah tips memilih telur yang segar dan berkualitas baik. Semoga informasi ini bermanfaat


Belum ada Komentar untuk "7 Tips Memilih Telur yang Segar dan Berkualitas"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel