8 Tips Membuat Konten yang Berkualitas dan Menarik

www.ujwar.com - 8 Tips Membuat Konten yang Berkualitas dan Menarik

8 Tips Membuat Konten yang Berkualitas dan Menarik

Sebenarnya menulis konten yang berkualitas dan menarik adalah sebuah pilihan dan keharusan, supaya konten yang kita buat bisa diterima oleh visitor. Untuk membangun konten yang menarik dan brand yang baik, kamu bisa memilih mengalokasikan waktu yang dibutuhkan untuk bekerja menciptakan kedua hal tersebut. Atau kamu juga bisa memilih  jalan yang mudah, dengan menulis konten seadanya.

Untuk mengembangkan konten sehingga menjadi berkualitas dan menarik, kamu harus memiliki website terlebih dahulu. Atau apapun alasannya itu, baik untuk hobi pribadi atau bisnis, sangat penting untuk kamu menjalankannya dengan baik dan benar. Maka dari itu, berikut adalah beberapa tips untuk mengembangkan konten yang berkualitas dan menarik.

                    10 Trik Rahasia Android yang Belum Diketahui

1. Buat Konten Yang Orisinil

Apabila konten yang dibuat oleh kamu itu yang orisinil, maka konten tersebut akan sejalan dengan Google dan pengunjung situs. Namun sebaliknya, apabila konten yang kamu buat itu hasil jiplakan konten karya orang lain, maka akan menyebabkan hukuman dari Google yang dapat membuat konten kamu kembali ke titik awal. 

Konten yang kamu buat harus benar-benar orisinil. Menggunakan postingan atau konsep yang sama berarti konten tersebut tidak orisinil lagi. Konten yang tidak orisinil, nantinya apabila diterbitkan, tidak akan ada yang memberi tautan padanya. Dan itu berarti, sudah menyalahi tujuan konten dari awal. 

2. Fokus Ciptakan Headline Yang Kuat

Ketika kamu membuat headline yang baik, maka secara tidak langsung kamu sudah membangkitkan minat dan mengundang pembaca. Jikalau sudah seperti itu, berarti dalam setiap pembuatan konten yang baru kamu tetap harus menciptakan headline yang kuat agar pembaca tertarik untuk membaca konten yang telah kamu buat.

3. Bisa Memberikan Jawaban

Ketika seseorang sedang membutuhkan jawaban, maka alat yang mereka tuju adalah mesin pencari alias google. Ini sudah menjadi tugas mesin pencari untuk memberikan jawaban kepada seseorang yang sedang membutuhkan jawaban. Seperti halnya saat orang membaca sebuah postingan di blog, melihat infografik, atau menonton sebuah video di youtube, yang mereka inginkan adalah jawaban untuk mendapat pengetahuan. selain orang tersebut membutuhkan jawaban, mereka juga menginginkan jawaban yang cepat. Maka dari itu, buatlah konten yang mudah dibaca, agar orang-orang yang membaca, melihat, atau menonton konten tersebut bisa menangkap bagian yang penting dengan cepat.

Sebagai contoh, apabila kamu membaca judul dari buku atau artikel yang bergenre non fiksi, kamu akan di buat bertanya-tanya dan penasaran. Betul tidak?

Nah, hal tersebut menjadi tugas dari seorang penulis untuk memberikan jawaban serta menyajikan informasi yang mendukung.


4. Akurat Dalam Melaporkan dan Mengambil Informasi

Mengapa harus membuat konten yang akurat, sementara yang hoax juga sering dipercaya oleh pembaca? Alasannya adalah, apabila kamu menulis sebuah artikel yang tidak sesuai dengan faktanya, maka sudah bisa dibayangkan dampak negative apa yang akan terjadi. Perlu  kamu ingat, bahwa blog merupakan refleksi dari perusahaamu. Apaila terjadi masalah dengan blog tersebut, maka akan berdampak pada bagaimana orang-orang bisa melihat produk yang kamu promosikan? Sementara mereka tidak percaya. Setiap statistik yang kamu tampilkan, harus diverifikasi terlebih dahulu. Karena banyak postingan dari blog yang akan memberi tautan ke statistik dan sumbernya.

5. Ciptakan Engaging Content

Ketika kita menciptakan engaging content, maka tawaran sesuatu yang baru, perspektif baru, pengetahuan, sesuatu yang bermanfaat, menginspirasi,  menghibur akan diberikan. Engaging content memberikan informasi kepada pembaca mengenai sesuatu yang sebelumnya tidak pernah mereka lihat. 

Maka dari itu, konten yang kamu ciptakan harus bisa membuat pembaca bertanya-tanya. Selain itu, buatlah bagian perkenalan yang mengesankan, dan buatlah orang menyukai cerita yang kamu buat. 

Nah, ketika kamu menyediakan konten yang mengundang banyak komentar, maka google atau mesin pencari akan menganggap postingan yang kamu buat itu penting dan diupdate secara teratur. Jadi tips ini akan membuat mesin pencari kembali ke situs kamu lebih sering.

6. Menambahkan Gambar dan Video

Cara belajar dari masing-masing orang tentu berbeda. Sebagian orang memilih cara belajar dengan melihat, sedangkan sebagian lainnya memilih belajar  dengan cara mendengar. Yang pasti, dengan menambahkan visual pada sebuah konten akan membuat orang belajar lebih baik. Baik menambahkan gambar, video, ataupun diagram. Hal tersebut akan membantumu mengilustrasikan poin. 

Jadi jenis konten apapun yang kamu buat, tambahkan gambar. Karena tidak ada yang mau ketika membaca yang hanya paragraph teks saja.

7. Tulis Konten Pendek dan Meruncing

Satu pelajaran mengenai menulis yang penting yaitu membatasi kesalahan. Hal ini cukup menantang dan membutuhkan kerja keras, akan tapi hal tersebut akan membuat komposisimu berubah menjadi jauh lebih baik.

selain postingan blog atau artikel yang singkat dan langsung pada inti persoalan yang berisi informasi, kiranya tidak ada yang lebih baik lagi. Daripada diuraikan dengan tulisan yang panjang tetapi bertele-tele.

Jadi intinya, ketika kamu membuat sebuah artikel jangan terfokus kepada berapa jumlah katanya. Karena postingan blog atau artikel yang lebih panjang belum tentu yang lebih baik. 

8. Selalu Update Website Atau Blog 

Ketika kamu memulai sebuah blog atau website itu berarti kamu sudah siap juga memulai sebuah komitmen. Apabila kamu menulis beberapa postingan, kemudian kamu meninggalkan tugas ini begitu saja (berhenti di tengah jalan), maka pembaca yang banyak atau pelanggan baru tidak akan kamu miliki. Bukan hanya itu, mesin pencari pun tidak akan menyukai situs yang tidak diupdate secara teratur.

Apabila kamu memiliki sebuah situs atau website, maka kamu harus mengupdatenya secara teratur dengan konten-konten yang berkualitas dan menarik. Karena kebanyakan situs dengan konten terbagus diupdate secara berkala. Gelombang pengunjung akan lebih kuat, apabila sering mengupdate situs atau website.  

Nah, itulah 8 tips membuat konten yang berkualitas dan menarik. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari artikel ini. Aamiin…

Terima kasih sudah membaca 


3 Komentar untuk "8 Tips Membuat Konten yang Berkualitas dan Menarik"

  1. SIap laksanakaaann

    Semoga bisa terus menjaga kualitas blog ya

    BalasHapus
  2. Wah bener banget tuh ya. Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel