8 Tips Pertolongan Pertama Saat Keseleo

www.ujwar.com - 8 Tips Pertolongan Pertama Saat Keseleo

8 Tips Pertolongan Pertama Saat Keseleo
Dokter Sehat

Keseleo dan terkilir memang kerap disama-artikan, sebenarnya keduanya berbeda. Keseleo merupakan cedera yang diakibatkan dari peregangan otot ligamen yang melebihi kapasitas normal, sedangkan terkilir merupakan jenis cedera ligamen yang diakibatkan dari robeknya serat-serat ligamen. Ligamen sendiri merupakan pita kuat dan elastis yang menghubungkan antara tulang serta menahan persendian supaya tetap pada tempatnya.

Gejala keseleo yakni rasa sakit dan bengkak pada sambungan tulang, terjadi pada bagian pergelangan kaki dan lutut biasanya. Biasanya bagian yang bengkak tersebut akan membiru atau juga menghitam serta terasa empuk apabila diraba. Semakin parah cedera yang dialami, maka pembengkakan akan semakin besar juga terasa nyeri. Oleh karena itu,  sebelum semakin parah maka kamu harus tahu pertolongan pertama yang harus kamu lakukan saat mengalami keseleo. Berikut 8 tips pertolongan pertama saat kamu mengalami keseleo, yuk simak:

Baca juga: 12 Tips Supaya Terhindar Dari Penipuan Ketika Belanja Online

1. Istirahatkan Kaki yang Keseleo dan Jangan Dipaksa Bergerak 

Ketika Kakimu keseleo, ada baiknya kamu ambil waktu untuk mengistirahatkan kaki terlebih dulu karena hal ini merupakan cara mengobati kaki keseleo yang paling utama. Jangan paksakan kaki yang keseleo untuk berjalan terlebih lagi berlari. Cobalah berhenti dari segala aktivitas yang sedang kamu lakukan dan berfokuslah untuk mengistirahatkan kaki yang keseleo tersebut.

Ambil posisi duduk dan tenangkan dirimu, dan jangan lupa letakkan kaki yang keseleo tersebut di permukaan yang datar. Apbila memang terjadi di bagian kaki, maka luruskan dan biarkan otot untuk istirahat. Jika dipaksa untuk beraktivitas, bisa-bisa otot malah berkontraksi, hal tersebut akan memicu pelebaran luka di ligamen.

2. Terapi Es dengan Mengompresnya Menggunakan Es Batu

Setelah mencoba mengistirahatkan kaki, kamu dapat mencoba untuk melakukan terapi dengan menggunakan es batu atau air es. Kantong es biasanya yang dimanfaatkan untuk kompres agar rasa sakit bisa berkurang serta mencegah risiko pembengkakan. Ambilah beberapa kotak es kemudian bungkus dengan kain atau handuk tipis yang bersih.

Barulah setelah itu, kamu bisa coba untuk menempelkan kantong es di area kaki yang mengalami keseleo tersebut selama beberapa menit. Pastikan cara tersebut dilakukan 4 jam sekali dan sebaiknya kompresan dilakukan tidak lebih dari 3 menit. Karena jika terlalu lama, risiko kerusakan jaringan otot serta sendi cukup besar, jadi ada baiknya ikuti aturan yang ada demi keamanan dan kesembuhan kakimu.

Baca juga: Langkah-langkah Menulis Artikel Sesuai Jenis dan Bentuknya

3. Balut Kaki yang Keseleo dengan Perban yang Elastis

Neoprene atau karet sintetis atau juga disebut dengan sebutan perban elastis ini bisa menjadi pilihan pertolongan pertama untuk keseleo di bagian kaki. Karena tergolong dalam pertolongan pertama, setidakanya kamu membalut kaki yang keseleo terbut dalam waktu 48 jam pertama sejak kamu mengalami keseleo.

Tujuan dari penggunaan perban elastis tersebut yakni agar risiko pembengkakan dapat berkurang dan sendi akan mampu beristirahat dengan baik. Ada baiknya tidak membalut terlalu kencang di bagian pergelangan kaki sebab aliran darah bisa-bisa terhambat. Bukalah perban jika kamu menemukan jari-jari kaki mulai berubah warna, mati rasa atau kesemutan karena hal itu aliran darah mulai tidak lancar.

4. Angkat Pergelangan Kaki di Posisi yang Lebih Tinggi dari Jantung

Jangan ragu untuk mengangkat bagian pergelangan kaki sebagai pertolongan pertama. Tetapi, Pada saat mengangkatnya perhatikan pula setinggi mana. Disarankan untuk mengangkatnya setinggi jantung selama 2 sampai 3 jam dalam sehari apabila memang memungkinkan. Hal tersebut otomatis membuat risiko memar dan bengkak menurun.

Untuk melakukannya tips ke-4 tersebut, silakan ambil posisi berbaring di sofa atau tempat tidur kemudian kaki bisa diletakkan di atas tumpukan sejumlah bantal saja. Apabila misalnya tidak ada tempat tidur juga bantal, kamu bisa duduk saja di kursi, selanjutnya angkat kaki setinggi panggul. Namun pada cara tersebut, tidak dianjurkan untuk menggunakan perban karena peredaran darah bisa terhambat.

5. Meminum Obat Pereda Rasa Nyeri

Pembengkakan pada keseleo dapat mengakibatkan rasa nyeri yang tidak tertahankan. Untuk meredakan rasa nyeri dan peradangan tersebut, mulailah mencari obat pereda nyeri atau obat anti radang seperti acetaminophen, naproxen, aspirin, atau ibuprofen. Penghilang rasa sakit ini hanya disarankan untuk bagi kamu yang keseleo dan kaki terasa sangat nyeri hingga tidak tertahankan.

Hindarilah pemakaian obat anti nyeri terlalu sering, di mana sebenarnya kondisi tak begitu serius namun kamu mengonsumsinya agar terasa nyaman. Mengonsumsi obat semacam ini terlalu sering, apalagi tanpa resep dokter hanya akan berefek samping negatif pada tubuhmu.

6. Jangan Dipijat

Kebanyakan orang mengetahui bahwa memijat bagian yang keseleo sesaat setelah keseleo bukan solusi terbaik. Memijat sering  dianggap sebagai penanganan yang paling tepat untuk keseleo, namun sebenarnya malah justru berbahaya. Memijat bagian yang keseleo sesaat setelah keseleo bukanlah solusi terbaik, dikhawatirkan justru dengan memijat malah menjadikan perdarahan terjadi serta pembengkakan meningkat.

7. Jangan Minum Alkohol

Minuman beralkohol memangsangat merusak tubuh, kamu tentunya tahu betul dari bahaya minuman keras bagi kesehatan sangatlah mengancam. Hal ini tidakk hanya berlaku ketika kamu mengonsumsinya setiap hari secara berlebihan, namun juga termasuk mengonsumsi alkohol ketika kamu mengalami keseleo. Alkohol mampu membuat proses penyembuhan terhambat dan kerusakannya malah berisiko menjadi lebih parah lagi.

8.  jangan Mandi Air Hangat

Kebanyakan orang menganggap bahwa mandi menggunakan air panas akan mampu membuat keseleo jadi lebih baik.  Banyak orang mengira air hangat sebagai solusi dalam membuat otot dan sendi kaki jauh lebih baik, tetapi sebenarnya justru berbahaya. Kerusakan jaringan justru bisa menjadi lebih serius serta berlanjut, jadi hindari mandi air hangat ketika sedang keseleo.


Itulah 8  tips pertolongan pertama pada keseleo yang dapat kamu coba ketika kamu tiba-tiba mengalaminya. Ada baiknya, selama keseleo kamu tidak melakukan kegiatan fisik yang terlalu berat agar kerusakan jaringan tidak bertambah parah. Apbila pembengkakan tidak lekas membaik sert gejala tampak semakin parah, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan juga pertolongan medis lanjutan!

Terima kasih sudah membaca postingan ini.

Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "8 Tips Pertolongan Pertama Saat Keseleo"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel