9 Tips Memilih dan Menyimpan Cabai yang Baik

www.ujwar.com - 9 Tips Memilih dan Menyimpan Cabai yang Baik

9 Tips Memilih dan Menyimpan Cabai yang Baik
www.vemale.com

Kurang lengkap rasanya, apabila orang Indonesia makan tanpa sambal. Maka dari itu, cabai menjadi salah satu bumbu dapur yang selalu ada hampir di setiap rumah.

Mungkin itu cabai besar, cabai cengek, cabai keriting, atau cabai rawit. Saat membeli cabai, kita harus memilih dengan teliti mengenai cabai yang berkualitas. Supaya tidak mudah busuk, berjamur, atau kering kita juga harus pintar-pintar dalma menyimpannya.

Berikut adalah 9 tips memilih dan menyimpan cabai yang baik, antara lain : 


1. Warna dan Tekstur Cabai

9 Tips Memilih dan Menyimpan Cabai yang Baik
pusakapusaka.com

Ketika hendak membeli cabai merah, hal pertama yang harus diperhatikan adalah warna dan tekstur dari cabainya. Cabai yang masih segar bisa kita lihat dari warna dan testur. Warna merah dan tidak berubah warna merupakan kualitas cabai yang baik. Selain itu teksturnya juga cenderung halus dan tidak Cabai merah yang berkualitas baik memiliki warna merah segar dan belum berubah warna. Selain itu, tekstur yang dimiliki cabai segar juga cenderung halus serta tidak kerut.

2. Bentuk Cabai

9 Tips Memilih dan Menyimpan Cabai yang Baik
www.irpinianews.it


Cabai yang memiliki kualitas terbaik bisa kita lihat dari bentuk dan ukurannya. Ketika membeli cabai, pilihlah cabai yang memiliki ukuran besar dan bentuknya lurus. Cabai yang berbentuk lurus akan menghasilkan rasa yang pedas, dibanding dengan cabai yang berbentuk melengkung.

3. Daging Cabai

9 Tips Memilih dan Menyimpan Cabai yang Baik
food.detik.com

Tips yang selanjutnya adalah memilih daging cabainya. Cabai yang masih segar bisa kita rasakan saat memegangnya. Cabai yang segar akan terasa empuk saat kita pegang. Selain itu, cabai yang memiliki daging empuk rasanya cenderung pedas. Sehingga tidak perlu banyak-banyak menggunakan cabai jika rasanya pedas.

4. Aroma

Selain ketiga cara tersebut, cara yang selanjutnya untuk menentukan kualitas cabai adaah dengan mencium aromanya. Cabai merah yang memiliki ras apoedas dan segar biasanya memiliki aroma kepedasan yang cukup tinggi. Dan sebaliknya cabai yang sudah busuk aromanya pekat dan tercium tidak segar.

5. Batang Cabai

9 Tips Memilih dan Menyimpan Cabai yang Baik
khasiatbuahuntukkesehatan.blogspot.com

jangan lupa juga untuk memperhatikan bagian batangnya ketika hendak membeli cabai. Cabai yang masih segar memiliki batang  bertekstur keras, kokoh, dan tidak mudah lepas. Tidak hanya itu, warna batang dari cabai yang masih segar juga cenderung kehijauan.


6. Hindari Membeli Cabai yang Dicampur

9 Tips Memilih dan Menyimpan Cabai yang Baik
economy.okezone.com

Ada beberapa penjual cabai di pasar-pasar tradisional yang mencampur dagangan cabai yang segar dengan yang sudah layu bahkan sudah membusuk dalam satu wadah. Sebaiknya, apabila kamu hnedak membeli cabai di pasar tradisional, hindari untuk membeli cabai yang sudah dicampur seperti itu. Meskipun kita snagat membutuhkan cabai tersebut untuk bumbu makanan. Karena memang makanan pedas selalu menggugah selera dan meningkatkan nafsu makan. Namun tetap kita harus memperhatiakn kualitasnya. Pilihlah cabai yang benar-benar masih segar seutuhnya, supaya lebih tahan lama.

7. Angin-anginkan Cabai

Para pedagang cabai di pasar tradisional biasanya membungkus menggunakan plastik bening. Nah, setelah sampai dirumah supaya cabai tidak lembap, segeralah keluarkan cabai dari plastik tersebut. kemudian angin-anginkan cabai tersebut sampai kering. Agar cabai dapat dipastikan sudah kering, kamu juga bisa menjemurnya sebentar di bawah terik sinar matahari. 

8. Cuci Saat Akan Digunakan

Salah satu kesalahan yang kita lakukan ketika menyimpan cabai adalah mencucuinya terlebih dahulu. Padahal itu salah, justru cabai yang dicuci dulu sebelum disimpan, akan membuat cabai cepat busuk, karena lembap. Agar cabai tetap terjaga kesegarannya, maka usahakan kita mencucinya ketika hendak membutuhkannya saja.

9. Simpan di Tempat Kering


Nah langkah yang terakhir adalah simpan cabai di tempat yang kering dan kedap udara. Setelah itu, agar cabai tetap terjaga kesegarannya, simpan cabai tersebut di dalam frezzer/kulkas atau pada suhu ruangan.

Nah, itulah 9 tips memilih dan menyimpan cabai dengan baik. Jadi sekarang kita sudah tahu kan mengenai memilih dan menyimpan cabai yang baik? Semoga bermanfaat 




Belum ada Komentar untuk "9 Tips Memilih dan Menyimpan Cabai yang Baik"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel