Ada Baiknya 10 Makanan ini Tidak Masuk Kulkas!

www.ujwar.com - Ada Baiknya 10 Makanan ini Tidak Masuk Kulkas!

Ada Baiknya 10 Makanan ini Tidak Masuk Kulkas!
Money.id

Sesudah belanja bulanan, mungkin kamu sudah terbiasa untuk segera menyimpan berbagai bahan makanan yang kamu beli ke dalam kulkas. Mulai dari buah-buahan, sayur-mayur, sampai dengan daging. Menyimpan beragam makanan di dalam kulkas memang dapat membantu memperpanjang umur makanan tersebut. Terlebih lagi jika kamu memang tidak berencana untuk menghabiskannya dalam waktu beberapa hari. 

Namun, perlu kamu ketahui terdapat beberapa jenis makanan tertentu yang justru akan cepat rusak apabila dimasukkan ke dalam kulkas. Untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang sebaiknya tidak masuk kulkas, yuk simak ulasannya berikut:

Baca juga: Tips Jitu! 8 Tips Menghias Dinding Tanpa Cat

1. Kentang dan Ubi

kissPNG

Mengapa kentang dan ubi tidak boleh masuk kulkas? Hal tersebut dikarenakan udara  dingin dan lembap yang justru dapat merusak tekstur serta rasanya. Kentang dan ubi mengandung pati  yang akan lebih cepat terurai menjadi gula sehingga kentang dan ubi jadi terasa manis menyengat. Teksturnya yang lembut juga akan berubah menjadi lebih kasar juga keras. Ada baiknya kentang dan ubi disimpan di tempat yang kering dan tidak terpapar sinar matahari langsung, seperti menyimpannya dalam lemari makanan. Hindari menyimpan kentang dan ubi di dalam kantong plastik kedap udara karena akan menyebabkan kedua jenis makanan ini cepat busuk.  

2. Kacang-Kacangan

buatlagi.com

Ada baiknya kacang-kacangan mentah seperti kacang tanah, kacang almond, kacang mete, serta kacang hijau tidak masuk ke dalam kulkas. Hal tersebut dikarenakan kacang yang disimpan di kulkas dapat menyebabkan mengurangi rasa gurih khas kacang-kacangan. Tidak hanya itu, kulit kacang juga dapat menyerap bau-bauan dari kulkas. Dengan memasukkan kacang-kacangan dalam wadah kedap udara kemudian simpan di tempat yang kering dan jauh dari paparan sinar matahari langsung. Tetapi, apabila kamu memang ingin menyimpannya kira-kira selama setahun, simpan pada wadah tertutup di dalam freezer.

3. Bawang Bombai

Alodokter

Sebaiknya tidak menyimpan bawang bombai di dalam kulkas. Karena kelembapan di dalam kulkas akan menyebabkan bawang bombai berubah jadi lembek, kusam, juga cepat berjamur. Cukup dengan menyimpan bawang bombai di tempat yang kering, serta tidak terpapar sinar matahari langsung, juga bersuhu cukup sejuk. Bawang bombai pun akan tetap renyah dan beraroma khas.

Baca juga: 10 Tips Merawat Mata yang Baik dan Mudah

4. Bawang Putih dan Bawang Merah

Sriwijaya post - Tribunnews

Jika bawang putih dan bawang merah disimpan di kulkas, maka lama-lama akan tumbuh tunasnya. Tekstur bawang juga akan menjadi lebih kenyal dan kusam. Bahkan rasa bawang putih dan bawang merah juga tidak akan setajam sebelumnya, sehingga masakan kamu pun akan jadi terasa hambar. jadi, simpanlah bawang-bawang tersebut di tempat yang kering dengan sirkulasi udara yang cukup baik. Hindari juga bawang-bawang tersebut dari sinar matahari langsung.  

5. Tomat

Beritagar

Kebanyakan orang mungkin sel,alu menyimpan tomat di dalam kulkas, namun perlu kamu ketahui hal ini merupakan kesalahan. Ada baiknya tomat seharusnya tidak boleh masuk kulkas. Mungkin alas an kamu hanya ingin menjaga agar tomat tetap segar, namun ternyata menyimpan tomat dalam kulkas malah akan membuatnya kusam dan lembek. Udara yang dingin juga akan mengakibatkan rasa tomat jadi lebih hambar. Cara menyimpan tomat yang baik yakni di tempat yang sirkulasi udaranya lancar, seperti di atas meja dapur.

6. Buah-Buahan

Blog tribun Jualbeli

Cara terbaik untuk menikmati buah-buahan sebenarnya adalah dengan cara dimakan langsung, bukan disimpan terlalu lama baru kemudian dikonsumsi. Terlebih lagi apabila disimpan dalam kulkas. Buah-buahan yang disimpan di dalam kulkas seperti pisang, alpukat, semangka, melon, apel, pir, stroberi, mangga, jeruk, dan pepaya akan kehilangan khasiatnya. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah-buahan tersebut bisa berkurang dsisebabkan oleh udara yang dingin. Bahkan buah-buahan yang disimpan di kulkas juga akan terasa kering dan kurang matang.

Baca juga: 20 Jenis Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

7. Biji kopi

Hellosehat.com

Apabila kamu membeli biji kopi dalam jumlah lumayan banyak dan tidak bisa langsung menghabiskannya, ada baiknya jangan dimasukkan dalam kulkas. Kelembapan udara di dalam kulkas akan mengubah kopi jadi lebih encer serta aromanya tidak kuat. Bahkan biji kopi yang disimpan dalam kulkas juga akan menyerap aroma bahan makanan lain yang disimpan secara bersamaan. Rasa kopinya pun jadi kacau setelah ditumbuk dan diseduh. Cara yang baik untuk  menyimpan kopi yakni memasukkannya ke dalam wadah yang kedap udara kemudian simpan di tempat yang tidak kena sorotan matahari langsung.

8. Roti

Liputan6.com

Walupun sebenarnya roti tidak boleh masuk kulkas, namun masih banyak orang yang melakukan hal tersebut dengan alasan karena ingin menjaga roti tetap awet setelah berhari-hari. Menyimpan roti dalam kulkas memang dapat mencegah jamur, namun roti akan menjadi terasa lebih kering dan kasar. Ada baiknya roti  disimpan dalam wadah yang kedap udara paling lama tiga hari. Apabila kamu memang tidak bisa menghabiskannya dalam kurun waktu tersebut, maka masukkanlah ke dalam wadah tertutup sebelum disimpan di dalam freezer.

9. Minyak

Merdeka.com

Berbagai jenis minyak seperti minyak zaitun, minyak kelapa murni, serta minyak kelapa sawit sebenarnya tidak boleh masuk kulkas. Minyak yang disimpan di dalam kulkas akan mengental juga membeku seperti margarin. minyak dapat bertahan lumayan lama tanpa dimasukkan ke dalam kulkas. Kamu bisa menyimpannya di tempat yang gelap dalam suhu ruangan.

Baca juga: 12 Tips Supaya Terhindar Dari Penipuan Ketika Belanja Online

10. Daun-daunan

wanita indonesia

Daun-daunan yang kerap dipakai sebagai rempah-rempah atau bumbu masakan ternyata juga tidak boleh masuk kulkas. Misalanya daun bawang, daun ketumbar, daun kemangi, daun seledri, daun salam, ataupun daun peterseli. Apabila disimpan dalam kulkas, daun-daunan tersebut akan menyerap bau-bauan dari makanan lain di yang disimpan bersamaan kulkas, sehingga aromanya tidak wangi lagi. Jika kamu ingin menyimpannya untuk waktu yang lama, ada baiknya rendam daun-daunan bumbu tersebut di dalam air.


Nah, itulah 10 makanan yang sebaiknya tidak masuk ke kulkas.

Terima kasih sudah membaca postingan ini.

Semoga bermanfaat. 

2 Komentar untuk "Ada Baiknya 10 Makanan ini Tidak Masuk Kulkas!"

  1. Wah bener banget tuh ya kak. Saya juga biasanya tidak menyimpan bahan dapur, seperti bawang bomai, dan lain-lain.

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel