Cara Mengetahui Spesifikasi Smartphone yang Baik dan Benar

www.ujwar.com - Cara Mengetahui Spesifikasi Smartphone yang Baik dan Benar

Cara Mengetahui Spesifikasi Smartphone yang Baik dan Benar

Sebenarnya, melakukan pengecekan atau melihat spesifikasi pada smartphone merupakan suatu hal yang sangat mudah dilakukan. Meski begitu, namun tetap saja banyak orang yang jarang melakukannya. Sehingga mereka tidak mengetahui dengan jelas spesifikasi dari smartphone yang mereka gunakan. Memang, mengecek atau melihat spesifikasi dari smartphone bukanlah hal yang wajib untuk lakukan, akan tetapi tidak ada salahnya juga jika kamu ingin melakukannya. Jika kamu akan melakukan pengecekan spesifikasi terhadap smartphone, maka kamu harus memperhatikan hal-hal apa saja ayang seharusnya dilakukan ketika melakukan pengecekan tersebut. Berikut adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan ketika melakukan pengecekan spesifikasi pada smartphone :

1. Cek Spesifikasi Processor

Sama halnya dengan komputer atau laptop, smartphone saat ini juga memiliki Processor yang berfungsi untuk mengendalikan, melakukan perhitungan, dan melaksanakan tugas utama sistem. Tetapi yang membedakan antara keduanya yaitu kalau smartphone sudah tertanam pada mesin, bukan jenis soket seperti pada komputer.  Selain itu, dominasi AMD dan Intel yang terdapat pada processor komputer juga tidak sama dengan pasar Smarphone, tentunya membutuhkan waktu untuk mengecek satu persatu, karena jumlah produsen sangat banyak.


2. Cek Spesifikasi Memory dan Penyimpanan

Tentu sangat penting memiliki RAM yang besar, karena RAM sangat mempengaruhi kecepatan pada komputer atau smartphone. Jika kapasitas RAM kecil, maka Kinerja aplikasi atau Game berat akan menjadi lambat. Tentu ini hal yang sangat menjengkelkan dan semua orang tidak menginginkan hal ini. Akan tetapi spesifikasi pada Smartphone berbeda, Samrtphone Android lebih banyak menguras memori dibandingkan dengan iOS pada iPhone.

Karena memory RAM pada Smartphone sudah tertanam seperti processor pada komputer, maka RAM pada smartphone tidak dapat di upgrade secara fisik. Tentu hal ini akan membuat pengembang aplikasi harus memutar otak untuk meminimalkan pada penggunaan memory. Memory internal pun sama memilik banyak variannya. Tetapi kamu tidak perlu bingung, kamu tinggal pilih saja kapasitas yang sekiranya akan cukup untuk menampung data-data dan aktivitas yang diperlukan.

3. Cek Spesifikasi Layar

Setelah selesai mengecek spesifikasi di atas, spesifikasi yang harus kamu cek selanjutnya adalah spesifikasi layarYa, layar juga pelu kita cek spesifikasinya, Karena layar merupakan nyama dari sebuah smartphone yang berfungsi sebagai penghubung pengguna dengan smartphone. Tetapi kebanyakan dari calon pembeli smartphone akan lebih terfokus pada layar yang besar. Padahal  layar yang besar belum tentu memiliki ketajaman seperti pada iklannya.

Resolusi atau ketajaman layar juga akan mempengaruhi tampilan antar muka. Kita bisa melihat spesifikasi smartphone dari kepadatan pixel setiap inchi atau (PPI), Semakin besar angka PPInya, maka semakin tajam juga gambar yang dihasilkan.


4. Cek Spesifikasi Jaringan Selular

Di dunia, jaringan seluruh hanya ada dua, yaitu GSM dan CDMA. Tetapi seiring dengan Jaringan 4G LTE yang dikeluarkannya di Indonesia, dan ada kabar terbaru bahwa operator berbasis CDMA sudah banyak yang berpindah ke GSM karena  persaingan yang main tinggi  sempitnya frekuensi dan keterbatasan wilayah, serta pelayanan yang kurang optimal, yang menjadi kendala utama operator berbasis FWA.

Salah satu operator besar seperti Flexi yang dimiliki PT Telkom juga sudah memindahkan penggunanya ke jaringan GSM, dan kabar terbaru operator-operator CDMA juga akan berpindah dalam waktu yang dekat. Jadi di sarankan pilihlah smartphone dengan jaringan GSM saja.

5. Cek Spesifikasi WiFi

Wifi menjadi benda wajib yang harus ada pada setiap smartphone, karena wifi menjadi jaringan nirkabel pada smartphone saat ini. Alasan utamanya karena hamper semua aplikasi saat ini terhubung dengan internet, jadi konesksi internet sangat dibutuhkan.

Standart baru WiFi saat ini juga sudah berpindah, dari yang awalnya 802.11n menjadi 802.11ac, dan beberapa smartphone dan komputer sudah mengadopsi keduanya. Yang membedakannya ialah pada kecepatan saat melakukan transfer data. 

Akan tetapi semua itu harus di dukung juga dengan standart yang baru. Mislanya, jika kamu memiliki spesifikasi smartphone dengan teknologi WiFi IEEE 802.11 ac, namun router yang dimiliki masih menggunakan generasi IEEE 802.11n  atau generasi yang sebelumnya, maka kecepatannya pun tidak akan bertambah alias tetap. 

6. Cek Spesifikasi Kamera

Sebelum membeli smartphone, spesifikasi kamera juga harus diperhatikan, terutama bagi yang suka berfoto ria dan berbagi foto di jejaring social. Pertama yang harus kamu lihat adalah Megapixel dari kamera tersebut, karena semakin besar pixel kamera yang dimiliki smartphone tersebut akan semakin baik dalam menangkap foto berresolusi tinggi, zoom, dan objek foto. 

Yang kedua yang harus kamu perhatikan adalah resolusi video yg dihasilkan. Smartphone sekarang ini kebanyakan sudah mampu mengelola video 1080p, dan sanggup untuk menghasilkan video yang jernih serta tajam. Perkembangan terkini dari smartphone yaitu mampu mengelola video 4K. Keren bukan? Namun jumlahnya masih terbatas karena harganya yang  “wah”.


7. Cek Spesifikasi Fitur Lainnya

7.1. Bluetooth – jaringan nirkabel

Pada umumnya, yang digunakan untuk mentransfer data adalah Bluetooth - jaringan nirkabel standart, kontak telepon, headset Bluetooth dan keybord eksternal. Versi 4.1 adalah bluetooth seri terbaru.

7.2. GPS

GPS merupaka alat yang di gunakan untuk mengetahui suatu tempat atau lokasi, mencari alamat seseorang secara online, dan megupdate status. Bahkan saat ini GPS sudah menjadi fitur standart keberadaannya pada smartphone modern.

Nah, itulah cara mengetahui spesifikasi smartphone yang baik dan benar. Jadi sekarang kamu tidak perlu bingung lagi ketika ingin mengetahi smartphone yang spesifikasinya bagus. 

Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengetahui Spesifikasi Smartphone yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel