Cara Menurunkan Berat Badan dan Diet yang Baik dan Benar

www.ujwar.com - Cara Menurunkan Berat Badan dan Diet yang Baik dan Benar

Cara Menurunkan Berat Badan dan Diet yang Baik dan Benar

Mempertahankan keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti mineral ataupun vitamin, adalah cara diet yang cepat dan tepat. Kita tidak boleh begitu saja menghilangkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, karena dengan begitu akan membahayakan bagi kesehatan. Supaya berat badan cepat turun, tetapi tidak akan membuat badan sakit adalah dengan menghindari diet yang bisa membuatmu sakit dan jangan mengurangi makanan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Makanan seperti daging, ikan, nasi, dan susu atau makanan tertentu lainnya dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan, apabila makanan-makanan tersebut kita dikurangi. Padahal, dengan mengurangi makanan-makanan yang dibutuhkan oleh tubuh dapat menyebabkan kekurangan nutrisi dan vitamin.

Jadi cara untuk menurunkan berat badan yang sehat adalah dengan melakukan perubahan kecil pada beberapa hal, misalnya mengurangi jumlah makanan yang bisa membuat berat badan naik (makanan berkalori tinggi), dan harus banyak minum minuman yang rendah lemak seperti susu dan air putih. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah cara yang benar dan tepat untuk melakukan diet :


1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Makanan yang sehat adalah makanan yang tidak terlalu banyak diolah. Seperti buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan seafood. Untuk menurunkan berat badan, makanan tersebut sangat bagus dan membantu.

Agar kamu tidak terlalu banyak makan makanan yang mengandung kalori, ketika makan utamakan yang bisa membuat kenyang dalam waktu yang cukup lama. Namun, untuk memperlancar pencernaan supaya kotoran yang berada di dalam tubuh  bisa dikeluarkan dengan baik, kamu juga membutuhkan protein yang rendah lemak. seperti daging, ikan, kedelai, dan susu.

Tetapi juga perlu diingat, bahwa protein yang dibutuhkan hanya sedikit saja setiap harinya, jadi jangan berlebihan.

2. Melakukan Perubahan Kecil

Diet yang benar terlebih dahulu diawali dengan melakukan perubahan kecil pada pola makan. Tidak boleh merombak pola makan secara ekstrem untuk membuat perubahan dalam jangka waktu yang singkat, karena hal itu dapat membahanyakan, bahkan membuat kamu sakit.

Cara yang paling baik untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi jumlah kalori yang di asup setiap hari, tetapi sedikit demi sedikit. Apabila biasanya kamu makan 12 sendok, dan gula untuk kopi atau teh 3 sendok, maka kamu bisa menguranginya sedikit. Menjadi 9 sendok nasi dan 1 sendok gula untuk kopi atau teh. Lakukan cara ini secara bertahap.

Tetapi harus diingat juga, nasi sebagai sumber karbohidrat ketika diet harus digantikan dengan makanan yang juga mengandung karbohidrat agar kamu tidak lemas, lesu dan tetap bertenaga, misalnya; brokoli, jagung, kacang hijau, kentang, labu kuning, dan lobak.


3. Kurangi Makanan Olahan

Makanan olahan seringkali berpotensi mengandung beberapa bahan yang tidak sehat untuk tubuh, seperti mengandung pengawet, sumber kalori, dan bahan yang lainnya. Misalnya es krim atau makanan-makanan dalam kemasan. Supaya berat badan lebih cepat turun, cobalah mengurangi makanan-makanan tersebut dan mulai menggantinya dengan makanan sehat seperti Alpukat, mangga, pepaya, pisang, telur rebus, dan lain-lain.

4. Perbanyak Minum

Ketika sedang melakukan aktivitas diet, jangan sampai kamu mengalami dehidrasi. Diet tetap diet, namun kamu juga harus memperhatikan kondisi tubuh. Apabila saat diet kamu merasakan badan 100% tidak fit, maka berarti kamu sedang mengalami dehidrasi (kekurangan cairan).

Air putih merupakan minuman yang sehat dan tidak mengandung lemak, alias bebas lemak dan kalori. Selain itu, air putih juga dapat membantu mempercepat menurunkan berat badan, karena satu gelas air putih setara dengan membakar kalori 24-30%. Jadi intinya, ketika kamu sedang melakukan proses diet perbanyaklah minum air putih.

5. Makanan Serat


Agar selama melakukan proses diet lancar, kamu harus makan makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, atau sayuran, Karena makanan tersebut mengandung antioksidan, vitamin C, dan kalium yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Nah itulah cara menurunkan BB/ diet yang baik dan benar. Semoga ada manfaat yang bisa dipetik setelah selesai membaca artikel ini.

Selamat mencoba!



Belum ada Komentar untuk "Cara Menurunkan Berat Badan dan Diet yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel