Hits dan Instagramable! 27 Tempat Wisata Semarang

www.ujwar.com - Hits dan Instagramable! 27 Tempat Wisata Semarang 

Hits dan Instagramable! 27 Tempat Wisata Semarang
Twitter

Kota Semarang yakni merupakan kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung. Tidak hanya menjadi kota metropolitan, Semarang juga kota yang cukup banyak memiliki pabrik sehingga cuacanya terkesan panas. Tetapi di balik semua itu, Semarang ternyata mempunyai banyak wisata yang menarik untuk dikunjungi ketika liburan.

Untuk kamu yang mungkin sengaja berlibur lama di Semarang, tidak ada salahnya untuk mencoba 27 objek wisata berikut ini. Objek wisata berikut ini hits, keren, juga selalu menjadi tujuan wisata kebanyakan orang.

Di mana saja tempat wisata semarang yang hits dan instagramableitu? Berikut 27 tempat wisata hits dan instagramable di Semarang, yuk simak:


1. Jembatan Harapan.


Objek wisata unggulan dari Puri Maerokoco atau yang kerap disebut dengan Taman Mini Jawa Tengah Indah ini bisa dikunjungi setiap hari mulai dari pagi sampai sore hari.  Di tempat ini terdapat sebuah jembatan yang kerap disebut dengan jembatan harapan. kamu dapat menghabiskan akhir pekanmu di atas jembatan dengan 2 gazebo yang hits ini dengan saudara ataupun rekanmu sambil menikmati berbagai menu hidangan unggulan yang harganya pas di kantong. Ternyata di tempat ini juga menjadi salah satu spot foto yang menarik.

2. Hutan Pinus Kragilan Magelang.


Berlokasi di sekitar Semarang yakni tepatnya di Pogalan, Pakis, Jawa Tengah. Tempat ini tentunya akan menyuguhkan udara yang segar juga pemandangannya mengasyikan. Objek wisata yang satu ini buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Di tempat ini juga tersedia fasilitas kereta gantung dan suasana payung warna-warni yang indah di atas kepala yang di ikat di pohon, bisa lho kamu dijadikan sebagai spot foto yang keren.

3. Waduk Pendidikan Diponegoro.


Objek wisata yang satu ini letaknya tidak terlalu jauh dari Stadion Universitas Diponegoro. Waduk yang lumayan populer di Semarang ini sudah dilengkapi dengan gardu pandang. Tempat yang satu ini dapat dijadikan salah satu tempat wisata juga menjadi tempat edukasi yang penting untuk penelitian.

4. Waduk Jatibarang.


Objek wisata yang satu ini juga tidak kalah eksotis. Tempat wisata ini sangat cocok untuk foto rame-rame bersama keluarga atau sahabat-sahabatmu. Waduk yang selesai dibangun pada tahun 2014 ini menjadi salah satu waduk yang hits di kalangan wisatawan lokal. Pada saat kamu sudah sampai di waduk ini jangan langsung pulang, karena terdapat banyak wisata lainnya yang tidak kalah keren di sekitar waduk tersebut.

5. Hutan Wisata Pengaron.


Ketika kamu sampai ke temapat wisata ini kamu akan langsung terbuai embusan angin dan nyanyian alam. Hutan Wisata Pengaron berlokasi di Desa Susukan, Susukan, Ungaran Timur, Siroto, Susukan. Di hutan wisata ini kamu juga dapat melakukan outbond, olahraga, ataupun latihan SAR dan Pramuka. Jika kamu datang pada saat akhir pekan, kamu akan dapat banyak menemukan banyak tenda yang terpasang di sepanjang jalan hutan.

6. Mangrove EduPark Pantai Maron.


Ternyata Kota Semarang memiliki hutan mangrove yang cocok untuk menjadi wisata kamu bersama keluarga. Tempat ini juga bisa dijadikan spot foto yang keren dan tentunya Instagramable. Kamu dapt berjalan di jembatan bambu yang sudah disediakan, atau juga bisa naik ke spot gazebo tinggi untuk melihat secara keseluruhan wisata yang satu ini. Selain menjadi tempat wisata, hutan mangrove ini memang berfungsi mencegah abrasi.

7. Kolam Renang Tirto Argo Siwarak.


Wisata kolam renang ini termasuk salah satu tempat wisata yang keren juga hits karena dikelilingi dengan sumber mata air. Dibangun sejak tahun 1968 di kolam renang tersebut juga terdapat cukup banyak fasilitas permainan seru juga menyenangkan. Tempat yang satu ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga terutama dengan adik kecilmu.

8. Taman Srigunting.


Masih berada di kawasan kota lama Semarang, Taman Srigunting dahulunya merupakan sebuah panggung parade yang biasa dijadikan sebagai tempat pertunjukan. Namun saat ini beralih fungsi menjadi sebuah ruang terbuka. Kamu bisa duduk-duduk di tempat ini sambil beristirahat setelah berkeliling Kota Lama.

9. Kompleks Pecinan.


Kompleks Pecinan atau warga lokal menyebutnya dengan nama kawasan Gang Baru ini menyuguhkan pemandangan juga suasana khas Tionghoa di tengah Kota Semarang. Tidak hanya suasana khas seperti di China, di Kompleks Pecinan ini kamu juga dapat melihat beberapa klenteng tua. Masing-masing klenteng tersebut mempunyai nilai historisnya sendiri. Bahkan, kamu tidak hanya berwisata, tetapi kamu juga bisa belajar sejarah dan beribadah jika kamu umat Konghucu.

10. Jalan Pahlawan.


Di Jalan Pahlawan kamu dapat menghabiskan malam ataupun sekadar mencari makan sambil berinteraksi dengan warga. Setiap malam Jalan Pahlawan memang selalu ramai oleh para wisatawan maupun masyarakat Semarang. Beragam jajanan kaki lima seperti wedang ronde, jagung bakar, maupun lesehan tersedia di kawasan ini.

11. Taman Tabanas.


Apabila kamu ingin mencari sensasi menikmati Semarang dari atas, datanglah ke Taman Tabanas pada saat malam hari. Taman Tabanas merupakn bukit bintangnya Kota Semarang. Dari spot itu kamu dapat menikmati kerlap-kerlip lampu Kota Semarang yang sangat terlihat mempesona.

12. Pelabuhan Tanjung Mas.


Pelabuhan Tanjung Mas terletak tidak jauh dari pusat kota dan hanya butuh setengah jam saja untuk dapat sampai ke sana dari kawasan Tugu Muda. Di pelabuhan ini kamu dapat menikmati suasana pantai gratis juga ditambah dengan pemandangan kapal-kapal besar yang sedang berlabuh.

13. Kampung Pelangi.


Sebelumnya tempat ini merupakan salah satu kampung kumuh yang tak tertata di Kota Semarang. Terletak di Kelurahan Randusari ini dan dahulu bernama Kampung Gunung Brintik, dengan rumah-rumah yang berjumlah -+325. Namun sekarang, kampung tersebut telah berubah segalanya. Mulai dari nama, rupa, serta pesonanya.

Kampung Pelangi di Kota Semarang memang bukanlah kampung pertama yang berkonsep penuh warna, karena sebelumnya telah ada lebih dulu di Malang, Balikpapan, serta Yogyakarta. Walaupun demikian, tempat yang berkonsep seperti ini merupakan kawasan yang baru di Kota Semarang, sehingga menarik para wisatawan untuk berkunjung ke tempat satu ini. Para wisatawan kerap menjadikan Kampung pelangi ini sebagai spot foto yang Instagramable.

14. Kampung Tematik (Jawi).


Di zaman yang terus berkembang seperti saat ini, menjadikan tradisi-tradisi leluhur kita lambat laun mulai lenyap. Tradisi dan budaya Jawa pun ikut terkikis dalam kehidupan yang serba teknologi ini. Nah, atas dasar tersebutlah kawasan yang terletak di Kelurahan Sukorejo Semarang ini mempertahankan budaya Jawa.

Masyarakat setempat dengan konsisten merawat budaya Jawa, mulai dari Bahasa Jawa, kesenian, musik, tari-tarian, sampai dengan gending Jawa. Kawasan yang bernama Kampung Jawi ini merupakan salah satu kampung unik yang tumbuh di tengah sibuknya Metropolitan Semarang.

Ketika menjelajahi Kampung Jawi, pengunjung akan disajikan dengan iringan musik khas gamelan, tek-tek, karawitan, juga jathilan yang bersumber dari sanggar-sanggar yang berada di Kampung Jawi. Tidak hanya itu, di tempat ini juga terdapat lukisan-lukisan mural bertemakan kebudayaan Jawa yang menghiasi dinding-dinding di sepanjang kampungan, yang pastinya sangat Instagramable but kamu untuk berfoto ria.

15. Old City 3D Trick Art Museum.


Di salah satu sudut Kota Semarang tepatnya yakni di Kota Lama, terdapat destinasi wisata baru yang kekinian banget. Tempat tersebut yaitu Old City 3D Trick Art Museum. Di dalam ruangan bangunan ini, terdapat 108 foto gambar tiga dimensi (3D) yang dapat menjadi background foto yang unik juga tentunya Instagramable.

Gambar-gambarnya pun terdiri dari aneka tema, mulai dari icon dunia, kartun, film sampai dengan tema Wisata Semarangan. Koleksi foto tiga dimensi di Old City 3D Trick Art Museum tersebut akan diganti setiap 2-3 bulan sekali. Jadi tentunya tidak akan membuat pengunjung bosan untuk kembali berkunjung ke tempat satu ini. Dengan adanya Old City 3D Trick Art Museum tersebut tentunya membuat Semarang semakin beragam akan destinasi wisatanya.

16. Contemporary Art Gallery.


dahulu tempat ini hanya merupakan bangunan tua yang tak terawat yang terdapat di kawasan Kota Lama Semarang. Sampai kemudian pada tahun 2007, seorang kolektor seni yang bernama Chris Dharmawan melakukan pembaharuan kembali dan resmi memperkenalkannya dengan nama Contemporary Art Gallery atau Semarang Gallery.

Di tempat tersebut, kamu dapat berwisata sekaligus melihat galeri-galeri yang syarat akan nilai seni. Menurut sang pemilik, tujuan didirikannya Contemporary Art Gallery  yakni untuk menjadi media yang dapat memperkenalkan karya-karya perupa kontemporer Asia, khususnya yaitu perupa-perupa Indonesia.

17. Taman KB.


Taman KB dibangun dengan tujuan untuk menambah keasrian serta kesejukan sebagai paru-paru kota Semarang. Sesuai dengan nama daerahnya yakni Jl Menteri Supeno, taman ini sebelumnya diberi nama Taman Menteri Supeno.

Kamu dapat menjadikan taman ini sebagai salah satu alternatif untuk melepaskan penat juga rasa lelahmu.

Sesuai dengan namanya yang saat ini, di taman tersebut terdapat patung seorang Ibu juga dua anaknya yang melambangkan keluarga berencana. Tidak hanya menjadi salah satu maskot unggulan kota Semarang, di tempat ini kamu juga bisa menemukan tempat bermain, lampu taman yang indah ketika malam hari, serta lahan untuk berolahraga.

18. Mangrove Tapak.


Berlokasi di Tugurejo, Tugu, Semarang, Mangrove Tapak merupakan hutan bakau yang tumbuh di lahan rawa. Wisata yang satu ini menjadi salah satu surga tersembunyi di Semarang.

19. Water Blaster.


Water Blaster merupakan salah satu waterpark yang wajib untuk kamu kunjungi ketika sedang berada di Semarang. Di tempat ini terdapat lebih dari 20 wahana air yang dapat membuatmu bisa melepas penat juga seru-seruan bersama keluarga ataupun sahabat.

Berlokasi di Tegalkangkung, Tembalang, wahana air satu ini buka setiap hari kecualihari Senin. Hari Selasa - Sabtu buka mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB, dan khusus hari Minggu buka muali dari pukul 07.00 hingga 17.30 WIB. Untuk tiket masuk hari selasa - Jumat Kamu hanya perlu merogoh uang Rp 60 ribu, dan Rp 80 ribu untuk Sabtu juga Minggu. Tidak hanya berenang dan bermain air, kamu juga dapat menikmati berbagai menu pilihan yang sudah tersedia di Food Court utama di dalam area Water Blaster.

20. Goa Kreo.


Berlokasi di  Jl Raya Goa Kreo, Kandri, Gn Pati, Semarang. Goa tersebut terbentuk dari alam yang terletak di tengah Waduk Jatibarang yang membendung Kali Kreo. Di tempai ini kamu dapat melihat patung kera di dekat jembatan, karena tempat ini dipercaya kera sebagai penunggunya.

Jadi kamu jangan kaget pada saat di perjalanan menemui kera-kera asli. Tidak hanya terdapat jembatan yang tentunya dapat kamu jadikan salah satu spot foto yang keren, di tempat ini kamu juga dapat sekaligus menikmati air terjun, goa, panggung hiburan, rumah makan khas Semarang, dan beristirahat di Gazebo.

21. Kebun Durian dan Wisata Edukasi Watu Simbar.


kali ini untuk kamu yang suka dengan buah lezat nan identik dengan baunya yang sangat khas, yaitu buah durian. Kamu jangan ragu untuk berkunjung di Kebun Durian yang berlokasi di Kelurahan Pakintelan, Gunungpati ini. Tidak hanya bisa berlibur dan berwisata, di tempat ini juga menyuguhkan edukasi tentang berbagai tanaman dan buah yang langsung berhadapan dengan alam.

22. Gunung Telomoyo.




Keindahan gunung memang selalu menyuguhkan wisata alam yang menarik untuk dinikmati. Tidak hanya rute perjalanannya yang mengasyikkan, pada saat sudah sampai ke lokasi kamu juga akan merasa puas dengan pemandangan yang telah ada. Salah satunya ada puncak Gunung Telomoyo, kamu bisa mencapai ke puncaknya dengan sepeda motor atau mobil hanya dengan waktu –+30 menit dari pintu pos. Tidak usah khawatir, jalannya sudah beraspal jadi mudah untuk dilalui. Di puncak gunung terdapat stasiun pemancar, antena juga tower yang masih beroperasi samapi sekarang.



Nah itulah 22 tempat wisata hits dan instagramable yang terdapat di Kota Semarang. Kamu akan berkunjung ke mana dulu? pastikan , jika kamu akan berkunjung ke sa;lah satu tempat tersebut jangan lupa untuk membawa kamera atau smartphone dengan baterai penuh untuk mengabadikan momen-momen berharga ketika berkunjung ke tempat-tempat wisata tersebut.

Terima kasih sudah membaca postingna ini.

Semoga bermanfaat. 





1 Komentar untuk "Hits dan Instagramable! 27 Tempat Wisata Semarang "

  1. Mau coba ah k hutan pinus abis lebaran tar rencana ke semarang.. thanks kak sharingnya

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel