Lakukan 10 Latihan Vocal Ini Agar Menjadi Penyanyi Bersuara Merdu!


Lakukan 10 Latihan Vocal Ini Agar Menjadi Penyanyi Bersuara Merdu!



Ujwar.com – Menjadi penyanyi merupakan salah satu impian bagi sebagian orang. Banyak orang yang memilih mengikuti ajang pencarian bakat seperti Rising Star, The Voice, Indonesian Idol, atau LIDA (program Dangdut).
Namun, banyak yang mengeluh karena suaranya belum bagus, dan merasa nggak bagus. Ya, meskipun mungkin saja itu hanya perasaan.

Namun, jika benar kemampuan menyanyi masih segitu-segitu saja, kita memang memerlukan latihan. Salah satu latihan vocal yang ringan dan sederhana adalah melakukan pemanasan vocal. Bisa dilakukan secara rutin di rumah, atau sebelum melakukan aktivitas bernyanyi. Pemanasan vocal ini bisa dilakukan oleh penyanyi pemula, atau bahkan penyanyi yang sudah professional. Karena pemanasan vocal bersifat berkelanjutan, bukan hanya satu dua kali.

Jadi, Lakukan 10 Latihan  Vocal Ini Agar Menjadi Penyanyi Bersuara Merdu!

1. Latihan Vocal Dengan Humming

Humming menjadi salah satu pemanasan vocal yang cukup sederhana. Dengan humming, vita suara kita akan lebih terbuka dan lebih lebar, sehingga terbiasa untuk bernyanyi di nada-nada rendah atau tinggi.

Humming ini adalah pemanasan vocal dengan mengeluarkan suara di tenggorokkan. Coba berkata Hemmmmm. Nah, itu adalah humming. Kalau dalam lagu, ada lagu Deen Assalam yang ‘heeem, heem, heem’ hehehe.

Latihan dengan humming memang sangat sederhana, tetapi sangat baik untuk vocal kita. Apalagi ketika mau perform, penting sekali melakukan pemanasan vocal seperti ini.

2. Latihan Vocal Dengan Liptrills

Liptills adalah latihan vocal yang berfungsi untuk membuat suara kita terasa lebih ringan, karena memfokuskan suara diproduksi dari mulut, bukan dari tengorokkan. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa menyanyi dari tenggorokkan itu kurang baik, karena bisa membuat kita gampang lelah. Suara jadi serak, bahkan cidera.

Nah, untuk mensiasati itu, kita bisa memfokuskan suara supaya keluar lebih ringan dengan latihan liptrills. 

Bagaimana cara melakukan latihan dan olah suara dengan liptrills?

Caranya cukup mudah, kawan-kawan hanya merapatkan kedua bibir, kemudian keluarkan udara dari dalam, alias didorong. Dari sana, kedua bibir kita akan beradu dan menghasilkan suara. Liptrills ini sering banget digunakan oleh anak-anak yang sedang bermain. Ternyata, selain untuk iseng, liptrills  cocok digunakan untuk latihan vocal.

3. Latihan Pernapasan Seperti Anjing

Wah, ngeri ya, latihannya kaya anjing. Xixixi. Enggak guys, ini hanya meniru pernapasan seperti anjing. Pernah lihat anjing setelah lari? Napasnya pasti terengah-engah gitu kan. Nah, untuk melatih pernapasan (yang nantinya berhubungan dengan vocal), kita bisa menirukan napas tersebut. Napasnya biasanya masuk dan keluar lewat mulut, dengan menghasilkan suara ‘Hah, Hah, Hah, Hah.

Latihan pernapasan seperti ini membuat diafragma kita menjadi lebih kuat. Sehingga ketika nyanyi, kita lebih bernyanyi dari diafragma, ketimbang dari tenggorokkan. Dan ya, ini salah satu cara untuk meningkatkan power bernyanyi kita. Kita sudah tahu, bahwa salah satu penunjang dalam bernyanyi adalah pernapasan.

4. Latihan Vocal Dengan Teknik Ban Kempis

Teknik ini sangat bagus digunakan untuk melatih pernapasan. Yaps, dengan latihan teknik ban kempis, napas kita akan lebih panjang. Hal ini akan menunjang proses bernyanyi menjadi lebih stabil. Dan proses bernyanyi pun enak.

Ketika teknik ini berfungsi dalam bernyanyi, maka kita akan lebih leluasa. Napas pendek jelas mengganggu. Maka dengan ini, napas kita akan lebih panjang.

Cara latihan teknik ini gimana?

Mudah sekali guys. 

Ambil napas sebanyak mungkin, kemudian keluarkan udara sedikit demi sedikit dari mulut. Hitung sampai habis. Semakin lama proses itu, semakin keren. Misal, ketika kamu tahan 30 detik, atau 50 detik, maka napasmu tergolong panjang.

Dengan latihan seperti ini, kita nggak perlu khawatir napas kita akan pendek ketika bernyanyi.

5. Latihan Vocal Dengan Mengucapkan ‘WIWIWIWI’

Wah, latihan vocal macam apa ini? Sebenarnya ini latihan vocal sederhana, sering digunakan oleh calon penyanyi. Latihan vocal dengan WIWIWIWI, berfungsi untuk membuat head voice kita lebih kencang dan juga kuat. Ini juga membuat mix voice kita lebih stabil.

Kita semua tahu, untuk memproduksi head voice, kadang agak susah, mix voice apalagi. Karena harus mencampur chest voice dan head voice. Nah, latihan dengan WIWIWIWI ini bisa membuat suara kita lebih stabil.

Caranya seperti apa?

Caranya gampang. Kita hanya perlu berkata WIWIWIWIWI, mendorong suara dirpoduksi seolah-olah dari belakang kepala. Untuk latihan ini, kita bisa menggunakan alat musik juga supaya bisa melatih naik dan turunnya. Dari mulai yang terendah, hingga yang tertinggi.

6. Latihan Vocal Dengan Vocal Fry

Wah, istilah apalagi ini?

Banyak orang yang ingin chest voice dan head voice-nya keren. Ada jembatan dari chest voice ke head voice. Untuk menemukan jembatan ini, agak susah. Kadang kita kalau bernyanyi suka susah pindah dari chest voice ke head voice, atau sebaliknya.

Nah, dengan latihan menggunakan vocalfry, maka kita bisa menemukan jembatan dari chest voice ke head voice itu. 

Bagaimana cara melakukan latihan dengan teknik vocalfry?

Sangat mudah guys. Teman-teman tinggal temukan nada terendah (di Chest voice) dari sana, kita berkata ‘aaaaaaa, sampai ke yang tertinggi, alias head voice. Ketika proses latihan ini, jangan terlalu memberikan tenaga, lakukan dengan santai dan rileks.

Hal ini untuk membiasakan agar ada jembatan yang bisa dilewati dari chest voice (suara dada/rendah) ke head voice (suara kepala/tinggi).

7. Latihan Vocal Dengan Arpegio

Latihan dengan teknik ini menjadi latihan atau pemanasan vocal yang umum. Latihan ini bisanya menggunakan tangga nada, atau doremifasolasido, seperti yang kita ketahui selama ini. Latihan ini ditunjukkan supaya kita terbiasa mendengarkan nada-nada tertentu. Agar ketika bernyanyi, tidak terjadi fals.

Nah guys, latihan ini bisa menggukanan alat musik seperti gitar dan piano. Sementara untuk bentuk latihannya bisa menggunakan suara-suara tertentu, seperti AAAAAA, IIIIIII, UUUUUU, EEEEE, OOOOO. Suaranya diproduksi berdasarkan tangga nada tadi.

8. Latihan Dengan Kata ‘NO NO NO’.

Latihan vocal dengan No, No, No juga berfungsi untuk melatih vocal bagian atas, alias suara head voice. Latihan ini bisa dilakukan tanpa alat musik. Ketika akan melakukan perform, atau latihan biasa. Sangat sederhana untuk melakukan latihan ini, sebab bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Latihan No No No ini juga bisa menggunakan sistem arpegio tadi. Dengan begitu, suara kita akan semakin bagus dan merdu.

9. Latihan Pernapasan Dari Diafragma

Latihan pernapasan dengan diafragma sangatlah penting. Hal ini dilakukan untuk menunjang vocal kita supaya semakin stabil ketika bernyanyi. Ya, seperti yang telah kita ketahui, bahwa bernapas dengan diafragma menjadi teknik pernapasan terbaik untuk seorang penyanyi.

Well, latihan ini bisa dilakukan dengan cara:

Bernapas menggunakan hidung selama empat kali, kemudian dikeluarkan juga empat kali, tetapi lewat mulut. Namun, proses pernapasan ini dilakukan dengan cepat. Dalam hitungan detik. Seperti: Huh, huh, huh, huh (in alias bernapas), kemudian dikeluarkan lagi (out) lewat mulut: Ses,ses,ses,ses. Begitu terus, sampai beberapa kali.

10. Latihan Menahan Napas 

Kalau ini adalah salah satu latihan pernapasan paling sederhana. Di mana, kita hanya perlu mengambil napas sebanyak-banyaknya, lalu ditahan sampai habis. Bisa 10 detik, 20 detik, 30 detik, dan lain-lain.

Latihan pernapasan model begini lebih sederhana, karena bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. 

Tapi ingat, latihan seperti ini akan menghasilkan dampak secara jangka panjang. Prosesnya pun panjang. Nggak instan. Maka, jangan heran jika latihan seperti ini effeknya tidak terasa dalam jangka waktu pendek. Sebab terasa ketika sudah lama dan sering latihan dalam hitungan tahun.

Nah guys, itulah 10 Latihan Vocal yang Bisa Membuat Suara Penyanyi Menjadi Merdu. Sudahkah melakukan latihan hari ini? Yuk latihan vocal, biar suaranya semakin bagus.

1 Komentar untuk "Lakukan 10 Latihan Vocal Ini Agar Menjadi Penyanyi Bersuara Merdu!"

  1. Triknya banyak yg baru buat aku, maklum para penyanyu kamar mandi...

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel