Langkah-langkah Menulis Artikel Sesuai Jenis dan Bentuknya

www.ujwar.com - Langkah-langkah Menulis Artikel Sesuai Jenis dan Bentuknya

Langkah-langkah Menulis Artikel Sesuai Jenis dan Bentuknya

Secara umum, langkah-langkah menulis artikel terbagi menjadi 5 poin penting, yaitu :

1. Tentukan Tema

Tema yang dibuat haruslah spesifik. Karena semakin tema yang dibuat spesifik maka akan semakin menarik pula minat bacanya.

2. Tetapkan Tujuan penulisan

Kebanyakan penulis pemula ketika menulis artikel tidak menyatakan tujuan penulisannya secara tersurat, akan tetapi. Teutama dalam artikel jenis deskripsi dan narasi. 

3. Rumuskan ide pokok/ masalah

Biasanya rumusan atau pokok masalah diuraikan dalam bentuk pertanyaan. Hanya saja  untuk penulisan dalam artikel deskripsi dan narasi, tidak tersurat. Melainkan tersembunyi dibalik alur tulisan.

4. Kembangkan tema 

Jika kita sudah menentukan tema, maka langkah yang selanjutnya tema tersebut dikembangkan. Jangan sampai membuat si pembaca merasa kebingungan, karena ceritanya jalan ditempat.

5. Buatlah kesimpulan

Bisa terbilang cukup mudah ketika disuruh membuat kesimpulan. Kamu bisa membuatnya dengan sangat mudah apabila alur artikel yang dibuat benar.

Nah, itulah langkah-langkah membuat artikel kalau secara umum.


Tetapi langkah-langkah secara rincinya harus kamu sesuaikan dengan bentuk atau jenis artikel yang dibuat. Karena setiap jenis atau bentuk artikel mempunyai cara penulisan yang berbeda. Nah, kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara penulisan sesuai bentuk atau jenis artikel. Berikut diantaranya : 

A. Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi merupakan sebuah karangan yang bertujuan untuk menulis gambaran suatu fakta, yang akan membuat pembaca bisa membayangkan di dalam hayalan-nya. Ada juga yang menjuluki artikel ini sebagai artikel gambar. Mengapa bisa disebut artikel gambar? Karena 100% artikel deskripsi berisi tentang gambaran keadaan, kejadian, atau peristiwa.

Cara Penulisan Artikel Deskripsi

1. Tentukan objek, baik berupa keadaan maupun konsep yang akan dideskripsikan.

2. Tentukan tujuan penulisan (tersirat).

3. Tentukan rumusan masalah atau ide pokok (tersirat).

4. Kembangkan tulisan tersebut menjadi tersusun atau berurutan, baik berdasarkan urutan waktu: 
pagi, siang, sore, malam; atau urutan jam 9, jam 10, jam 11; atau urutan tahun: tahun 1999, tahun 2000, tahun 2001.

5. Buatlah kesimpulan.


B. Artikel Narasi

Artikel Narasi merupakan jenis artikel yang menceritakan suatu keadaan atau situasi, atau peristiwa, baik berdasarkan urutan waktu atau urutan kejadian. Atau bisa juga disebut sebagai artikel cerita.

Seperti mislanya cerita cerpen, dongeng, drama, film, komik, novel, dan lain-lain. Seperti pada cerita umumnya, dalam artikel narasi harus ada penokohan. Sang tokoh digambarkan sebagai sosok yang berkonflik dengan kehidupan. Kemudian ia berusaha untuk memecahkan konflik tersebut. Adanya konflik dalam sebuah tulisan akan menjadi menarik, berbeda jika tidak ada konflik, bagaikan sayur tanpa garam alias akan menjadi hambar.

Cara penulisan artikel narasi yaitu :

1. Tentukan tema

Dalam menulis artikel jenis apapun, pertama-tama kita harus menentukan tema.

2. Tentukan tujuan penulisan (tersirat).

3. Tentukan rumusan maslaah atau ide pokok (tersirat).

4. Kembangkan tulisan dengan membuat alur cerita: awal, tengah, akhir. 

5. Kemudian sebagai penutupnya, buatlah anti klimaks.

C. Artikel Eksposisi

Artikel Eksposisi merupakan sebuah cerita karangan dengan tujuan untuk menguraikan suatu topic pembicaraan. Bisa tentang bagian, definisi, fungsi, dan kegunaan suatu konsep. Bisa juga berupa langkah-langkah, tata cara atau proses mengerjakan sesuatu.  Terkadang di dalam artikel jenis ini terdapat unsur opini pribadi atau terkadang juga tidak.


Cara Penulisan Artikel Eksposisi yaitu : 

1. Tentukan tema

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa setiap cerita pertama-tama harus menentukan tema terlebih dahulu. Karena apabila tidak cerita akan menggantung alias tidak tahu tujuan. Maka tema sangat penting di dalam sebuah cerita.

2. Menentukan tujuan penulisan (tersurat).

3. Menentukan rumusan maslaah atau ide pokok (tersurat).

4. Kembangkan tulisan sesuai tujuan

Maksudnya adalah, apabila karangan yang ditujukan untuk menjelaskan suatu pengertian, maka karangan harus dikembangkan dengan menyajikan data dan fakta. Hal tersebut bertujuan untuk menguatkan definisi atau proses.

5. Dan yang terakhir yaitu kesimpulan

Sudah pasti, di dalam sebuah cerita atau artikel kita harus menyimpulkan apa yang sudah kita tulis atau buat.

D. Artikel Argumentasi

Artikel Argymentasi yaitu artikel berupa karangan opini, bisa pendapat pribadi, oranisasi atau sebuah lembaga.  Penulisan dalam artikel jenis ini  dilatarbelakangi dengan kritikan terhadap suatu pendapat, kebijakan atau keadaan. Biasanya penulis yang membuat artikel jenis ini akan memasukkan opini pribadi atau kelompoknya kedalam tulisan. Sehingga para pembaca bisa member dukungan terhadap pendapatnya.

Untuk cara penulisan artikel jenis ini hampir sama dengan jenis artikel yang lainnya, tetapi yang membedakanya dari pengembangan cerita. Untuk artikel jenis ini karangannya diembangkan dengan menyajikan data dan fakta yang ada sebagai penguat pendapat sendiri dan juga untuk melemahkan pendapat orang lain kalau ada.

E. Artikel Persuasi


Artikel Persuasi dikenal  juga dengan arikel motivasi. Mengapa demikian? Sebab dalam penulisannya artikel jeni ini memiliki sifat membujuk alias persuasif. Dan efeknya akan menggerakkan si pembaca untuk melakukan sesuatu atau sebaliknya, meninggalkan sesuatu. Makanya tidak heran ada yang menyebut artikel jenis ini sebagai artikel bujukan.

Artikel Persuasi ini biasanya digunakan oleh agamawan, konsultan, pebisnis, psikolog, terapis, dan pengambil kebijakan.

Cara penulisan artikel jenis ini yaitu hampir sama dengan artikel jenis lainnya, hanya berbeda cara mengembangkannya. Kalau artikel jenis ini karangannya dikembangkan dengan menyajikan data dan fakta yang ada agar bisa meyakinkan orang lain sehingga si pembaca dapat bergerak  untuk mengerjakan kebaikan dan menjauhi keburukan.

F. Artikel SEO

Artikel SEO yaitu artikel yang digunakan untuk mengoptimalkan pencarian kata kunci di situs search engine, misalnya google dan yahoo. Artikel SEO bukanlah suatu jenis artikel tersendiri, melainkan sebuah artikel yang ditujukan khusus untuk menulis online. Misalnya di blog atau situs. Artikel jenis ini bisa berupa argumentasi, deskripsi, eksposisi, narasi, atau persuasi. Tetap tetap saja butuh pengaturan tertentu supaya mesin pencari mudah merayap dan menandai suatu tema sebuah situs atau blog.


Inti dari menulis artikel SEO yaitu menerapkan aturan mesin pencari seperti google dalam menulis artikel.  Sehingga mesin pencari mudah merayap, melacak dan merekomendasi tulisan kita tampil di halaman depan hasil pencarian. 

G. Dua Gaya Penulisan Artikel

Sebenarnya, setiap jenis artikel juga mempunyai dua gaya penulisan, yaitu ada yang berupa Fiksi (cerita rekaan) dan juga ada yang berupa non fiksi (bukan cerita rekaan/ fakta). 

Nah, itulah langkah-langkah membuat artikel secara rincinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman semuanya





Belum ada Komentar untuk "Langkah-langkah Menulis Artikel Sesuai Jenis dan Bentuknya"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel