Sering Diabaikan! Memendam Emosi Ternyata Berdampak Buruk pada Kesehatan

www.ujwar.com - Sering Diabaikan! Memendam Emosi Ternyata Berdampak Buruk pada Kesehatan

Sering Diabaikan! Memendam Emosi Ternyata Berdampak Buruk pada Kesehatan
Blogpsikologi.blogspot.com

Manusia pada umumnya memiliki dua tipe emosi, pertama yakni yang berani meluapkan kekesalannya dengan cara marah-marah di depan orang yang bersalah. Dan yang kedua, meski ia merasa kesal dan geram, tetapi ia tidak berani untuk meluapkan kekesalannya tersebut dan lebih baik memendamnya. Teradapat banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi amarah, misalnya dengan berkonsultasi dengan orang terdekat atau menyelesaikan masalah dengan kepala dingin.

Baca juga: 10 Cara Beres-beres Rumah Ala Orang Jepang, Pasti Bersih!

Seseorang yang kerap menahan emosi ternyata bisa berdampak buruk pada  kesehatannya, untuk mengetahui apa saja dampak buruknya, berikut ulasannya yuk simak: 

1. Gangguan Tidur

Sering Diabaikan! Memendam Emosi Ternyata Berdampak Buruk pada Kesehatan
CogniFit

Ternyata orang yang sulit untuk melepaskan emosi dapat mengganggu kenyamanan tidur seperti insomnia. Mungkin sajha anda akan merasa resah juga gelisah, sehingga tidur pun menjadi tidak nyenyak. Hal tersebut diakibatkan  karena otak tidak mampu menangani rasa emosi yang sedang menggebu-gebu. Otak akan dipaksa bekerja keras semalaman untuk menentukan pola emosional yang menyebabkan anda jadi resah dan tidur menjadi tidak lelap.

2.  Mood Swing yang Cepat

Sering Diabaikan! Memendam Emosi Ternyata Berdampak Buruk pada Kesehatan
Hello sehat

Salah satu yang akan anda rasakan ketika terus memendam emosi yakni anda akan sering merasakan mood swing yang cepat. Contohnya ketika anda tengah ceria, anda bisa tiba-tiba menangis dan bersedih begitu saja. Suasana hati anda tidak bisa terkontrol karena anda kerap memendam emosi yang pada akhirnya kondisi mentalmu tidak stabil. Jika anda terus seperti ini bukan tak mungkin anda dapat marah kapan saja tanpa alasan yang jelas.

Baca juga: Ada Baiknya 10 Makanan ini Tidak Masuk Kulkas!

3. Merasa Lelah

Cosmopolitan Indonesia

Menyimpan kekesalan bisa mengakibatkan kelelahan fisik juga mental. Pemikiran yang logis akan menjadi lebih sulit untuk dicapai, sehingga kemampuan anda untuk menggunakan akal sehat bisa berkurang.

4. Memicu Timbulnya Penyakit

HiMedik

Tidak hanya lelah, anda juga akan  jadi mudah terserang berbagai macam penyakit disebabkan sering menahan emosi. Hal tersebut dikarenakan tubuh sering menahan beban emosi yang dipendam terus-menerus, sampai-sampai berdampak buruk pada endokrin, limfatik, serta sistem kekebalan tubuh. Lebih parah lagi anda juga bisa terkena kanker jika sering memendam rasa emosi.

5. Depresi Ringan

Magazine job-like

Ketika anda sering menahan emosi maka anda akan merasakan depresi ringan hingga berat. Walaupun sulit untuk mengungkapkan emosi, setidaknya cobalah untuk cbererita kepada orang-orang terdekat yang bersedia mendengarkan. Apabila anda benar-benar tidak bisa cerita setidaknya menangis akan membuat perasaan anda jauh lebih baik.

Baca juga: 20 Jenis Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

6. Stres Berkelanjutan

Berita Sulsel.com

Bahaya yang akan anda rasakan ketika terus memendam emosi yakni anda  mengalami stres berkelanjutan yang akan berakhir dengan depresi berat. Jika anda sudah depresi tentu anda akan jauh lebih sulit untuk sembuh dan bangkit kembali. Oleh karena itu jangan terus memendam emosi lebih baik ungkapkanlah karena memendam akan berdampak buruk bagi mental serta fisik anda.

7. Gangguan Pencernaan

Hello sehat

Terlalu sering menekan emosi bisa membuat seseorang mengalami gangguan pada usus. Hal tersebut bisa saja terjadi disebabkan karena usus berhubungan erat dengan otak. Apabila otak terlalu di bawah tekanan konstan kemudian anda tidak mengekspresikan emosi tersebut, maka gangguan usus bisa terjadi seperti rasa mual, sakit perut, diare, kembung, atau konstipasi.

Baca juga: 17 Tips Mencegah Penyakit di Musim Hujan

8. Memicu Alergi

Hipwee

Ternyata memendam emosi juga bisa menyebabkan radang. Peradangan yang fatal akibat terlalu sering menahan emosi dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh menjadi menurun, sehingga dapat memicu kondisi seperti asma, batuk, kongesti dada kronis, dan alergi lainnya. Agar anda terhindar dari semua ini, ada beragam cara untuk mengatasinya misalnya, menulis, mendengarkan musik, jalan-jalan, atau berenang.


Nah itulah beberapa dampak buruk pada kesehatan akibat terlalu sering memendan emosi. Semoga bermanfaat. 

Terima kasih sudah membaca postingan ini.


1 Komentar untuk "Sering Diabaikan! Memendam Emosi Ternyata Berdampak Buruk pada Kesehatan"

  1. Oleh karena itu,
    Alangkah baiknya kita tidak memendam emosi karena berdampak buruk pada kesehatan.

    Saya beberapa kali mengalami pusing, sakit, stress, bahkan capek padahal kegiatan sama ketika memendam emosi.

    Jadi sekarang kalau memendam emosi / mulai memendam emosi pasti langsung berusaha sadar diri untuk tidak memendam emosi lagi.

    Lebih baik dibuat selow.

    Salam ceria Kakak! :)

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel