Tips Agar Alpukat Menjadi Cepat Matang

www.ujwar.com - Tips Agar Alpukat Menjadi Cepat Matang

Tips Agar Alpukat Menjadi Cepat Matang
Fimela.com

Kerapkali ketika kamu membeli buah alpukat yang dijual di pasar atau supermarket ternyata masih mengkal, sehingga kita tidak bisa langsung menyantapnya. Namun, terkadang merasa kesel juga, jika alpukat yang sudah kita peram berhari-hari tidak kunjung matang. Tiapkali dicek, ternyata alpukatnya masih keras. Walaupun ada yang sudah matang, amun cuma sebagian saja.

Sebelum kita membahas mengenai cara agar buah alpukat cepat matang, berikut ada tips nih untuk memilih buah alpukat yang bagus. Pilihlah buah alpukat yang warnanya gelap merata, tidak belang-belang. Selanjutnya, lihat juga bagian ujung buah alpukat yakni pada bagian bekas tangkainya, jika masih ada sisa sedikit tangkai kamu bisa kupas sedikit untuk melihat warnanya. Apabila warnanya coklat tua atau gelap artinya buah tersebut sudah tua. Apabila warnanya masih hijau muda berarti buah tersebut masih muda dan mentah. Kocok-kocok buah alpukat, jika terdengar suara bijinya, berarti buah tersebut sudah tua. Karena buah alpukat yang sudah tua, maka bijinya akan lepas dari kulit bagian dalamnya. 

Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menyiasati agar buah alpukat yang masih mengkal  cepat matang, yuk simak: 

1. Simpan Alpukat Berdekatan dengan Buah Lain yang Sudah Matang

Tips Agar Alpukat Menjadi Cepat Matang
Hipwee

Kamu tahu tentang gas etilen? Gas etilen merupakan gas yang berperan dalam proses pematangan buah dan dihasilkan oleh buah itu sendiri. Ternyata gas etilen yang dilepaskan dari buah yang sudah matang akan menyebar pada buah lain juga. Letakkan alpukat mengkal berdekatan dengan buah-buahan yang sudah matang seperti pisang, apel, atau tomat. Maka buah alpukat pun akan ketularan cepat matangnya.


2. Bungkus Dalam Kantong Kertas

Tips Agar Alpukat Menjadi Cepat Matang
id.wikihow.com

Kamu harus memastikan membungkus buah alpukat dengan benar, tidak boleh sampai ada bagian yang terlewat. Bisa jadi alpukatnya tidak matang merata. Dengan cara yang satu ini, alpukat akan matang dalam waktu sekitar 3-4 hari. Jika kamu tidak punya kantong kertas, bisa juga lho pakai kertas koran!

3. Benamkan Dalam Tepung

Tips Agar Alpukat Menjadi Cepat Matang
merdeka

Apabila kamu tidak memiliki kertas atau buah-buahan matang lain, kamu bisa mencoba dengan cara yang ini. Pastikan semua bagian alpukat terendam tepung dengan sempurna. Tidak hanya berguna untuk memtangkan buah alpukat saja, ternyata cara ini juga berlaku untuk buah-buahan lain. 

4. Tempatkan di Dekat Jendela

Tips Agar Alpukat Menjadi Cepat Matang
mainananka2016.blogspot.com

Menyimpan alpukat mentah di dekat jendela ternyata juga bisa menjadi tips yang dapat kamu coba untuk mempercepat proses pematangannya. Dengan cara tersebut, alpukatmu bisa matang dalam waktu sekitar dua hari saja.


5. Memotong Ujung Buah Alpukat

Tips Agar Alpukat Menjadi Cepat Matang
Cerito Idup

Potong sedikit bagian ujung alpukat, kemudian tutup ujung buah alpukat tersebut dengan tisu sampai bagian yang terbuka karena dipotong tadi tertutup kembali dengan sempurna. Supaya tisu tidak lepas, rekatkan menggunakan selotip. Simpanlah alpukat di tempat gelap, dan alpukatmu akan matang sekitar 3-4 hari.

6. Panggang di Dalam Oven

Tips Agar Alpukat Menjadi Cepat Matang
senheng

Pertama, bungkuslah buah alpukat menggunakan alumunium foil. Alumunium foil berfungsi untuk  merangsang gas etilen pada buah alpukat, sehingga dapat membantu mematangkan buah alpukat dengan cepat.

selanjutnya, masukkan buah alpukat tersebut ke dalam oven bersuhu 100°C sekitrar sepuluh menit atau lebih. Setelah kamu memastikan buah sudah matang sempurna, lepaskan alumunium foil tersebut dan masukkan alpukat ke dalam lemari es selama untuk beberapa saat. Cara satu ini bisa membuat alpukat cepat matang, namun rasa aslinya berubah.

Jadi, apabila kamu menginginkan rasa alpukat yang asli, ada baiknya untuk mematangkan buah tersebut dengan cara alami, meskipun harus menunggu sedikit lebih lama. 

Nah. Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mematangkan buah alpukat yang masih mengkal. 

Terima kasih sudah membaca postingan ini. 

Semoga bermanfaat.

Selamat mencoba!!


2 Komentar untuk "Tips Agar Alpukat Menjadi Cepat Matang"

  1. saya ga habis pikir dengan nomor 1.

    BalasHapus
  2. asli ini berguna banget... suka buah alpukat tapi males belinya.. karena apa? karena matengnya lama bgt,, terus kadang lupa dan ketika dibuka udah busuk huwaaaa..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel