Tips dan Trik Menjadi Pembisnis Warung Kopi yang Sukses

www.ujwar.com -  Tips dan Trik Menjadi Pembisnis Warung Kopi yang Sukses

Tips dan Trik Menjadi Pembisnis Warung Kopi yang Sukses

Masyarakat dari berbagai kalangan, terutama para remaja saat ini lebih banyak menikmati dan menongkrong di warung kopi. Bukan hanya dari masyarakat kelas atas saja, melainkan warung kopi saat ini kian membumi dan mengikuti tren. Untuk memenuhi gaya hidup anak muda, kini sudah banyak warung kopi kekinian yang sangat mudah untuk ditemukan. 

Jika kamu adalah salah seorang yang berminat untuk berbisnis warung kopi, maka kamu wajib mengetahui tips dan trik menjadi pembisnis warung kopi yang sukses berikut ini :
1. Mengikuti Tren

Cara yang pertama adalah dengan mengikuti ‘lifestyle’ atau gaya hidup anak muda. Bukan hanya warungnya saja yang harus kekinian, tetapi pemiliknya juga harus kekinian, alias mengikuti tren anak muda sekarang. Karena dengan mengikuti tren, si pemilik warkop (warung kopi) akan tahu mengenai apa saja topik yang tengah hangat di masyarakat. Cobalah untuk mencari tahu tentang minat, era, gaya, dari konsumen, dan tentunya dari perkembangan zaman juga.

Setelah mempelajari hal tersebut, kamu bisa mengaplikasikannya pada bisnis. Misalnya untuk tempatnya didesain sedemikian rupa, sehingga mampu menarik perhatian pengunjung.

2. Jadikan Karyawan Sebagai Sahabat

Meskipun sudah menjadi pemilik warung kopi, namun sudah saatnya untuk menjadikan karyawan sebagai sahabat. Karena atmosfer dalam bekerja yang santai dapat membantu menciptakan peluang  bisnis yang sukses. Percaya atau tidak, dengan menjalin hubungan yang harmonis dengan karyawan, ternyata dapat membantu memotivasi untuk bekerja lebih giat.
Tidak hanya itu, dengan atmosfer kerja yang lebih fleksibel juga akan membentuk kenyamanan pada karyawan. Sehingga apabila karyawan sudah merasa memiliki, maka akan menumbuhkan rasa peduli dan memiliki pula, serta akan menjalankan pekerjaanya dengan sepenuh hati.

3. Perhatikan Pelayanan dan Kualitas

Apabila kamu ingin menjadi seorang pembisnis yang sukses, maka dalam menjual produk kamu harus memperhatikan kepuasan pelanggan. Seorang konsumen pasti mempunyai ingatan yang baik dengan pelayanan yang telah diberikan. Apalagi kalau pelayanan yang diberikannya mampu diterima oleh si konsumen, maka konsumen merasa lebih nyaman dan akan sering datang ke warung kopi milikmu. Selain itu kamu juga harus memperhatikan kualitas produknya, kualitas yang disajikan pun harus bisa membuat hati konsumen puas. Baik itu dari segi rasa kopinya, makanannya, minumannya, desain ruangannya, cepat atau tidaknya pelayanannya, dan yang paling utama adalah keramahan pramusaji dan baristanya.

Apabila kamu memiliki tim yang solid, maka dapat dipastikan pelayanan dan kualitas yang kamu miliki itu bagus. Salah satu solusinya supaya pelayanan dan kualitas bagus bisa kamu miliki adalah dengan memperlakukan karyawan sebagai seorang sahabat.

4. Berikan Contoh yang Baik

Meski status kamu adalah seorang pemilik warung kopi, namun bukan berarti kamu bisa berlaku sewenang-wenang atau seenaknya. Justru sebaliknya, sebagai seorang atasan harus memberikan contoh yang baik kepada para karyawan supaya mereka termotivasi untuk bekerja lebih baik lagi. Jangan segan ataupun malu untuk ikut bekerja secara langsung.
5. Luwes Dalam Bergaul

Kemampuan berkomunikasi yang baik adalah salah satu kriteria yang harus dimiliki oleh seorang karyawan ketika berkomunikasi dengan konsumen. Karyawan dituntut untuk bisa akrab dengan konsumen saat memberikan pelayanan. Apalagi, tipe dari konsumen yang datang selalu berbeda-beda. Maka dari itu, sudah seharusnya sebagai owner harus lebih luwes dalam berkomunikasi dan bergaul dengan siapapun.

6. Menjadi Unik

Tantangan yang saat ini sedang menjamur bagi para pembisnis warung kopi adalah banyaknya juga pembisnis lain yang membuka warung kopi. Sehingga, pembisnis warung kopi harus berpikir lebih ekstra untuk menciptakan keunikan dan sisi menarik yang akan menjadi pembeda dengan warung kopi lainnya. Terus gali potensi yang dimiliki, jangan pantang meneyerah, tetap semangat.

Nah, itulah tips dan trik menjadi pembisnis warung kopi yang sukses. Terima kasih sudah berkenan untuk membaca artikel ini. 

Semoga bermanfaat

1 Komentar untuk "Tips dan Trik Menjadi Pembisnis Warung Kopi yang Sukses"

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel