Tips dan Trik Menjadi Pemenang Ketika Mengikuti Perlombaan

www.ujwar.com -  Tips dan Trik Menjadi Pemenang Ketika Mengikuti Perlombaan

Tips dan Trik Menjadi Pemenang Ketika Mengikuti Perlombaan

Ketika kamu memiliki kesempatan ataupun hendak untuk mengikuti suatu perlombaan, dan kamu menginginkan menajdi juara pada perlombaan tersebut, maka ada beberapa hal yang  kamu harus siapakan sebelumnya. Berikut adalah bebrapa hal yang harus kamu lakukan supaya menjadi pemenang ketika mengikuti perlombaan : 


1. Siapkan Mental  

Hal pertama yang harus kamu siapkan ketika akan atau ingin mengikuti suatu perlombaan adalah diri kita sendiri, baik itu dari segi mental, kesehatan tubuh, dan lain-lain. Karena hal-hal tersebut sangat berpengaruh. Apabila pada saat perlombaan berlangsung, dan mental kita belum siap, jangan harap akan menjadi pemenang dalam perlombaan tersebut. Oleh karena itu, sebelum mengikuti perlombaan kita harus benar-benar siap dengan segala konsekuensinya. Dan yang paling terpenting adalah siap untuk menang dan siap untuk kalah.

Namun apabila perlombaan yang kamu ikuti ada wawancaranya, maka kamu harus berhati-hati terhadap juri yang mengajak jabata tangan, Sebab kesiapan kita bisa terlihat dari hal itu, dan suhu tangan kita yang akan menjelaskan siap atau tidaknya kita mengikuti perlombaan tersebut. Apabila tangan kita dingin, maka artinya kita grogi (belum siap, dan apabil biasa saja, itu berarti kita sudah siap. 

2. Pelajari Prosedur atau Juknis Lomba 

Tips yang kedua adalah kita harus mempelajari prosedur atau petunjuk teknis (juknis) perlombaan yang akan kita ikuti sampai kita benar-benar memahaminya. Namun apabila dalam perlombaan tersebut tidak ada juknisnya, kita pelajari saja tujuan dari lomba tersebut. Karena tidak semua perlombaan menggunakan juknis. 

3. Menjadi Pembeda

Tips yang selanjutnya, supaya kita bisa menjadi pemenang dalam suatu perlombaan adalah menjadi pembeda. Cari sesuatu yang beda dari diri kita, dan akan sulit dijamah/ ditebak oleh peserta yang lain, sehingga juri akan tertarik. Akan tetapi apa yang kita lakukan itu harus tetap mengacu pada tema perlombaan.


4. Membuat Jadwal

Selanjutnya tips yang keempat adalah membuat jadwal atau list untuk kita menyelesaikannya. Misalnya portofolia ditargetkan selesai pada minggu pertama, lalu apa saja yang belum dikerjkakan, apa saja yang belum dibuat, lalu apalagi yang akan dicari. Pokoknya maksimalkan waktu atau jadwal yang sudah dibuat. 

5. Menggunakan Pakaianan yang Sopan

Kita harus bisa memilih pakaian yang sesuai dengan perlombaan yang diikuti. Apabila event perlombaan yang diadakan untuk ibu-ibu, maka sebaiknya memakai blazer/ jas. Begitupun untuk bapak-bapak, gunakan kemeja dengan lengan panjang. Yang terpenting perhatikan kerapihan dan kesopanan dari baju yang digunakan. Dengan begitu, kita akan terlihat lebih professional. 


6. Bahasa dan Tutur Kata yang Baik

Selain kelima tips di atas, kita juga harus menggunakan bahasa dan tutur kata yg baik dan tertata, sehingga kita akan lebih terlihat professional. Tidak boleh mengulang-ulang sesuatu yang sudah kita ucapkan, apalagi menjawab sesuatu apa yang tidak di tanyakan, dan juga kita tidak boleh mengucapkan bahasa yang terkesan menjatuhkan atau meremehkan orang lain (sombong).


7. Bersikap Santai

Ketika perlombaan sedang berlangsung, kita harus menghadapinya dengan santai, rilex, dan tidak boleh memperlihatkan bahwa kita sedang stress atau gugup atau apalah itu semacamnya. Sebab nantinya ini akan berpengaruh pada situasi mental yang akan kita ciptakan.

8. Berbagi/ Bertukar Pikiran

Supaya kita tidak duduk di zona nyaman terus, cobalah untuk berbagi dengan teman-teman seperjuangan, jangan merasa kita akan tersaingi. Bersainglah secara sehat. Apabila kita melihat teman yang sedang membutuhkan bantuan, bantulah jika itu akan lebih baik. Kita harus ingat, apabila kita memberi kemudahan pada orang lain, maka kita juga akan diberi kemudahan. Dan apabila kita menjadi juara pada perlombaan tersebut, teman seperjuangan kita juga pasti akan senang. 

9. Perhatikan Lawan/ saingan

Nah tips yang terakhir jangan sampai lupa, lihat saingan kita siapa saja. Dengan mengetahui lawan kita, kita akan lebih percaya diri. Pada saat mengisi absensi, kita juga sambil lihat siapa saja lawan kita, latar belakang pendidikannya, dan yang lainnya.Dengan begitu kita akan lebih berhati-hati.


10. Berdoa

Eh ini guys yang terakhir, berdoa. Setelah semua usaha yang telah kita lakukan, langkah selanjutnya adalah tawakal dan berdoa. Berdoalah supaya dilancarkan, dimudahkan, dan semoga bisa menjadi pemenangnya.

Nah itulah tips dan trik supaya menjadi pemenang ketika mengikuti suatu perlombaan. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari artikel ini setelah selesai membacanya. 

Terima kasih sudah membaca



3 Komentar untuk "Tips dan Trik Menjadi Pemenang Ketika Mengikuti Perlombaan"

  1. tips sangat bermanfaat untuk para petarung

    BalasHapus
  2. wah pengen banget nih menang lomba dan dapetin juara, tapi dulu mungkin belum matang persiapan nya sehingga ane sering kalah pas ikut lomba gan :D

    ijin follow blog nya ya gan :)

    BalasHapus
  3. sering aku ikut lomba blog,, tapi gda yg nyangkut,, blom saatnya mungkin haha
    kulitas tulisan masih perlu diperbaiki :D
    thx sharingnya kak

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel