Tips Memilih dan Menyimpan Mangga yang Baik dan Benar

www.ujwar.com - Tips Memilih dan Menyimpan Mangga yang Baik dan Benar

Tips Memilih dan Menyimpan Mangga yang Baik dan Benar

Salah satu buah yang paling banyak digemari adalah mangga. Itu karena rasa yang dimiliki buah mangga manis, berdaging tebal, serta berair banyak. Di Indonesia sendiri, buah mangga tumbuh dengan baik. Tak hanya itu, jenis buah mangga di Indonesia pun banyak. 

Mungkin kamu pernah membeli buah mangga di pasar atau supermarket? Lalu ketika sudah dibeli ternyata buahnya itu belum matang atau sudah busuk? Nah, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi, aku kasih tipsnya nih supaya mangga yang kamu pilih benar-benar masih segar dan tingkat kematangannya pas. 

                   9 Tips Memilih dan Menyimpan Cabai yang Baik
                   Resep dan Cara Membuat Kue Nastar

1. Cium Aromanya

Tips Memilih dan Menyimpan Mangga yang Baik dan Benar
News.labsatu.com

Cara yang pertama untuk mengetahui kematangan mangga adalah dengan mencium batang tangkainya. Apabila baunya harum, maka dapat dipastikan mangga tersebut sudah matang. Sebaliknya, apabila mangganya masih mentah, maka cenderung tidak akan mengeluarkan aroma apapun. Apabila terlihat sudah matang tetapi tidak mencium aroma apapun, supaya lebih aman, sebaiknya  jangan pilih mangga tersebut, karena bisa jadi kualitas dari mangga tersebut kurang bagus.Tetapi kamu  harus memperhatikan juga, jika aroma harum mangga terlalu kuat seperti fermentasi, kemungkinan mangga tersebut sudah terlalu matang atau bahkan mangga tersebut mulai membusuk.

2. Tekstur Mangga

Tips Memilih dan Menyimpan Mangga yang Baik dan Benar
resepkoki.id

Tips memilih mangga yang baik selanjutnya kita bisa lihat dari tekstur kulit mangga tersebut. Mangga yang baik kulitnya cenderung terlihat segar, tentunya tidak ada memar dan cacat di kulitnya, pun tidak layu. Supaya pilihannya tepat, hindari membeli mangga yang teksturnya terlalu keras atau lembek. Pilihlah mangga yang cukup lunak, karena mangga tersebut sudah siap dikonsumsi.

3. Bercak pada Mangga

Tips Memilih dan Menyimpan Mangga yang Baik dan Benar
www.ruangtani.com

Tergantung varietasnya, warna buah dari mangga sangat beragam, jadi sulit untuk kita mengukur tingkat kematangannya. Ada mangga yang berwarna kuning, hijau, dan merah. 

Untuk mengetahui tingkat kematangan buah mangga kita juga bisa melihatnya melalui bercak gelap pada kulitnya. Apabila dalam mangga tersebut terdapat bercak, itu artinya buah tersebut sudah matang. Tetapi jangan sampai keliru ya antara bercak atau memar. Kalau bercak tidak akan mempengaruhi tekstur bagian dalam buah mangga, sedangkan jika memar sebaliknya.

4. Warna Tidak Menjamin Rasanya 

Tips Memilih dan Menyimpan Mangga yang Baik dan Benar

Sebagian orang menyatakan bahwa buah mangga yang manis itu kulitnya berwarna hijau pekat. Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa buah mangga yang rasanya manis itu kulitnya berwarna kuning kemerahan. Jadi sebenarnya warna kulit yang mana yang memiliki rasa manis?


Seperti yang sudah diulas di atas, bahwa di Indonesia terdapat beragam jenis buah mangga. Kita harus mengetahui setiap jenis mangga dan warna apa yang manis untuk dikonsumsi. Karena setiap jenis mangga memiliki warna yang berbeda untuk rmenghasilkan rasa manisnya.

5. Cek Batang Buah 

Tips yang selanjutnya adalah dengan mencek bagian batang buah mangga tersebut. Apabila pada buah tersebut tidak ada batangnya, cara lain untuk mengeceknya adalah di bagian bekas batangnya. Jika mangga tersebut sudah matang di pohonnya, maka dibagian batangnya tersebut  terdapat sedikit getah. Dan sebaliknya, jika mangga belum matang dari pohon, maka batang dari mangga tersebut tampak seperti digunting manual. 

6. Pencet buah mangga

Untuk mengetahui apakah buah mangga tersebut tingkat kematangannya sudah pas atau belum, kamu bisa memencetnya secara perlahan untuk merasakan tekstur daging dari mangga tersebut. Buah mangga yang baik akan terasa sedikit empuk saat dipencet. Cukup mudah kan?

7. Cek beratnya

Tips Memilih dan Menyimpan Mangga yang Baik dan Benar
celikmate.blogspot.com

Untuk melihat tingkat kematangan buah-buahan, sebagian besar orang menentukannya melalui berat yang dimiliki buah tersebut, begitu juga dengan buah mangga. Maka dari itu, ketika sedang memilih buah mangga, usahakan memilih buah mangga yang berat atau bobotnya sedikit lebih berat dari buah yang lainnya. Karena mangga yang memiliki bobot sedikit lebih berat biasanya sudah siap untuk dikonsumsi.

8.  Penyimpanan Mangga

Tips Memilih dan Menyimpan Mangga yang Baik dan Benar
food.detik.com

Cukup disimpan pada tempat bersuhu kamar, buah mangga tersebut akan dengan sendirinya matang. Apabila wanginya sudah tercium kemana-mana, berarti mangga tersebut sudah matang. Supaya lebih awet, setelah matang mangga bisa disimpan di lemari es.

Sebelum disimpan ke dalam lemari es, terlebih dahulu mangga dipotong-potong kemudian letakan di dalam wadah yang tertutup rapat. Mangga matang yang disimpan di dalam lemari es biasanya dapat bertahan selama 2-3 hari.

Nah, itulah tips memilih dan menyimpan buah mangga yang baik dan benar. Jadi sekarang tidak perlu bingung lagi ya ketika memilih buah mangga, di pasar ataupun supermarket. 

Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih dan Menyimpan Mangga yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel