Tips Memilih Jas Hujan yang Benar

www.ujwar.com - Tips Memilih Jas Hujan yang Benar

Tips Memilih Jas Hujan yang Benar

Ketika bepergian saat musim hujan seperti sekarang ini, perlengkapan yang wajib dibawa bagi pengendara roda dua adalah Jas hujan atau nama kerennya adalah rain coat. Saat membeli jas hujan, kamu juga harus memilih jas  yang cocok buat kamu,  jangan asal pilih karena suka sama warnanya atau modelnya. Jadi pilihlah sesuai yang dibutuhkan bukan diinginkan. 

Tidak semua jas hujan mempunyai jenis dan bahan yang bisa diandalkan, terutama pada saat hujan deras. Maka dari itu,  kita harus menjadi pembeli yang pintar dan teliti ketika memilih jas hujan. Agar saat hujan deras, perjalanan tidak terhambat. Berikut adalah tips memilih jas hujan yang benar :

1. Pilih Jas Hujan yang Berbahan Karet

Tips Memilih Jas Hujan yang Benar
www.tokopedia.com


Kenapa harus jas hujan yang berbahan karet? Itu karena karet memiliki sifat yang tidak mampu di tembus oleh air walau sekalipun hujannya deras, atau juga kamu bisa memilih jas hujan yang berbahan plastik tebal. 

Apakah boleh memilih jas hujan yang berbahan kain atau parasit? Sebenarnya boleh-boleh saja, itu hak pembeli. Tetapi alangkah baiknya memilih jas hujan yang berbahan karet, karena takutnya kalau yang berbahan kain atau parasit  akan mudah tertembus air. Tidak menutup kemungkinan juga, bahwa pada jas hujan yang berbahan karet juga ada bagian yang paling rawan tertembus air, yaitu bagian selangkangan. Hal tersebut dikarenakan pada bagian selangkanganlah kita duduk (bagian yang licin jika terkena air), akibatnya akan terjadi gesekan yang dapat membuat  lapisan karetnya lama kelamaan akan terkelupas, sehingga menyebabkan terjadinya kebocoran.

2. Perhatikan Bagian Sambungan

Sebelum membeli, perhatikan juga pada bagian sambungan Jas hujan yang berbahan karet ini khususnya dibagian ketiak dan selangkangan. Kamu harus benar-benar jeli, apakah tersambung dengan kuat atau sebaliknya. Karena jas hujan yang menggunakan  bahan karet cara menyambungkannya tidak menggunakan cara jahit, tetapi di press panas. Tentu berbeda dengan jas hujan yang menggunakan bahan kain lapis karet, yang menggunakan teknik jahit untuk penyambungannya, namun hal tersebut menjadi titik lemah, karena air akan mudah masuk.

3. Pilih Model Setelan Baju Celana

Tips Memilih Jas Hujan yang Benar
www.bukalapak.com


Tips yang selanjutnya adalah pilihlah jas hujan dengan model setelan baju dan celana. Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan seluruh tubuh dipastikan dapat tertutupi dengan sempurna. Selain itu, manfaat lainnya yang akan kamu dapatkan ketika memilih jas hujan setelan baju celana adalah keseimbangan dan gerakan reflek kita akan tetap terjaga. Berbeda dengan jas hujan model ponco atau batman, jas model tersebut akan membuat hembusan angin semakin besar memapar tubuh kita, dan resikonya keseimbangan kita akan hilang dan memungkinkan akan jatuh. Penggunaan jas hujan model ponco atau batman ini merupakan pemilihan jas hujan yang paling beresiko.

4. Pilih Jas Berwarna Terang

Tips Memilih Jas Hujan yang Benar
onlinejas.blogspot.com

Tips yang berikutnya adalah memilih jas hujan dengan warna yang terang. Hal tersebut diperuntukan agar pada saat hujan lebat terjadi, orang lain dapat melihat posisi kita dengan jelas. Jadi resiko terjadinya kecelakaan sangat kecil. Oelh karena itu pilihlah jas hujan yang berwarna terang. Selain warna terang kamu juga bisa memilih ajs hujan yang memiliki spot light atau yang dikenal dengan istilah mata kucing. Spot light akan menyala bila tersorot oleh cahaya lampu kendaraan lain. Meskipun ada pula jas hujan yang memberikan tambahan spot light di sekitar lengan dan pergelangan kaki, namun biasanya spot light terdapat pada bagian punggung dan dada.S Walaupun jas hujan kita berwarna gelap, pengendara lain tetap akan melihat kita karena bantuan dari spot light tersebut.

5. Pilih Ukuran yang Sesuai

Jika biasanya kamu menggunakan pakaian ukuran L, maka disarankan untuk jas hujannya memilih ukuran XL. Hal ini berfungsi apabila hujannya lebat dan kamu harus menggendong tas, maka  tidak perlu repot-repot menggunakan kantong plastik untuk melindingi tas. Penggunaan jas hujan khusus tas pun juga tidak perlu. Jadi hal tersebut membuat kita tidak ribet alias simple. 

6. Harga Menentukan Kualitas


Apakah kalian pernah mendengar istilah “uang membawa rupa”? Nah istilah tersebut juga berlaku ketika kamu memilih kualitas jas hujan berbahan karet ini. Karena pernah ada kejadian yang membeli jas hujan berbahan karet dengan harga Rp. 100.000,- baru dipakai sekali saja sudah sobek di bagian sambungan. Karena barang tahu terhadap uang, maka pilihlah jas hujan yang memiliki kualitas bagus, sekalipun mahal harganya. Sebagai contoh jas hujan berbahan karet yang memiliki kualitas bagus adalah Merk Axio, dan  ASV. 

Nah, itulah tips memilih jas hujan yang baik dan benar. Setiap kelebihan pasti ada kekurangan. Ya meskipun jas hujan berbahan karet juga memiliki kekurangan. Karena tidak ada yang sempurna di dunia ini selain Allah SWT.

Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Jas Hujan yang Benar"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel