Tips Mengatasi dan Cara Mengetahui Penyebab Mata Minus

www.ujwar.com - Tips Mengatasi dan Cara Mengetahui Penyebab Mata Minus

Tips Mengatasi dan Cara Mengetahui Penyebab Mata Minus

Mata minus adalah di mana kondisi mata sipenderita tidak dapat melihat sesuati dengan jelas baik secara dekat, maupun dari kejauhan. Tentu kondisi tersebut akan sangat mengganggu, bahkan membuat seseorang merasa tidak nyaman. Mengingat seseorang membutuhkan alat bantu untuk bisa melihat dengan jelas, mislanya memakai kacamata, atau kontak lens.

Tetapi perlu kamu ketahui, bahwa kacamata atau kontak lens hanya bersifat membantu bukan untuk menyembuhkan. Maka untuk menurunkan tingkat keminusan tersebut, kamu harus melakukan perawatan dan pengobatan tetap. Seperti mengonsumsi jus wortel atau mengonsumsi suplemen kesehatan mata secara rutin. 

Oh iya, kamu juga perlu mengetahui bahwa apabila mata tidak diobati maka minusnya bisa terus meningkat atau betambah dan pada akhirnya sampai ke tingkat yang lebih tinggi. Tentu hal tersebut sangat berbahaya.  Ada 4 faktor utama yang menyebabkan mata menjadi minus, diantaranya :

1). Pola Hidup atau Kebiasaan yang Buruk

Membaca sambil tidur, membaca di tempat yang gelap, menonton TV dengan jarak yang dekat, atau menggunakan komputer dan smartphone secara berlebihan, merupakan kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan gangguan mata (mata minus). 


Berdasarkan penelitian, bukan hal-hal tersebut saja yang bisa menyebabkan mata minus, melainkan  orang-orang yang tinggal di perkotaan pun beresiko tinggi dapat mengalami mata minus dibandingkan dengan orang-orang yang tinggal di pedesaan.

Hal ini dikarenakan sebagian besar masyarakat yang tinggal di kota banyak menghabiskan waktu dengan jarak pandangan yang tidak jauh. Selain itu, masyarakat di perkotaan juga cenderung beraktivitas di depan komputer dengan waktu yang cukup lama. 

2). Faktor Genetik atau Keturunan

Salah satu penyebab mata minus adalah factor genetic (keturunan). Apabila saat ini kamu sedang mengalami mata minus, maka salah satu anggota keluarga ada kemungkinan akan mengalami hal yang serupa. 

Apabila salah satu anggota keluarga ada yang mengalami mata minus, misalnya ayah, ibu, atau kakak, maka kemungkinan matamu minus itu dikarenakan factor genetic (keturunan).

3). Kurang Istirahat

Mata minus juga diakibatkan dari kurangnya istirahat. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak terlalu memaksakan mata untuk bekerja lama-lama di depan komputer. Dan yang paling penting, tidur yang cukup. 


4). Kekurangan Asupan Vitamin A

Resiko terkena mata minus juga bisa diakibatkan dari jaringan mata yang mengalami kerusakan karena kurangnya asupan vitamin A, yang dimana kita sudah tahu bahwa vitamin A sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Salah satu cara yang bisa kamu coba untuk member asupan vitamin A adalah dengan memperbanyak mengonsumsi sayur-sayuran yang mengandung vitamin A, mislanya wortel.

Itulah beberapa factor utama yang menyebabkan mata menjadi minus. Dan untuk mengetahui berapa tingkat keminusan, sebaiknya kamu pergi ke dokter untuk memastikannya. 

Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi dan mengurangi mata minus, yaitu :


1. Lepaskan Kacamata

Apabila kamu sedang tidak bekerja di dalam ruangan yang sempit, dan kamu masih bisa melihat dengan jelas tanpa menggunakan kacamata, maka sebaiknya lepaskan kacamata.

2. Latihan Mata 

Supaya tingkat keminusan mata bisa berkurang, kamu harus melatih mata dengan cara melihat objek yang jauh tanpa menggunakan alat bantuan (kacamata atau kontak lens), mislanya melihat pesawahaan, perbukitan atau pegunungan.

3. Melihat Gerakan 

Apabila kamu sedang berada di pinggir jalan, dan kebetulan sedai ramai orang, maka kamu coba untuk mengamatinya. Lihatlah dan perhatikan setiap  gerakannya, dan usahakan bayangan yang kamu lihat itu utuh (tidak rabun). 

4. Luangkan Waktu Sekitar 15-20 Menit Ketika Beraktivitas

Apabila pekerjaanmu adalah dengan komputer, maka sebaiknya setiap 15 atau 20 menit sekali kamu meluangkan waktu untuk melihat-lihat pemandangan sekitar, mislanya perbukitan atau pegunungan.

5. Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin A

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa vitamin A sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Oleh karena itu, untuk mengatasi mata minus, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang menganudng vitamin A secara rutin, seperti wortel, kangkung, brokoli, pisang, susu, dan lain-lain.  

6. Konsumsi suplemen kesehatan mata.

Nah, itulah tips mengatasi dan cara mengetahui penyebab mata minus. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari artikel ini, terutama bagi para penderita mata minus.

Selamat mencoba!

4 Komentar untuk "Tips Mengatasi dan Cara Mengetahui Penyebab Mata Minus"

  1. Tips no 2 dan 3 Latihan Mata dan melihat pergerakan yang selama ini saya lakukan Min, karna tahu sendirikan kerjaanya para blgger, siang malam mlototoin komputer mulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, pastinya sebagai seorang blogger pekerjaannya tidak lepas dari komputer hehe... Selain itu coba juga kak tambahan asupan vitamin A nya :)

      Hapus
  2. aku nih minus dari 1 sampe sekarang 1,75
    kayaknya nambah lagi gtau brapa, karena kacamata ga pernah tak pakai
    pengen sembuhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan kan dicoba tipsnya, siapa tahu bisa sembuh. Insyallah...

      Hapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel