Trik Supaya Pakaian Tidak Bau Apek Saat Musim Hujan

www.ujwar.com - Trik Supaya Pakaian Tidak Bau Apek Saat Musim Hujan
Trik Supaya Pakaian Tidak Bau Apek Saat Musim Hujan

Dibalik anugerah yang diberikan oleh sang pencipta, yaitu air yang berlimpah (hujan), ternyata ada beberapa hal kecil yang menjadi masalah bagi IRT, yaitu cucian! Ya, masalah utama bagi IRT adalah cucian yang tidak kering. Bukannya kering saat dijemur, malah tambah kotor karena terciprat air hujan. Bahkan yang lebih parahnya lagi bisa menimbulkan bau yang tidak sedap (bau apek).


Bau apek itu muncul karena baju atau pakaian yang kita jemur tidak kering sempurna. Cuaca yang tidak menentu juga bisa membuat pakaian yang sudah dicuci keringnya menjadi lebih lama. Mungkin sebagian orang menganggap hal ini sepele, namun apabila terus-meneurus akan  menjengkelkan. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, ada trik yang bisa kamu lakukan supaya pakaian tidak bau saat musim hujan. Bagaimana caranya? Yuk simak berikut adalah caranya :

1. Jangan Menumpuk Pakaian Basah

Trik Supaya Pakaian Tidak Bau Apek Saat Musim Hujan
www.kaskus.co.id

Langkah pertama yang harus kamu lakukan supaya pakaian tidak bau saat musim hujan adalah jangan menumpuk pakaian yang basah. Misalnya ketika kamu pulang dengan pakaian basah, sebaiknya kamu segera bilas kotoran yang menempel pada pakaian tersebut. Kemudian jemur pakaian basah tersebut dengan cara digantung. Perlu untuk diketahui, jangan pernah langsung memasukan pakaian ke dalam tempat cucian, terkecuali jika kamu akan langsung mencucinya. Tetapi jika kamu berencana akan mencucinya besok pagi, maka pakaian basah tersebut cukup direndam dengan air bersih saja. Karena apabila pakaian basah disimpan terlalu lama, akan berpotensi timbulnya bintik-bintik hitam pada pakaian dan menyebabkan pakaian cepat rusak.


2. Perhatikan Cara Mencucinya

Trik Supaya Pakaian Tidak Bau Apek Saat Musim Hujan
malesbanget.com

Langkah yang kedua adalah perhatikan cara mencucinya, sebelum dicuci sebaiknya kamu pisahkan terlebih dahulu pakaian berdasarkan warna, jenis pakaian, dan bahan kainnya. Jika kamu akan mencucinya dengan cara dikucek, maka kuceklah pakain sebersih mungkin. Namun apabila kamu akan menggunakan sikat untuk mencucinya, maka sikatlah dengan pelan jangan terlalu keras karena akan menyebabkan baju rusak. Akan tetapi jika kamu sedang malas mencuci dan kamu akan  mencuci dengan menggunakan mesin cuci, maka kamu harus selalu hati-hati dalam mencucinya. Bilaslah 3 sampai 4 kali sampai tidak sisa sabun yang tertinggal. 

3. Pakai Pewangi Pakaian 

Trik Supaya Pakaian Tidak Bau Apek Saat Musim Hujan
hilman.co

Setelah baju selesai dibilas, kamu bisa merendamnya dengan pewangi pakaian selama 15 sampai 20 menit, supaya pada saat pakaian keringnya belum maksimal tidak bau. Usahakan pewangi yang akan kamu gunakan berkualitas dan memiliki aroma lembut atau tidak terlalu menyengat. Karena pewangi pakaian dengan aroma yang terlalu menyengat justru membuat baju menjadi bau saat musim hujan. Setelah itu bilas dan peras pakaian sampai airnya benar-benar berkurang. Kemudian jemur pakaian dengan cara digantung.

4. Menjemur Pakaian

Trik Supaya Pakaian Tidak Bau Apek Saat Musim Hujan
papasemar.com

Apabila sedang terjadi hujan, cara mengakali untuk menjemur pakaian adalah menjemurnya di tempat terbuka yang terdapat angin dan bagian atasnya tertutup kaca atau atap yang menerawang. Supaya cepat kering dan tidak lembap, berilah penerangan pada jemuran.

Hindari menjemur pakaian dengan cara di simpan langsung dan dilipat menjadi dua. Sebaiknya pakaian digantung dengan menggunakan hanger. Dengan menggunakan cara ini pakaian akan lebih cepat kering, karena air menetes secara sempurna. 


Selain itu kamu juga harus memperhatikan jarak antar pakaian yang dijemur, guna untuk mempermudah udara (angin) bersirkulasi diantara pakaian yang basah tersebut. 

5. Menyeterika Baju

Trik Supaya Pakaian Tidak Bau Apek Saat Musim Hujan
www.idwebpulsa.com

Setelah dijemur dan pakaian sudah kering dengan sempurna, segeralah pakaian tersebut disetrika. Ketika sedang menyetrika, pastikan panas dari setrika sesuai dengan jenis dan bahan pakaian. Jangan menyetrika dengan suhu yang terlalu tinggi ataupun sebaliknya (rendah). Supaya lebih wangi, ketika menyetrikanya kamu bisa menambahkan pewangi lagi.

6. Menyimpan Pakaian

Trik Supaya Pakaian Tidak Bau Apek Saat Musim Hujan
wolipop.detik.com


Agar pakaian selalu rapi, simpanlah pakaina sesuai dengan jenis dan bahan. Misalnya kemeja dengan kemeja, kaus dengan kaus, jeans dengan jeans, dan yang lainnya. Selain itu simpan juga pakaian di tempat yang kering dan tidak lembap. Selain memudahkan ketika akan memakainya, cara ini juga bisa membuat akan terlihat rapi. Supaya lebih udah lagi kamu bisa menyimoannya dengan cara digantung.

Nah, itulah tips dan trik supaya pada saat musim hujan pakaian tuidak bau. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari artikel ini, setelah sahabat membacanya.

Selamat mencoba!

1 Komentar untuk "Trik Supaya Pakaian Tidak Bau Apek Saat Musim Hujan"

  1. wah penting untuk dibaca nich, soalnya cuaca sekarang ini sering hujan, dan pakaian berpotensi apek, bahkan berpotensi bakal jamuran juga,hihihi.....

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel