10 Tata Cara Keramas yang Baik Tanpa Perlu Perawatan Ke Salon

www.ujwar.com - 10 Tata Cara Keramas yang Baik Tanpa Perlu Perawatan Ke Salon

10 Tata Cara Keramas yang Baik Tanpa Perlu Perawatan Ke Salon
Kumparan

Salah satu tips untuk mendapatkan rambut indah ternyata tidak selalu perlu ke salon untuk melakukan perawatan rutin. Namun, untuk mendapatkan rambut yang indah juga tergantung dengan pola dan cara keramasmu.

Baca juga: 13 Cara Memanjangkan Rambut Secara Cepat dan Alami

Berikut 10 tata cara keramas yang baik tanpa perlu perwatan ke salon, yuk simak: 

1. Sesuaikan Intensitas Keramas dengan Jenis Rambut

perfect Beauty

Tujuan utama keramas tentunya untuk Fun untuk membersihkan rambut. Tetapi, bukan berarti kamu harus selalu keramas setiap hari. Fungsi dan kebutuhan keramas tersebut tergantung pada jenis rambut masing-masing setiap orang. Untuk jenis rambut yang kering, keramaslah 1 sampai 2 kali seminggu. Untuk rambut normal, keramaslah 2 sampai 3 hari sekali, sedangkan untuk rambut kamu yang memiliki jenis rambut berminyak disarankan untuk keramas setiap hari. Hal tersebut dikarenakan semakin sering keramas bisa membuat kulit kepala dan rambutmu semakin kering, jadi pastikan intensitas keramas sesuai dengan kondisi kulit kepala juga rambutmu.

2.  Sisir Rambut Sebelum Dicuci

Aura

Supaya rambutmu lebih lembut, pastikan kamu menyisir rambut terlebih dahulu sebelum membasahinya. Membiarkan rambut kusut ketika keramas akan membuat rambut mudah mengalami kerontokan.

3. Buka Pori-Pori Kulit Kepala Sebelum Menggunakan Shampoo

Wowkeren.com

Membasuh rambut menggunkan air hangat terlebih dahulu dapat membantu membuka pori-pori kulit kepala juga membantu membersihkan kulit kepala rambut dari kotoran serta debu. Keramas menggunakan air hangat juga berguna untuk rambut berminyak karena air hangat dapat membantu mengurangi kandungan minyak di kepalamu.

4. Usapkan Shampo Mulai Dari Ujung Kemudian Ke Akar

my best.id

Untuk mengaplikasikan shampo, kamu harus pastikan meletakannya ke telapak tangan sebelum mengusapkannya ke kepala. Mulailah dari ujung rambut ke akar rambut untuk menghindari penumpukan shampoo yang bisa menyebabkan munculnya ketombe.

5. Conditioner Dapat Menghaluskan Ujung Rambut

Suara.com

Setelah kamu memakai shampoo, jangan lupa kembali bilas dengan air hangat yang diikuti dengan pemakaian conditioner di ujung rambut untuk menjaga kelembutannya serta menghindari ujung rambut kering, rapuh juga bercabang.

6. Tutup Pori-Pori Setelah Menggunakan Shampoo

Hello Sehat

Sesudah didiamkan beberapa menit, basuh kembali rambutmu menggunakan air hangat yang diikuti dengan air dingin. Air dingin berfungsi untuk menutup kembali pori-pori kulit kepala yang telah dibersihkan menggunakan shampoo tadi, dan menyerap berbagai formula dari produk shampoo yang kamu gunakan serta menjaga kelembapan rambut.

7. Keringkan Rambut Menggunakan Handuk Mulai dari Akar

fimela.com

Keringkan rambutmu menggunakan handuk, pastikan kamu memulainya dari akar rambut selanjutnya menuju ujung rambut. Pastikan untuk tidak menggosok-gosok rambut dengan kasar dengan handuk karena hal tersebut bisa menyebabkan rambut kering, rapuh serta bercabang. Akan lebih baik, tepuk perlahan rambut kamu dengan handuk tadi.

8. Gunakan Vitamin Sebelum Mem-blow Rambut

Tribun Manado - Tribunnews.com

Untuk tatanan yang lebih rapih, menggunakan blow rambut akan membuat penampilanmu lebih maksimal. Namun, usahakan untuk tidak menggunakan blow rambut lebih dari dua kali seminggu karena akan membuat rambutmu mudah kering karena paparan panas dari hair dryer tersebut. Jangan lupa pakai vitamin agar rambutmu tidak kering akibat panas dari hair dryer.

9. Perhatikan Jarak Hair Dryer Tidak Kurang dari 15cm

popmama.com

Ketika kamu menggunakan hairdryer, pastikan untuk tidak meletakannya lebih dekat dari 15cm karena hal ini akan membuat rambut menjadi kering juga pecah-pecah.

10. Mulai Blow Dari Bagian Belakang

Lifestyle Okeezone

Mem-blow rambut tentu ada triknya. Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan kamu membagi rambut dengan beberapa bagian dan mulailah mem-blownya dari bagian belakang ke depan.


Nah, itulah 10 cara keramas yang baik tanpa perlu perawatan ke salon. 
Terima kasih sudah membaca postingan ini.
Semoga bermanfaat. 

Belum ada Komentar untuk "10 Tata Cara Keramas yang Baik Tanpa Perlu Perawatan Ke Salon"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel