11 Trik Mengatasi Rasa Iri Berlebihan

www.ujwar.com - 11 Trik Mengatasi Rasa Iri Berlebihan

11 Trik Mengatasi Rasa Iri Berlebihan
Sahabat Anak Indonesia

Perasaan iri hati atau dengki merupakan perasaan tidak pernah senang melihat kebahagiaan yang dimiliki oleh orang lain. Sifat iri hati memang tidak melihat dari usia, terkadang sifat ini dimiliki ol;eh orang dewasa, anak-anak, balita juga mereka yang masih usia remaja. Biasanya, hal yang menjadi latar belakang dari sifat tersebut yakni bisa terjadi karena dipengaruhi dari cara gaya hidup yang bisa lebih buruk ataupun yang lebih baik. 

Permasalahan rasa iri hati ini memang tidak hanya merupakan masalah yang di dapatkan dari luar saja, karena masalah tersebut berhubungan erat dengan masalah diri sendiri yang terdapat di dalam hati setiap orang.


Lalu bagaimana cara mengatasi rasa iri hati yang memang terkadang datang menghampiri pada setiap perasaan di dalam diri kita, untuk itu dalam artikel berikut kita akan membahas mengenai berbagai cara mengatasi rasa iri yang terkadang datang menghampiri, yuk simak ulasannya: 

1. Bersyukur

Terkadang rasa iri hati muncul diakibatkan sifat manusia yang memang kurang bersyukur dengan hidupnya. Rasa syukur ini dapat kita lakukan dari hal yang terkecil, bersyukur masih bisa bernafas, bersyukur masih bisa diberikan pekerjaan yang baik dan juga bersyukur mengenai hal-hal kecil lainnya. Tetapi dengan bersyukur pada apa yang kita miliki tenyata sangat bermanfaat dan dapat mengatasi perasaan iri yang terdapat di dalam hati. Karena dengan bersyukur kita akann merasa selalu cukup dengan apa yang kita miliki.

2. Mengubah Pola Pikir

Trik yang selanjutnya untuk mengatasai rasa iri hati yakni dengan mengubah pola pikir kita terhadap sesuatu. Hal ini juga sangat bermanfaat supaya kita bisa mengisi otak dan fikiran kita dengan hal yang lebih positif. karena pasalnya, daripada kita terus berfikiran negative lebih baik membuat perubahan dengan cara berfikir kita yang terlebih dahulu.

3. Menerima kenyataan

Kadang hal yang paling sulit di dalam hidup ini yakni menerima kenyataan yang terjadi pada diri kit. Padahal hal tersbeut justru sangat bermanfaat supaya bisa menghilangkan perasaan iri dan dengki yang ada di dalam hati. Anda jangan pernah sekalipun terobsesi pada beberapa hal yang akan selalu mebuat anda emosi, dan anda harus bisa mengontrol perasaan yang ada di dalam diri kita juga akan jauh lebih baik.

4. Mencari hal yang positif

Agar dapat menghindari perasaan iri hati ada baiknya anda mencari sisi positif yang ada pada diri anda. Sehingga dari hal tersbeut akan mengubah pandangan dan juga cara berfikir anda selanjutnya, maka rasa iri pun tidak akan pernah muncul lagi.


5. Berfikir logis

Tanpa disadari, ketika kita memiliki perasaan iri hati entah itu iri hati dengan kehidupan orang lain,  mungkin kita pun tidak mengetahui kehidupan seseorang tersebut yang sebenarnya belum tentu hal-hal yang membuat kita iri merupakan keinginan yang sesungguhnya diinginklan oleh orang tersebut. Ibarat pepatah mengatakan “rumput tetangga memang selalu lebih hijau”. Untuk itu mencoba berfikir logis merupakan salah satu langkah juga cara yang terbaik bisa dilakukan untuk mengatasi iri hati. 

6. Mencari kesibukan

Perasaan iri biasanya datang ketika kita tidak memiliki kesibukan yang berarti, sehingga kita sibuk mengomentari atau melihat kehidupan yang orang lain miliki. Maka dari itu, sebaiknya carilah kesibukan yang bisa membuat anda tidak punya waktu untuk memiliki rasa iri atau menginginkan memiliki kehidupan yang orang lain miliki. karena daripada fokus terhadap kehidupan orang lain ada baiknya mencari  cara fokus pada diri sendiri saja, hal itu akan jauh lebih baik.

8. Mengeluarkan emosi

Terkadang hal buruk juga fikiran negative menjadi pemicu rasa iri, karena fikiran tersebut kita simpan di dalam hati sehingga lama-kelamaan akan menimbulkan efek negative seperti rasa iri yang berlarut-larut. Dengan mengeluarkan emosi yang kita miliki misalnya melalui tulisan, suara atau hal apapun sehingga perasaan iri hati tersebut akan hilang.

9. Memiliki komitmen yang kuat

Jika kita mempunyai komitmen yang kuat pada diri sendiri, maka rasa cemburu atau iri hati pun bukanlah menjadi sesuatu yang mungkin terjadi. hal pertama yang dapat dilakukan yakni mencari cara tegas terhadap diri sendiri, karena hati kita memang memegang teguh tentang komitmen. Bukannya malah sibuk dengan perasaan iri hati dengan keberhasilan yang dimiliki oleh orang lain.


10. Menyegarkan fikiran 

Di dalam fikiran manusia ada sebuah sistem yang bisa mengarahkan hati dengan sang khalik, ketika anda sedang merasa iri hati atau kecemburuan dengan kehidupan orang lain segarkanlah fikiran anda dengan cara berdoa kepada tuhan. Supaya anda pun senantiasa dijauhkan dari perasaan iri atau dengki yang sesungguhnya sangat merugikan diri anda sendiri.

11. Menerima kelebihan dan kekurangan 

Ketika kita sulit menerima kelebihan yang dimiliki orang lain secara tidak sadar perasaan iri dan juga dengki akan tersebut muncul. Oleh karena itu, belajarlah menerima kelebihan orang lain dan juga mengakui kekurangan diri sendiri. Hal ini akan jauh lebih baik supaya bisa membuat hati kita tetap bersih dan juga terjaga dari perasaan iri hati yang terkadang selalu datang menghampiri.


Nah itulah 11 trik mengatasi iri hati yang bisa kamu coba.
Terima kasih sudah membaca p[otingan ini.
Selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "11 Trik Mengatasi Rasa Iri Berlebihan"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel