13 Cara Memanjangkan Rambut Secara Cepat dan Alami

www.ujwar.com - 13 Cara Memanjangkan Rambut Secara Cepat dan Alami

13 Cara Memanjangkan Rambut Secara Cepat dan Alami

Mempunyai rambut yang panjang merupakan salah satu dambaan tersendiri untuk kaum wanita. Hal tersebut ternyata juga berkaitan dengan standar kecantikan masa kini, yang menyebut bahwa wanita dengan rambut panjang merupakan wanita cantik. Lalu, bagaimana cara memanjangkan rambut yang tepat?

Tak heran kalau stigma ini membuat banyak wanita melakukan berbagai cara untuk bisa memanjangkan rambut. Mulai dari memasang hair extension sampai menjajal banyak cara-cara alami.

Berikut beberapa cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami yang bisa kamu lakukan, yuk simak:

1. Rajin Melakukan Trimming

idntimes.com

Cara memanjangkan rambut secara alami yang pertama yakni dengan trimming atau memotong ujung rambut. Cara tersebut merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan apabila kamu  ingin memanjangkan rambut secara alami. Trimming bermanfaat  menstimulasi pertumbuhan rambut. Selain itu, trimming juga akan membuat rambut menjadi lebih halus dan bervolume.

Baca juga: 9 Cara Alami untuk Mengatasi Rambut Rontok

2. Gunakan Minyak Alami

fimela.com

Cara memanjangkan rambut secara alami selanjutnya yakni dengan menggunakan minyak esensial. Di dalam minyak esensial mengandung beragam vitamin dan mineral yang menutrisi kulit kepala dan rambut. Kondisi kulit kepala yang sehat pastinya akan mempercepat proses pertumbuhan sel rambut baru yang lebih kuat dan sehat.

3. Menggunakan Vitamin Rambut

Tips dan Trik - Abatasa

Cara cepat memanjangkan rambut berikutnya yakni dengan vitamin. Vitamin rambut tersebut dibuat khusus untuk menutrisi akar sampai ujung rambut. Kamu akan mudah menemukan Vitamin Rambut karena sekarang sudah banyak bertebaran jenis-jenis vitamin rambut sesuai dengan kegunaannya.

4. Pakai Conditioner

vemine.com

Ketika kamu keramas usahakan untuk selalu mengoleskan conditioner Sesudahnya. Conditioner bermanfaat untuk mengunci kelembapan sel rambut juga menutrisi rambut secara optimal. Selain itu, conditioner juga bermanfaat menjaga kutikula rambut tetap sehat.

Kamu bisa menggunakan condisioner minimal satu kali dalam seminggu untuk mengganti lipid dan protein yang berangsur menurun dari dalam batang rambutmu. Condisioner hanya digunakan pada ujung rambut, jangan menggunakan kondisioner pada kulit kepala karena hal tersebut dapat menyebabkan rambut mudah rontok.

5. Kurangi Keramas Setiap Hari

cosmogirl.com

Ternyata keramas rambut setiap hari tidak dianjurkan. Bahan-bahan dalam sampo mengupas rambut dari minyak alami yang bisa memperlambat pertumbuhan rambut. Apabila minyak alami tersebut hilang, maka rambut akan menjadi kering dan tidak tumbuh dengan baik.

Untuk membantu pertumbuhan rambut supaya cepat panjang, keramaslah setidaknya 2 sampai 3 hari sekali. Setelah keramas bilaslah rambut menggunkan air dingin, karena air dingin mampu melembutkan kutikula rambut dan mencegah kekeringan juga kerusakan rambut yang kerap terjadi karena menggunakan alat pemanas rambut.

6. Hindari Stres

Suara.com

Stres dipercaya dapat mengganggu siklus pertumbuhan alami rambut. Semakin kamu stres maka semakin lambat laju pertumbuhan rambut. Cara efektif untuk menurunkan tingkat stres yakni dengan meditasi, memperbanyak waktu tidur, dan pernapasan dalam.

7. Sisir Rambut Ketika Basah

ohayo.co.id

Sisir merupakan salah satu alat yang dapat dipakai untuk memanjangkan rambut dengan cepat. Kamu perlu menyisirnya ketika rambutmu basah, sisirlah rambutmu menggunakan sisir bergigi jarang. Karena sisir yang bergigi jarang jauh lebih lembut dibanding sisir bergigi rapat.

Baca juga: 7 Model Rambut Cewek Ini Bikin Penampilanmu Tambah Kece

8. Kurangi Paparan Bahan Kimia

pamperpop

Walaupun beberapa produk rambut mengandung bahan yang dapat mendukung pertumbuhan  rambut, sebisa mungkin kamu perlu mengurangi pemakaian produk-produk penataan rambut seperti gel, volumizer, atau serum. Telalu sering menggunakan produk tersebut produk yang akan membuat rambut menggumpal sehingga kamu butuh shampo lagi untuk membersihkannya. Gumpalan bahan-bahan penataan rambut juga akan menambah kotor rambutmu.

9. Minyak Kelapa

anugerahjayabersama.co.id

Cara memanjangkan rambut secara alami lain yang bisa kamu coba yakni dengan menggunakan minyak kelapa. Oleskan minyak kelapa pada kulit kepala dan rambut, selanjutnya bungkus kepala dengan penutup kepala, kemudian keramas pada keesokan harinya.

Tidak hanya itu, minyak kelapa mempunyai struktur asam lemak yang bisa dengan mudah meresap ke batang rambut, sehingga bisa memperbaiki rambut yang rusak dan mudah patah.

10. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Hairdryer

LINE to day

Walaupun penggunaan hairdryer sangat efisien, tetapi jika rambut kamu terlalu sering terpapar udara panas dari hairdryer, rambut akan mudah rontok, kering juga patah-patah. Supaya hal tersebut tidak terjadi, keringkanlah rambut secara alami saja. Cukup dengan diangin-anginkan atau menggunakan kipas angin.

11. Perhatikan Asupan Nutrisi

sukaLIVE

Memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh merupakan salah satu cara memanjangkan rambut secara alami. Konsumsilah makanan-makanan yang banyak mengandung vitamin A dan vitamin B yang bisa kamu dapatkan dari kacang-kacangan dan sayur-sayuran untuk merangsang pertumbuhan rambut langsung dari akarnya.

Baca juga: Tips Memilih Gaya dan Warna Rambut Bagi Pria

Salah satu sayuran yang baik yaitu bayam. Bayam mengandung folat, vitamin A, vitamin C, zat besi, dan beta-karoten. Bahkan daging ayam tanpa lemak juga bisa lho menjadi sumber protein untuk rambut kamu. Selain ayam dan bayam, kamu juga bisa mengonsumsi ikan salmon karena kandungan asam lemak omega-3 nya membuat rambut lebih sehat dan berkilau.

12. Putih Telur

Nikita.ID

Cara memanjangkan rambut alami selanjutnya dapat yakni dengan menggunakan putih telur. Di dalam putih telur mengandung nutrisi untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Caranya, ambil tiga butir telur selanjutnya ambil bagian putihnya saja, lalu tambahkan satu sendok minyak zaitun. Kocok keduanya sampai merata. Kemudian, oleskan campuran kedua bahan tersebut  ke rambut dan kulit kepala sambil dilakukan pijatan lembut. Diamkan sekitar 5 - 10 menit, selanjutnya bilas hingga bersih.

13. Kurangi Aktivitas Berenang

Halodoc

Kandungan kaporit pada kolam renang bisa memicu kerusakan pada rambut sehingga rambut tumbuh dengan lamban. Jika kamu hobi berenang, disarankan untuk memakai pelindung rambut ketika berenang dan sesegera mungkin membersihkan rambut dengan shampo dan condisioner.

Nah, itulah 13 cara memanjangkan rambut secara cepat dan alami yang bisa kamu praktikan di rumah. Memiliki rambut panjang tentu diinginkan oleh banyak kaun wanita, tetapi yang paling penting adalah rambut panjang yang sehat. Apabila beberapa cara cepat memanjangkan rambut di atas sudah kamu coba dan belum terlihat hasilnya, mungkin kamu bisa berkonsultasi langsung dengan ahli rambut.

Terima kasih sudah membaca postingan ini.
Semoga bermanfaat.
Selamat mencoba!

1 Komentar untuk "13 Cara Memanjangkan Rambut Secara Cepat dan Alami"

  1. Rambut saya juga panjang, gak pakai tips aneh2, hanya gak dipotong aja jadi panjang hahahaha

    Sebelumnya sering di trim dikit2 sih biar yang pecah yang nular, tapi pakai conditioner Oriflame saya cocok banget jadinya rambut gak rusak lagi.

    Yang nomer 7 kayaknya malah sebaiknya jangan dilakukan deh, biar gak rontok :D

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel