4 Cara Mudah Melatih Vocal Suara Bagi Pemula

www.ujwar.com - 4 Cara Mudah Melatih Vocal Suara Bagi Pemula 

4 Cara Mudah Melatih Vocal Suara Bagi Pemula

Bagi sahabat semua yang ingin memiliki suara vocal yang bagus, maka harus banyak berlatih dengan menerapkan beberapa tips mengenai cara melatih vocal yang biasa dilakukan sebelum bernyanyi. Fungsi melakukan warming up atau pemanasan sebelum bernyanyi hampir sama ketika kita akan melakukan aktivitas olahraga. Supaya nantinya pada saat bernyanyi pita suara, mulut, lidah, tenggorokan dan yang lainnya tidak kaget. Oleh karena itu diperlukan latihan ringan terlebih dahulu. Berikut ini adalah tips atau cara mudah melatih vocal suara bagi pemula :  
1. Hamming

Cara mudah yang pertama untuk melatih vocal suara adalah dengan melakukan hamming. Hamming dilakukan dengan cara menutup mulut rapat dan lakukan dengungan sembari mengeluarkan bunyi nada dari mulai nada yang paling rendah, kemudian naikkan menjadi setengah nada, dan sampai mencapai nada yang paling tinggi. Sekurang-kurangnya lakukan cara perulangan ini sebnayak 2x. apabila tidak mampu untuk mencapai nada paling tinggi pada saat hamming, tidak boleh dipaksakan. Karena kamu akan tidak nyaman. Kamu cukup mengeluarkan dengungan nada yang mampu dicapai saja. Dengan melakukan hal ini, tenggorokan dan rongga hidung akan lebih terbuka, sehingga seluruh organ sekitar tenggorokan menjadi lebih siap ketika kita bernyanyi. 
2. Melafalkan Huruf Vokal

Tips yang kedua, setelah melakukan hamming, adalah dengan membuka mulut lebar-lebar kemudian mengucapkan huruf-huruf vokal seperti A, I, U, E, dan O. boleh diiringin dengan alat music, mislanya piano, ataupun tanpa alat musik. Supaya bibir, rongga, mulut dan rahang menjadi lebih luwes dan terbuka, lakukan cara ini sembari menggunakan nada. Meskipun kamu masih baru / pemula tetapi cara pemanasan atau vokalisi ini cukup tergolong mudah dilakukan, dan tidak memerlukan waktu yang lama. sebagai pemanasan awal, cukup lakukan beberapa menit saja.

Apabila nantinya sudah terbiasa, maka lakukan peningkatan tangga nada dari mulai yang terendah hingga yang paling tinggi. Latihan ini baik dilakukan secara rutin dan dapat dilakukan dengan solmisasi atau solfegio.
3. Latihan Pernafasan

Menjadi seorang penyanyi, bukan hanya sekedar mengeluarkan suara yang bagus saja, akan tetapi bagaimana cara mengatur nafas yang baik supaya suara yang nantinya terdengar lebih merdu dan stabil. Maka dari itu, latihan pernafasan adalah hal yang tidak boleh dilewatkan ketika latihan suara vocal. Terdapat beberapa teknik pernafasan yang bisa  kamu lakukan, tetapi teknik pernafasan perut adalah salah satu teknik pernafasan yang baik dalam olah vokal. 

Nah, untuk melakukan teknik pernafasan diatas ikutilah carai di bawah ini :

Terlebih dahulu bedakan antara teknik pernafasan perut dengan pernafasan dada, untuk mengetahuinya caranya cukup mudah. Ketika perut terasa lebih kembung pada saat melakukan latihan, itu berarti kamu melakukan teknik pernafasan perut.
Tarik nafas sedalam-dalamnya lalu tahan selama 10 detik, dan biarkan perut mengembung.
Tahan nafas pada perut selama 10 detik, sampai perut akan terasa lebih keras.
Keluarkan nafas lewat mulut dalam hitungan 10 detik.
Lakukan cara ini secara rutin dan setiap hari tambahn durasi hitungan yang tadinya dari 10 detik menjadi 15 detik.
4. Mulai Dengan Lagu Bernada Rendah

Setelah selelsai menjalankan tips diatas, sebelum mulai menyanyi sebaiknya kita memilih lagu dengan nada rendah terlebih dahulu. Setelah selesai dengan nada rendah, kamu bisa mencoba untuk menaikan setengah nada, hingga yang terakhir sampai nada paling tinggi. Suapay pita suara tidak rusak, tidak boleh langsung mengambil lagu dengan nada yang tinggi apalagi memilih lagu yang mengharuskan untuk menggunakan suara melengking. Tidak mau, kan jika pita suaranya rusak? 

Nah, itulah tips atau cara mudah melatih vocal suara bagi pemula. Semoga bermanfaat yaa

Selamat mencoba!

1 Komentar untuk "4 Cara Mudah Melatih Vocal Suara Bagi Pemula "

  1. wah suara saya jelek gan, besar suara saya hahaaha :D
    kadang bikin nggak pede juga kalau ngobrol sama cewek :D

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel