9 Cara Mudah Hilangkan Kebiasaan Mendengkur Saat Tidur

www.ujwar.com - 9 Cara Mudah Hilangkan Kebiasaan Mendengkur Saat Tidur

9 Cara Mudah Hilangkan Kebiasaan Mendengkur saat Tidur
klikdokter

Mendengkur dapat terjadi disebabkan terhalangnya aliran udara yang masuk ke paru-paru. Penghalang ini bisa berada jauh di kerongkongan dan rongga hidung atau di dalam mulut. Ketika penghalang masih ada, aliran udara akan menyempit maka terjadilah dengkuran.

Biasanya pada mereka yang mengalami masalah pernafasan seperti flu, polip atau masalah sejenis amandel, mendengkur juga kerap terjadi.  Hal ini diakibatkan karena hidung yang tidak bisa digunakan untuk bernafas, memaksa tubuh untuk mengambil dan mengeluarkan udara lewat mulut sehingga terkadang suara dengkuran tidak bisa dielakkan. Sedangkan masalah mendengkur pada manula, umumnya terjadi karena ovula atau anak lidah sudah melemah dan otot atap mulut sudah mulai mengendur karena pertambahan usia.

Untuk kamu yang mendekur mungkin hal tersebut tidak menjadi masalah sama sekali, tapi berbeda dengan patner atau pasanganmu. Pasanganmu akan merasa sangat terganggu ketika tidur. Lalu,  bagaimana cara mengatasi mendengkur agar kamu dan pasangan sama-sama nyaman ?

Berikut beberapa cara mengatasi kebiasaan mendengkur, yuk simak: 

1. Tidur Miring

Mozaik - inilah.com

mendengkur bisa terjadi karena saluran udara yang terhambat, maka dari itu dengan tidur miring otomatis dapat membuat aliran udara kedalam tubuh menjadi lebih lebar dan penghalang tidak akan menghalangi lagi karena posisi tubuh yang sudah berubah.

Pada saat kamu tidur miring, hal yang perlu diperhatikan yakni posisinya. Disarankan agar miring ke kanan, bukannya miring ke kiri. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah daerah kiri yang berisi jantung untuk menahan beban tubuh.

Untuk mempertahankan posisi tidur miring, kamu bisa mensiasatinya dengan menaruh bantal di belakang badan. Sedangkan untuk mencegah posisi berubah menjadi tengkurap, kamu dapat menambah guling di bagian depan agar posisi tidur tidak sampai tengkurap.


2. Minyak Peppermint dan Goldenseal

Lucky vitamin

Gondenseal yakni merupakan suplemen yang melegakan pernafasan, suplemen tersebut memang lumayan sulit untuk didapatkan karena memang belum umum di Indonesia. Untuk bisa mendapatkan goldenseal, bisa bisa membelinya di retail-retail toko obat besar.

Custom essenseal oil

Sedangkan untuk minyak pepermint, kamu bisa dengan mudah mendapatkanya bahkan sudah banyak di online shop. Manfaat minyak ini hampir serupa dengan goldenseal cuma saja minyak pepermint memiliki manfaat lain yakni bisa membantu menyembuhkan sakit tenggorokan.

3. Fenugrek

Belle Bar

Fenugrek merupakan tanaman serbaguna, yang dapat digunakan sebagai bumbu masakan juga bisa digunakan sebagai obat. Fenugrek dapat berkhasiat untuk menghentikan kebiasaan mendengkur, pernyataan tersebut sudah terbukti bahwa fenugrek benar-benar ampuh untuk menghentikan kebiasaan mendengkur.

4. Vitamin C

Dax Gallery

Vitamin C bisa dimanfaatkan untuk mengobati kebiasaan mendengkur, yang disebabkan adanya penghalang pada hidung, bisa berupa polip maupun sinus. Dengan mengonsumsi vitamin C maka ganguan yang ada pada hidung dan mempengaruhi ovula juga  lapisan halus pada tenggorokan  bergetar yang menyebabkan dengkuran akan hilang.


Vitamin C ini bisa kamu dapatkan dari buah-buahan, kalau kamu tidak suka mengonsumsi obat. Buah jambu, jeruk, dan sayur brokoli terkenal memiliki kandungan vitamin C yang paling tinggi diantara buah dan sayur yang lain sehingga ketiganya sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi sebagai penganti vitamin C dalam bentuk obat.

5. Eucalyptus

manfaat.co.id - manfaat

Minyak eucalyptus mempunyai manfaat yang hampir serupa dengan minyak pepermint. Keduanya sama-sama dapat melegakan pernafasan. Untuk penggunaan minyak eucalyptus, kamu bisa menaruh minyak eucalyptus pada satu baskom berisi air hangat. kemudian taruh wajahmu di atasnya sambil dihirup, upayakan tutupi kepala agar uap eucalyptus tidak hilang begitu saja.

Cara tersebut sangat direkomendasikan terutama sebelum kamu tidur, supaya pernapasan yang sudah terbuka dapat tetap terbuka sekaligus beristirahat agar keadaannya semakin membaik dan kamu tidak perlu melakukan hal tersebut lagi.

6. Turunkan Berat Badan

sipbuletin.com

Keadaan tersebut hanya diaplikasikan ketika kamu memang benar-benar mengalami kenaikan berat badan atau mengalami kelebihan berat badan. Mengapa berat badan bisa mempengaruhi seseorang untuk mendengkur? Yakni karena kondisi leher yang berbeda.

Sesuai dengan penelitian yang telah dilakukan oleh Lung India, seseorang yang mempunyai berat badan berlebih cenderung mengalami tidur mendengkur dari pada mereka yang mempunyai berat badan ideal. Jadi untuk masalah yang satu ini, jelas solusinya kamu harus menurunkan berat badan. Dengan demikian, tidak hanya masalah mendengkur saja yang teratasi, tetapi kamu juga menjadi lebih sehat dan aktif dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

7. Humidifier


forbes

udara yang kering terkadang dapat mengakibatkan tidur mendekur. Oleh karena itu dengan memiliki alat humidifier diharapkan kebiasaan mendengkur akan teratasi, karena membran yang kering disebabkan udara akan kembali ke bentuk awalnya sehingga tidak akan ada getaran membran yang terjadi di dalam kerongkongan.

Untuk kamu yang belum terbiasa menggunakan humidifier, kamu bisa menambahkan minyak essensial yang memiliki aroma favorit sehingga kamu bisa menganggapnya sebagai pengarum ruangan atau sebagai aroma terapi.

8. Hentikan konsumsi alkohol

bisikan.com

Sifat alkohol yang dapat merelakskan tubuh membuat kebiasaan mendengkur menjadi lebih buruk. Hal tersebut dikarenakan tenggorokan dan mulut juga menjadi rileks sehingga dengan mudahnya mendengkur akan terjadi. 

9. Hindari makan larut malam

Tribunnews Bogor

Makan larut malam sebelum tidur bisa menyebakan perut menekan diagfragma dan mengakibatkan diagfragma membuat ritme bernafas yang akhirnya menyebabkan mendengkur, karena ada lapisan mucus yang disebabkan makanan yang tersisa pada rongga mulut.


Nah, itulah 9 cara menngilangkan kebiasaan mendengkur. Cara-cara di atas sangat mudah untuk dipraktekan bukan? Jadi jangan keburu putus asa jika kebiasaan mendengkur tidak kunjung hilang. Terdapat banyak cara yang bisa di coba. 

Terima kasih sudah membaca postingan ini.
Semoga bermanfaat.
Selamat mencoba!!

1 Komentar untuk "9 Cara Mudah Hilangkan Kebiasaan Mendengkur Saat Tidur"

  1. Saya taunya dipanggil perlahan suruh ubah posisi aja pas orangnya dengkur, tapi itu ndak efektif, 3 menit kemudian setelah ubah posisi, berbunyi lagi. :)
    Terimakasih infonyaa..

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel