Hati-Hati! 7 Kebiasaan ini Bikin Kamu Nggak Pernah Bisa Punya Rumah Idaman

www.ujwar.com - Hati-Hati! 7 Kebiasaan ini Bikin Kamu Nggak Pernah Bisa Punya Rumah Idaman

San Yang Tax Consultans

Mempunyai  rumah idaman sudah tentu merupakan impian dari setiap orang.  Tentu kamu juga salah satunya, kan? Rumah idaman yang nantinya akan menjadi tempat untuk menghabiskan waktu bersama dengan orang terkasih. Mungkin kamu juga termasuk seseorang yang sudah bercita-cita untuk dapat memiliki gambaran tentang rumah idamanmu. 

Bagaimana pun besarnya perencanaan untuk dapat memiliki rumah idaman suatu saat nanti, akan sia-sia kalau kamu masih melakukan kebiasaan yang bisa membuatmu gagal untuk mendapatkan rumah idaman tersebut.

Baca juga: Peralatan Rumah Tangga yang Wajib Ada di Rumah Barumu

Berikut beberapa kebiasaan yang bikin kamu nggak pernah bisa punya rumah idaman, yuk simak ulasannya: 

1. Lalai dalam Perencanaan Keuangan dan Tidak Membuat Target 

jasindo.co.id

Kamu sering merasa aman-aman saja saat tahu bahwa uangmu cukup untuk makan sebulan. Sedangkan perencanaan ini bisa kamu pakai untuk menentukan target dan menjaga keuangan agar tidak mengalir begitu saja tanpa budgeting yang jelas.

Perencanaan keuangan mungkin memang terdengar sepele. Tetapi, sampai kapanpun juga perencanaan keuangan merupakan hal pertama yang tidak boleh kita lewatkan. Terlebih lagi kalau kamu mempunyai impian untuk mendapatkan sesuatu seperti rumah idaman.

Kamu bisa memulai dengan membuat target, yaitu target untuk membeli rumah idaman. pastikan waktu untuk bisa mendapatkan rumah idamanmu, misalnya satu atau dua tahun. Dengan menentukan target tersebut, kamu dapat memulai perencanaan dan jangan sampai lalai atau lupa dengan targetmu. Perencanaan tersebut dapat membuatmu lebih bersemangat dalam mencapai impianmu untuk mendapatkan rumah idaman.

2. Terlalu Ikut Tren 

beautynesia

Hidup di zaman yang kini serba cepat dan dikelilingi oleh media sosial dapat memberikan efek kebiasaan buruk untukmu, termasuk gagal dalam membeli rumah idaman. contohnya, ikut-ikut tren traveling yang kerap dilakukan oleh orang lain, nonton konser ke luar negeri, atau membeli barang-barang branded seperti sepatu atau tas yang harganya pantastis. Memang tidak bisa elakan, jika kamu bisa memakai barang-barang bermerek dapat meningkatkan kepercayaan diri. Karena harga yang tinggi dari brand tersebut tentu tidak bisa dibeli oleh sembarang orang.

Baca juga: 10 Cara Beres-beres Rumah Ala Orang Jepang, Pasti Bersih!

3. Kebiasaan Berhutang (Gali Lubang Tutup Lubang)

Dream

Supaya kamu bisa memiliki rumah idamanmu suatu saat nanti, kamu harus mulai mengurangi kebiasaan untuk berhutang. Pada awalnya, kamu berhutang mungkin karena kepepet atau terpaksa dengan keadaan. Namun lama-kelamaan hal ini bisa menghancurkan karena kamu mulai menggampangkan keadaan.

Terlebih lagi kamu juga sudah terbiasa untuk memenuhi standar hidupmu yang kama kelamaan makin tinggi. Kamu mulai merasa mudah mencari hutang dan akan membayarnya nanti  dengan gajimu. Gaya hidup gali lubang tutup lubang tidak akan pernah habis dan membuatmu gagal meraih impian untuk mendapatkan rumah idaman. 

Mulailah untuk kurangi hal ini, dan pikirkan bagaimana indahnya masa depanmu dengan rumah idaman, dengan dekorasi taman yang stylish tanpa adanya hutang yang menghantui dan akhirnya bisa mendapatkan rumah idamanmu.

4. Berbelanja Menggunakan Credit Card

kreditGoGo.com

Pada saat seseorang mempunyai kartu kredit, memang kita akan berpikir kalau hidup ini seperti ada dalam genggaman kita. Kartu kredit bisa saja ‘menggodamu’ untuk bisa membeli apapun meski sekarang kamu tidak memiliki uang sekalipun.

Baca juga: Trik Menjaga Kebersihan Rumah Agar Tetap Nyaman

Kamu akan dengan mudah tergoda bahkan untuk membeli barang yang bukan kebutuhan primermu. Apabila kamu sudah memiliki pemikiran seperti itu, target membangun rumah idamanmu sendiri tentunya hanya akan berakhir menjadi mimpi saja. Mulailah disiplin terhadap pemakaian kartu kredit, jangan sampai mengulangi kebiasaan sama yang justru membuatmu malah menimbun banyak hutang dalam jumlah besar dan gagal meraih mimpi mendapatkan rumah idaman.

5. Terlalu Bekerja Keras hingga Lupa Kesehatan, Uang yang Dikumpulkan untuk Beli Rumah Idaman Justru Dihabiskan untuk Berobat

Hipwee

Untuk bisa menjadi sukses dan mendapatkan apa yang kita impikan memang diperlukan suatu kerja keras lebih. Namun itu bukan berarti kamu harus lembur setiap hari hingga kamu lupa makan karena terlalu fokus dengan pekerjaan. Tetapi ada satu hal yang kamu lupakan, yakni menjaga kesehatanmu sendiri demi pekerjaan. Tubuh punya limit yang tidak boleh dilanggar. 

Pada saat tubuhmu sudah tidak bisa menerima apa yang kamu lakukan, uang yang kamu dapatkan dengan susah payah untuk membangun sebuah rumah idaman justru kamu alihkan dan habis untuk biaya pengobatanmu.

6. Kebiasaan Hangout 

IDN Times

“Kan pengin meet up bareng teman.”

Mungkin alasan seperti ini sering  akan kita lontarkan pada saat ada orang lain yang mengingatkan tentang ‘bahaya laten’ dari hangout misalnya di caf√©. Kebiasaan tersebut mungkin memang tidak akan terasa di awal karena kita bertemu dengn teman dan meghabiskan waktu yang menyenangkan. 

Namun, kamu tidak sadar kalau hal ini akan cukup menguras keuanganmu. Berkumpul bersama dengan teman-teman tentu menyenangkan, tapi kamu juga tetap harus ingat dengan tujuan awal untuk menjadi lebih hemat karena ingin menabung untuk rumah idaman.

Namun bukan berarti kamu tidak boleh bertemu dengan teman, lho. Cobalah untuk membuat alternatif lainnya saat kamu ingin berkumpul dengan mereka. Misalnya berkumpul bergantian di rumah, atau mungkin melakukan hal yang lebih berfaedah lainnya, h sehingga kamu juga bisa mengumpulkan budget untuk mendapatkan rumah idamanmu. 

7. Sering Overbudget ketika Belanja di Supermarket

oneyesoneno

Biasanya hal tersebut berawal dari jalan-jalan iseng ke supermarket / mall. Yang ujung-ujungnya kamu malah tergoda untuk membeli barang yang bahkan tidak kamu butuhkan. Kebiasaan tersebut tentu akan membuatmu susah untuk menabung dan mendapatkan rumah idaman. 

Walaupun awalnya hanya berniat ‘lihat-lihat doang’, waktu bertemu dengan barang yang menarik, kamu lupa diri  dan tidak tahan untuk membelinya. Daripada terjadi hal yang seperti ini, akan lebih baik uang tersebut dipakai untuk menabung demi rumah idaman.

Baca juga: Inilah 10 Jenis Pekerjaan yang Bisa Dilakukan di Rumah


Nah, itulah 7 kebiasaan yang bikin kamu nggak pernah bisa puynya rumah idaman. Kebiasaan-kebiasaan tersebut memang dengan atau tanpa disadari kerap terjadi dalam kehidupan sehari-hari. 
Terima kasih sudah membaca postingan ini.
Semoga bermanfaat. 

1 Komentar untuk "Hati-Hati! 7 Kebiasaan ini Bikin Kamu Nggak Pernah Bisa Punya Rumah Idaman"

  1. aduhhh gue kesentil banget dech dng artikel ini, saya seolah - olah disadarkan dari pingsan, pingsan karena suka melakukan beberapa hal yang sudah disebutkan diatas.... :)

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel