Tips dan Cara Efektif Menahan Emosi di Bulan Ramadhan

www.ujwar.com -  Tips dan Cara Efektif Menahan Emosi di Bulan Ramadhan

Tips dan Cara Efektif Menahan Emosi di Bulan Ramadhan

Merupakan rukun Islam yang ke tiga, yaitu ibadah yang diwajib dalam agama Islam setelah mengucapkan kalimat syahadat “ashadu anla ilaa ha illa llah wa ashadu anna  muhammadan rosulullah” dan sholat. Ya puasa, sebagaimana kewajiban dari ibadah puasa ini terdapat dalam  Al-quran Surat al-Baqarah ayat 183-185.  

Ibadah puasa yaitu ibadah yang dilakukan umat islam dengan cara menahan diri dari makan dan minum, mulai dari terbit fajar dan terbenam matahari, dan melakukan ibadah-ibadah yang lainnya. Atau ibadah yang diawali dengan sahur dan diakhiri dengan berbuka puasa. Tidak hanya soal menahan lapar dan haus, tetapi menahan diri yang dimaksud di sini juga menahan emosi, hawa nafsu, dan perbuatan-perbuatan yang dilarang lainnya. 


Yang paling sulit diterapkan, diantara beberapa hal-hal yang harus dilakukan saat berpuasa, yaitu bagaimana kita dapat menahan hawa nafsu dan emosi dalam diri kita. Tanpa kita sadari, ketika melakukan ibadah puasa tanpa terasa emosi kita terpancing dan terbawa emosi karena disebabkan oleh satu dan lain hal, misalnya interaksi dan candaan yang berakhir pada rasa emosi bahkan sampai terjadi pertengkaran, ataupun ghibah/ mengumpat alias membicarakan bahkan menggosip keburukan orang lain. 

Meskipun secara langsung tidak membatalkan puasa, seperti halnya makan dan minum, namun hawa nafsu dan amarah yang tidak terkontrol selama melakukan ibadah puasa tetap saja dapat mengurangi nilai dan pahala kita dalam ibadah puasa.


1. Tidak Banyak Bicara

Tips dan Cara Efektif Menahan Emosi di Bulan Ramadhan
deddyhp.wordpress.com

Tips yang pertama supaya emosi kita dapat ditahan ketika berpuasa adalah tidak banyak bicara. Memang, menyelesaikan maslaah haruslah dengan berbicara, tetapi berbicara di sini haruslah dengan kepala dingin dan hati yang tenang. Bukannya masalah selesai, malah ketika kita menyelesaikannya sambil emosi akan menjadi lebih panas dan memburuk. Maka dari itu ketika emosi kita sedang tersulut, sebaiknya tidak banyak berbicara dulu dan berbicaranya ditunda dulu sampai menemukan waktu yang tepat untuk bicara supaya hasil pembicaraan bisa menghasilkan solusi yang positif. 

2. Mengambil Air Wudhu

Tips dan Cara Efektif Menahan Emosi di Bulan Ramadhan
gedubar.com

Ketika kita ingin meredam emosi yang sedang terjadi pada diri kita, bisa dengan berwudhu. Karena berwudhu bisa menjadi penenang bagi orang yang sedang emosi dan marah yang meledak-ledak. Hal ini sesungguhnya adalah berasal dari bisikan dan godaan setan, dimana kita tahu sendiri bahwa setan itu terbuatnya dari api. Maka untuk memadamkan api tersebut bisa diatasi dengan membasuhkan air, seperti  wudhu.


3. Menarik Napas Dalam-Dalam

Tips dan Cara Efektif Menahan Emosi di Bulan Ramadhan
malangtoday.net

Ketika diri kita sedang dikuasai oleh emosi, untuk meredakannya kita bisa dengan menarik nafas dalam-dalam. Karenda dengan mengisi paru-paru dengan oksigen ketika diri sedang di kuasai oleh emosi sudah terbukti sangat ampuh. Maka dari itu, ketika kita emosi, tariklah napas dalam-dalam lalu buang perlahan supaya hati dan pikiran kita lega.

4. Cukupkan Istirahat

Tips dan Cara Efektif Menahan Emosi di Bulan Ramadhan

Kurangnya istirahat adalah salah satu pemicu emosi selain dari interaksi yang kurang baik dengan orang lain. Misalnya istirahat tidak terpenuhi seperti kurang tidur dan terlalu lelah. Maka dari itu supaya puasa kita tidak dipenuhi dengan perasaan emosi dan amarah sebaiknya kita cukupkanlah waktu istirahat.


5. Memperbanyak Dzikir

Tips dan Cara Efektif Menahan Emosi di Bulan Ramadhan
islamidia.com

Dzikir juga merupakan solusi yang sangat ampuh untuk meredakan emosi, karena dari beberapa manfaat berdzikir salah satunya adalah untuk selalu mengingat Allah. Dengan begitu hati kita akan menjadi jauh lebih lembut dan tenang.

Hal ini juga sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang dilakukan oleh psikolog dengan mewawancarai beberapa kelompok pengamal dzikrullah. Dan mereka telah mendapatkan hasil bahwa dengan berdzikir dapat memunculkan perasaan tenang dan benar-benar bisa merasakan sebuah kehidupan yang lebih tenteram. Hal ini juga bermakna dengan yang dirasakan oleh pengamalnya.

6. Mengalihkan Perhatian / Mencari Kesibukan

No Images

Daripada diri kita emosi, lebih baik kita mencari kesibukan lain yang tentunya positif. Dengan begitu, perhatian kita sedikitnya akan teralihkan dan amarah kita juga akan terlupakan. Ya meskipun waktunya tidak lama, tetapi dengan melakukan cara ini emosi dan amarah kita akan menguap dan biasanya bisa berpikiran lebih jernih setelahnya.  


7. Merubah Posisi Tubuh

No Images

Ternyata hal ini belum banyakl diketahui orang lho! Bahwa posisi tubuh kita juga sangat mempengaruhi kondisi emosi kita, oleh karena itu ketika emosi kita sulit dikendalikan, usahakanlah untuk mengambil posisi lebih rendah. Seperti kita sedang marah dalam posisi sedang berdiri maka cobalah untuk duduk, dan jika kita marah dalam posisi duduk maka cobalah untuk  berbaring. 

8. Membaca Al-Qur’an

Tips dan Cara Efektif Menahan Emosi di Bulan Ramadhan
majalahouch.com

Selain sebagai sumber ilmu dan pedoman hodup bagi umat muslim diseluruh dunia, ternyata al-quran juga merupakan salah satu solusi atau obat untuk meredakan beberapa penyakit hati misalnya marah, dengki, iri dan yang lainnya. Maka dari itu , lebih baik kita membaca al-quran daripada menuruti emosi. Apalagi membaca al-quran pada saat puasa, bisa menambahkan jumlah pahala kita.

Nah, itulah tips atau cara yang efektif untuk menahan emosi ketika sedang berpuasa. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

2 Komentar untuk "Tips dan Cara Efektif Menahan Emosi di Bulan Ramadhan"

  1. Makasi ya sudah diingatkan banyak sekali yang harus saya koreksi di bulan ramadhan ini trmasuk ibadah dan tingkah laku

    BalasHapus
  2. Iya lsaat emosi ebih baik kita berdzikir mengingat Allah, dan juga berwudhu membaca Al-Quran bisa mendapat pahala.
    Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan kak UjwarUjwar semoga puasanya lancar sampai akhir..

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel