Tips dan Trik Membangun Merek Produk Agar Cepat Dikenal

www.ujwar.com – Tips dan Trik Membangun Merek Produk Agar Cepat Dikenal

Tips dan Trik Membangun Merek Produk Agar Cepat Dikenal

Ketika kita akan menjalankan sebuah bisnis, dan kita ingin menjadikan bisnis itu lebih bernilai, maka kita sangat membutuhkan strategi yang banyak, dan trik-trik khusus untuk membangun merek produk untuk bisnis yang akan/ sedang dijalankan. Nah, berikut adalah tips dan trik membangun merek produk supaya cepat dikenal :


1. Memastikan Target Pemasaran

Sebelum kita menentukan merek untuk bisnis, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui target pasar. Untuk itu sebaiknya kita langsung terjun ke lapangan untuk melakukan riset, supaya kita bisa menentukan kepada siapa saja produk produksi bisnis harus dijual. Tentu hal ini akan berdampak juga pada proses pemasaran/ marketing dan penentuan harga terhadap produk bisnis yang akan kita jual.

2. Keunikan Produk yang Dijual

Trik yang kedua, setelah kita berhasil menentukan target pasar untuk menjual produk bisnis kita, adalah mengetahui apa saja keunngulan atau keunikan yang dimiliki oleh produk yang akan kita jual. Oleh karena itu, supaya produk kita bisa menjadi unik kita harus memperhatikan dari segi warna produk, desain produk, dan motif serta bahan yang digunakan. Tentu dengan bentuk dan kemasan atau isi produk yang unik akan meningkatkan nilai jual produk bisnis kita. 

3. Berikan Label Produk

Tips dan Trik Membangun Merek Produk Agar Cepat Dikenal

Trik yang ketiga supaya merek bisnis kita cepat dikenal oleh masyarakat luas adalah dengan memberikan label pada produk yang akan kita jual di pasaran. Tentunya label produk yang diberikan harus berbeda dengan produk lain yang sama sejenisnya. Hindari plagiat/ copy paste dengan berbagai alasan apapun. Maka dari itu, sebelum kita member label pada produk yang akan kita jual, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu. Mulai dari memperhatikan dari warna produk, desain produk, logo, hingga tampilan toko yang akan digunakan. Intinya hampir sama dengan trik yang kedua, yaitu harus mempunyai keunikan atau keunggulan dari produk yang lain. 


4. Desain Logo yang Menarik

Bukan hanya label saja, tetapi kita juga harus membuat untuk logo produknya. Karena logo produk juga mempunyai fungsi yang sama, yaitu sebagai gambar yang mewakili produk yang akan kita jual. Dengan begitu, konsumen pun akan bisa mengenali merek jenis produk yang akan kita jual karena adanya logo. Supaya logo yang kita buat cepat dikenal, buatlah logo produk yang menarik, mewah, dan pastinya harus unik dan beda dari yang lain. Ketika kita mmebuat logo produk, perhatikan setiap detail dari logonya. Supaya terlihat lebih berkelas, kita juga bisa menggunakan symbol atau tulisan pada logonya.

5. Promosi di Media Sosial

Tips dan Trik Membangun Merek Produk Agar Cepat Dikenal

Pada saat ini, perembangan teknologi sudah semakin pesan. Tidak ada salahnya ketika kita menggunakan media internet khusunya media socialuntuk dijadikan sebagai alat atau media promosi. Dengan adanya sosial media, akan lebih memudahkan bagi kita untuk memperkenalkan produk kepada masyarakan luas yang nantinya akan menjadi konsumen kita. Branding yang paling tepat untuk kita memperkenalkan produk yang akan dijual adalah sosial media. Apalagi jasa influencer saat ini tengah marak juga bisa kita gunakan untuk branding produk kita. 


Seperti halnya KTP yang kita punya, merek bisnis juga perlu kita miliki, karena tanpa merek bisnis mungkin produk yang akan kita jual tidak akan dikenal dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, buatlah merek bisnis yang tepat, supaya masyarakat dan calon pembeli/ konsumen kita bisa tertarik untuk membeli produk yang kita jual. 

Nah, itulah tips dan trik membangun merek produk bisnis agar cepat dikenal oleh masyarakat luas. Semoga artikel yang telah dibuat ini dapat bermanfaat bagi sahabat semua.

Selamat menjalankan bisnis, semoga diberi kelancaran dan kemudahan. Aamiin

3 Komentar untuk "Tips dan Trik Membangun Merek Produk Agar Cepat Dikenal"

  1. Intinya harus gencar mempromosikan produknya ya, mas Ujwar ...

    Baik via sosmed juga rajin nyebarin kartu nama dan brosur.

    Mau ngga mau di tengah persaingan ketat bisnis sekarang ini, pengusaha mandiri harus kreatif dan gencar memasarkan produknya.

    BalasHapus
  2. Trik Membangun Merek Produk Agar Cepat Dikenal, salah satunya yang mudah dilakukan adalah mempromosikan produks tersebut ke jejaring sosial, namun cara ini membutuhkan biaya yang relatif mahal....tapi nggak masalah kan ? yg penting produksnya cepat di kenal oleh konsumen

    BalasHapus
  3. wah ternyata tidak sulit ya gan untuk bangun merk agar bisa terkenal, tapi usaha nya mungkin perlu lebih keras lagi ya, mengingat sekarang persaingannya makin ketat :)

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel