Tips Jitu Supaya Santan Tidak Mudah Basi

www.ujwar.com – Tips Jitu  Supaya Santan Tidak Mudah Basi

Tips Jitu  Supaya Santan Tidak Mudah Basi

Santan adalah cairan putih yang dihasilkan dari buah kelapa. Biayanya santan digunakan untuk memasak menu makanan seperti sayur atau hidangan tertentu. Hidangan yang dibuat akan terasa lebih enak dan girih apabila diberi tambahan santan. Terdapat beberapa jenis dari santan itu sendiri, diantaranya ada santan cair, santan kental, santan instan, dan santan yang lainnya. 

Maka dari itu, santan merupakan bumbu yang termasuk kategori penting untuk masakan. Jadi tidak heran apabila banyak ibu-iby yang membeli atau membuatnya sendiri dalam jumlah yang cukup banyak sebagai stok persediaan.  Akan tetapi, biasanya santan yang disimpan tidak tahan lama alias cepat basi. Walaupun santan yang dibuat tersebut baru disimpan beberapa hari saja.   


Oleh karena itu, supaya santan tidak cepat basi, kita harus mengetahui bagaimana cara menyimpan santan yang baik supaya tidak cepat basi, baik itu santan cair, santan kental, atau santan instan. Apabila santan yang kita beli atau buat bertahan lama, maka ketika kita membutuhkannya kembali, kita tidak perlu repot-repot lagi untuk membelinya atau membuatnya. Dan hal ini akan menghemat pengeluaran kita. Berikut adalah tips jitu menyimpan santan supaya tidak cepat basi :

1. Tambahkan Garam

Pada umumnya, santan merupakan bumbu dapur yang memiliki umur pendek, karena santan paling lama bertahan hanya sampai empat hari, itu pun jika di simpan di dalam frezzer. Alangkah baiknya, jika kita tidak akan langsung mengolah santan yang sudah kita beli atau buat tadi, maka simpan dulu di dalam frezzer. Tetapi sebelum kita menyimpannya, sebaiknya kita menambahkan sedikit garam terlebih dahulu, lalu rebus santan yang sudah diberi garam tersebut sampai santan benar-benar mendidih.  Setelah santan mendidih, angkat kemudian tiriskan. Lalu santan di simpan di dalam wadah yang memiliki tutup. Dengan menggunakan tips ini santan bisa bertahan kurang lebih selama tiga bulan. 


2. Olah dengan Cabai

Selain menggunakan garam, ternyata kita juga bisa memasak santan supaya awet dengan menambahkan satu buah cabai merah.  Caranya hampir sama seperti menggunakan garam, yaitu masak santan sampai mendidih, kemudian angkat dan tunggu hingga santan dingin. Setelah itu, simpan santan ke dalam wadah yang memiliki tutup. Santan yang sudah dingin atau disimpan tersebut jangan diaduk ataupun dikocok, hal ini guna untuk mempertahankan agar santan tidak mudah rusak. 

3. Simpan Menggunakan Plastik atau Wadah yang Tertutup

Tips yang ketiga, apabila santan yang amsih segara akan disimpan terlebih dahulu di dalam kulkas, maka sebaiknya kita menyimpan santan tersebut ke dalam plastic atau ke dalam wadah yang emmiliki tutup. Hal ini bertujuan untuk santan agar tidak mudah rusak.  Tetapi perlu diketahui juga, untuk menghindari menyimpan santan di dalam wadah yang tidak emmiliki kedap udara atau wadah yang terbuat dari kaleng logam. 

4. Simpan Pada Suhu yang Pas

Tips yang keempat adalah santan harus disimpan pada suhu yang pas. Apalagi untuk santan yang berada didalam kemasan. Yang paling penting santan tersebut belum atau tidak melewati tanggal kadaluarsanya. Akan tetapi, apabila santan yang sudah dibuka, kita harus menyimpannya ke dalam kulkas atau frezzer. Karena hal ini akan lebih baik dan santan tersebut masih bisa digunakan sebelum waktu 2 minggu. Supaya kualitas santan tetap terjaga, kita harus memastikan bahwa santan disimpan pada wadah yang kedap udara.


5. Simpan di Dalam  Kulkas

Selain santan dalam kemasan, santan yang masih dalam keadaan segar pun atau menu makanan yang sudah dikasih santan juga harus disimpan ke dalam kulkas atau frezzer, supaya menu makanan tersebut tidak mudah basi. Dan apabila makanan yang diberi santan tersebut akan dihidangkan kembali, sebaiknya  untuk menghangatkannya terlebih dahulu supaya rasanya tetap terjaga.

Itulah tips jitu menyimpan santan supaya tidak mudah basi. Semoga artikel ini bermanfaat, terutama bagi ibu-ibu yang suka masak menggunakan santan. Aamiin…

Terima kasih sudah membaca



1 Komentar untuk "Tips Jitu Supaya Santan Tidak Mudah Basi"

  1. Bermanfaat sekali artikel ini jadi tahu caranya biar santan lebih tahan lama nggak cepat basi. Ternyata dikasih garam bisa untuk mengawetkan

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel