Tips Memilih dan Membeli Barang Kebutuhan Ketika Ada Diskon


www.ujwar.com – Tips Memilih dan Membeli Barang Kebutuhan Ketika Ada Diskon


Tips Memilih dan Membeli Barang Kebutuhan Ketika Ada Diskon

Ketika sebuah toko sedang mengadakan diskon besar-besaran, kebanyakan dari kita tidak tertahan dengan godaannya. Karena barang-barang yang akan dijual dengan harga murah tersebut waktunya sangat terbatas sehingga ingin membelinya buru-buru karena takut kehabisan. Makanya tidah heran, apabila momentum seperti ini sering menjadi incaran bagi orang-orang yang suka belanja, tapi tidak ingin mengeluarkan uang yang banyak. Nah, supaya tetap bisa belanja barang sesuai kebutuhan dengan tepat dan tidak tergoda oleh diskon, berikut adalah tips memilih dan membeli kebutuhan ketika ada diskon : 


1. Fokus pada Kebutuhan

Tips yang pertama sebelum kita memutuskan untuk mengunjungi salah satu situs belanja favorit adalah memastikan diri sendiri untuk membeli barang karena butuh, bukan karena ingin. Memang, ketika ada barang yang sedang diskon kita sangat berat untuk tidak membelinya, apalagi kalau diskon ataupun potongan harga yang diberikannya cukup besar, sehingga harga yang ditawarkan sangat-sangat murah. Namun, supaya hal itu tidak terjadi, ingatkanlah diri sendiri untuk tetap fokus belanja pada kebutuhan yang sudah direncanakan dan sebelumnya dianggarkan, bukan barang yang diinginkan. Hal ini guna untuk biaya yang dikeluarkan tidak melebihi budget yang sudah direncanakan/ disediakan

2. Pilih Barang Sesuai Kebutuhan

Pada umumnya, situs-situs belanja yang mengadakan flash sale/ diskon akan memajangkan barang-barang yang akan dijualnya. Maka dari itu, kamu harus menggunakan kesempatan ini untuk sekadar melihat-lihat saja produk yang dibutuhkan untuk dibeli. Tetapi jangan mudah termakan oleh harganya, cobalah membandingkan harganya dengan situs belanja yang lainnya. Jika situs yang kita kunjungi diawal benar-benar memberikan harga yang lebih murah dari harga normal, maka kamu tidka boleh ketinggalan kesempatan yang cantik ini. Kalau perlu pasang pengingat atau alarm atau juga masukan barang tersebut ke keranjang sehingga nantinya tidak perlu lagi mencari. 


3. Bedakan Keinginan dan Kebutuhan

Jika berbicara masalah keinginan, sebagai manusia yang normal pasti banyak sekali keinginan. Risiko yang akan terjadi jika kita tidak bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan yaitu ketika online shopping sedang mengadakan diskon yang besar-besaran, bahkan harganya bisa sangat murah, kita akan gampang tergoda dan ingin membeli semua barang-barang yang sedang diskon itu. Nah, untuk kata kuncinya supaya kita bisa terhindar dari godaan flash sale/ diskon tersebut adalah dengan membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan.

Berpikirlah lebih kritis dan  sebaiknya manfaatkan uang yang dimiliki dari hasil kerja keras dengan membuat daftar barang kebutuhan dan daftar barang yang harus dibeli. Jika perlu, sebelum membeli barang yang diinginkan dan dibutuhkan lakukan analisa dengan membandingkan harga yang diberikan, apakah lebih murah atau hanya turun sedikit. Tidak lupa untuk mengingatkan, pikirkan secara matang sebelum memutuskan untuk membeli.

4. Pilih Opsi Pembayaran Terbaik

Setelah kita fiks menemukan barang yang dibutuhkan melalui flash sale/ diskon, segera untuk membayarnya dan pilih opsi pembayaran yang menurutmu aman, mudah, dan praktis.  Dari mulai COD (Cash On Delivery), i-net banking, kartu kredit, atau juga bisa ke counter (Alfamart, Indomart), pokoknya sesuai dengan kebutuhan. Namun terkadang juga ada promo tambahan bagi yang melakukan transaksi pembayarannya menggunakan kartu kredit. Nah, oleh karena itu, sebelum flash sale dimulai, disarankan untuk segera Apply Kartu Kredit yang terdaftar di situs belanja. 


5. Jangan Tinggal Terlalu Lama

Setelah selesai memilih barang sudah melakukan pembayaran, sebaiknya untuk segera keluar dari situs belanja online. Hal ini guna untuk  menghindari kita dari keinginan untuk membeli barang-barang yang tampak menarik lainnya karena flash sale/ diskon yang ditawarkan cukup besar.

6. Ingat Tabungan

Mungkin di dunia ini banyak sekali orang tidak tahan dengan godaan selama berbelanja barang-barang kebutuhan karena ada diskon yang besar. Tetapi ada tips atau cara untuk menahan godaan tersebut, yaitu dengan mengingat tabungan. Semakin banyak uang yang kita tabung, maka akan semakin banyak pula uang yang  disimpan. Tentu hal ini akan berdampak pada kondisi keuangan yang akan semakin sehat, serta nantinya bisa bermanfaat di masa yang akan datang.  

Nah, itulah tips memilih dan membeli barang kebutuhan ketika ada flash sale/ diskon. Bersikap dewasalah ketika ada barang yang sedang diskon besar-besaran, dan harus pandai-pandailah membedakan antara kebutuhan dan keinginna. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sahabat semua.

Terima kasih sudah membaca


Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih dan Membeli Barang Kebutuhan Ketika Ada Diskon"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel