Tips Memilih Menu Buka Puasa yang Menyehatkan


www.ujwar.com – Tips Memilih Menu Buka Puasa yang Menyehatkan

Tips Memilih Menu Buka Puasa yang Menyehatkan

Pertanda bahwa ibadah puasa kita sudah selesai adalah dengan buka puasa. Pada saat buka puasa, yaitu saat matahari terbenam dan ketika sirine di mesjid mulai dibunyikan, kita dan semua orang yang menjalankan ibadah puasa akan berbondong-bondong menuju meja makan untuk berbuka puasa. Akan tetapi, di balik itu semua, terkadang kita suka melupakan hal yang justru dibutuhkan oleh tubuh, yakni menjaga pola makan yang sehat.

Apalagi sekarang banyak sekali menu untuk berbuka puasa yang dijual dipasaran. Seperti kolak, kue, es cendol, es campur, da lain sebagainya. Ketika kita melihatnya, rasanya pengen semuanya dimakan. Makanya tidak heran, kebanyakan orang yang berpuasa berat badannya bertambah bukan berkurang.

Sangatlah penting untuk kita memilih menu untuk buka puasa yang mengandung gizi seimbang. Karena buka puasa juga berarti kita mengisi kembali cadangan energy bagi tubuh supaya tetap fit. Maka dari itu, berikut adalah tips memilih menu buka puasa yang menyehatakan :


1. Kurma

Tips Memilih Menu Buka Puasa yang Menyehatkan
uprint.id

Kurma adalah salah satu menu untuk buka puasa yang sehat. Kurma merupakan makanan yang memiliki rasa manis yang serbaguna, karena bisa membantu mengatur pencernaan kita supaya tetap lancer. Selain itu, kurma juga dapat menambah energy kepada orang yang mengonsumsinya dalam waktu setengah jam.

Maka dari itu, konsumsilah kurma ketika buka puasa. Karena kurma dapat membantu kita untuk  terhindar dari makan berlebihan, sebab perasaan lapar akan cukup teratasi setelah gizi dari kurma diserap oleh tubuh. Tidak hanya itu, sistem saraf juga akan mendapatkan banyak bantuan ketika kita mengonsumsi kurma, karena potassium yang terdapat pada kurma cukup besar.

Selain potassium, kurma juga kaya akan vitamin, , dan serat. Seperti minyak, kalsium, belerang, zat besi, kalium, fosfor, mangan, tembaga dan magnesium. Semua zat tersebut pastinya yang semuanya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

2. Madu

Tips Memilih Menu Buka Puasa yang Menyehatkan
pemutihwajah.id

Selain kurma, menu manis yang selanjutnya juga bisa member energy pada tubuh lho. Ya, makanan yang dimaksud adalah madu. Selain dapat memberi energy pada tubuh, ternyata madu juga memiliki peranan yang  penting dalam menenangkan sistem saraf tubuh ketika kita berpuasa.


Maka dari itu, setidanya kita harus mengonsumsi sekitar 250 gram madu pada saat berpuasa, karena dapat menenangkan sel otak dan menghindari ketegangan. Bukan hanya itu, madu juga akan membantu melancarkan metabolisme tubuh dan mengatasi gangguan pencernaan.

3. Air Putih

Tips Memilih Menu Buka Puasa yang Menyehatkan
gtaforums.com

Ketika kita sedang berpuasa, tubuh akan mengalami dehidrasi, sehingga bisa menyebabkan kelelahan, kepala akan sakit, serta akan sulit untuk berkonsentrasi.

Sekitar 60-70% tubuh kita terdiri dari air, dan tubuh kita juga membutuhkan air untuk membuat sel baru dari semua jenis. Termasuk sel darah, sel tulang, dan sel kulit. Bukan itu saja, air juga dibutuhkan oleh seluruh organ dan sistem tubuh supaya bisa berfungsi dengan benar dan sehat. Dengan begitu, ketika kita mengonsumsi air cukup, maka tubuh akan terlihat tetap prima.

Selain itu, air juga memberikan nutrisi kepada sistem saraf dan membantu transportasi darah oksigen dan nutrisi penting lainnya ke sel tubuh. Bahkan air juga mampu membuat jantung bekerja pelan ketika memompa darah. Dan air juga membantu mengatur  Metabolisme tubuh, pencernaan, dan pengendalian suhu tubuh. 

Maka dari itu, perbanyaklah minum air putih ketika berbuka dan shur. Karen air sangat berperan oenting untuk menjaga tubuh supaya tetap fit. 

4. Buah-Buahan Segar

Tips Memilih Menu Buka Puasa yang Menyehatkan
aveheart.com

Buah-buahan adalah menu menyehatkan buka puasa yang selanjutnya. Tentu hal ini sangat di anjurkan, karena buah mengandung serat yang banyak, serta mudah dicerna. Selain itu buah juga memiliki kandungan vitamin A yang akan mendukung sistem kekebalan tubuh, dan membantu mendukung penglihatan mata.


Ada juga Vitamin C yang terdapat pada buah-buahan yang akan membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan kesehatan hati. Disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti semangka, jeruk, tomat, pisang, dan lain-lain.

5. Sayur-Sayuran

Tips Memilih Menu Buka Puasa yang Menyehatkan
www.slideshare.net

Sayuran-sayuran merupakan bagian penting dari makanan sehat yang memberikan berbagai sumber nutrisi, seperti  kalium, serat, folat (asam folat) dan vitamin A, E dan C. Nutrisi yang terdapat di dalam sayuran juga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan pemeliharaan tubuh.

Kalium yang terdapat pada sayuran dapat membantu menjaga tekanan darah sehat. Serat yang terdapat pada sayuran dapat membantu mengurangi kadar kolesterol darah pada tubuh, serta dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Folat (asam folat) yang terdapat pada sayuran dapat membantu tubuh untuk membentuk sel darah merah yang sehat. Maka dari itu, jadikanlah sauran sebagai menu untuk buka puasa, karena sayuran mudah untuk dicerna. 


Karena pada saat berpuasa, lambung beristirahat dan ukurannya akan mengcil dan enzim untuk pencernaan pun berkurang, oleh karena itu kita dianjurkan untuk memilih menu buka puasa yang mudah dicerna.

6. Ikan

Tips Memilih Menu Buka Puasa yang Menyehatkan
capito;capacity.com

Menu yang terakhir, yang juga sangat baik untuk disajikan sebagai menu buka puasa adalah ikan. Karena protein dan vitamin yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh terdapat pada ikan. Selain itu, ikan juga mengandung sumber omega-3 asam lemak terbaik di dunia, dan kandungan tersebut sangat penting bagi tubuh dan otak. Maka dari itu, hidangkanlah ikan sebagai pendamping nasi ketika berbuka.

Nah, itulah tips memilih menu untuk buka puasa yang menyehatkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sahabat semua. Aamiin…

Selamat menjalankan ibadah puasa



Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Menu Buka Puasa yang Menyehatkan"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel