Tips Menata Ruang Tamu yang Sempit Menjadi Menarik

www.ujwar.com – Tips Menata Ruang Tamu yang Sempit Menjadi Menarik

Tips Menata Ruang Tamu yang Sempit Menjadi Menarik

Setiap tahunnya kita dibuat rela untuk membeli tanah yang sekian sempit namun harganya semakin mahal dan harus rela juga membangun rumah di tanah yang terbatas tersebut. Supaya bisa menghasilkan ruangan yang lengkap, tipe rumah minimalis pun kita bangun dengan memanfaatkan setiap incinya. 

Tentu, hal itu akan berakibat pada ruangan menjadi terbagi-bagi karena sempit dan terbatasnya lahan tanah. Bahkan ruangan yang menjadi wajah awal pun (ruang tamu) bisa menjadikan tamu yang datang tidak nyaman karena ruangannya yang sempit dan terbatas. 

Akan tetapi jangan khawatir, karena dengan keterbatasan tersebut kita bisa menciptakan ruangan yang member kesan damai, nyamna, harmonis, santai untuk para tamu yang datang, kita hanya perlu menyimak tips menata ruang tamu yang sempit menjadi menarik, berikut ini :  


1. Gunakan Furniture Minimalis

Tips Menata Ruang Tamu yang Sempit Menjadi Menarik
www.pinterest.com

Tips pertama yang bisa kamu lakukan supaya ruangan sempit yang kamu miliki menjadi menarik adalah dengan memilih furniture atau perabotan yang minimalis. Hal ini sangat disarankan jika ruangan yang kamu miliki memnag dalam keadaan yang sempit dan terbatas. Bukan hanya menambah ruangan yang kosong, tetapi cara ini juga membuat sirkulasi udara pada ruangan menjadi lebih lancar. Serta kamu tidak perlu khawatir para tamu yang datang kepenuhan dan tidak ada tempat lagi.

Untuk ruangan tamu yang sempit, furniture yang tepat dipilih adalah yang kecil, simple, dan menarik. Apabila ukuran ruangannya memanjang, maka kita bisa menggunakan model ruang tamu sudut atau sejajar dengan satu sama lainnya. Bila perlu, kita juga bisa menambahkan lampu meja yang minimalis untuk mempercantik ruang tamu.  

2. Memberi Warna yang Tepat

Tips Menata Ruang Tamu yang Sempit Menjadi Menarik
www.rumahminimaliside.com

Tips yang selanjutnya ini merupakan bagian terpenting yang akan memberikan kesan lebih indah pada ruangan sempit yang kita miliki, dan tips yang kedua ini adalah memberikan warna yang tepat dan member kesan luas. Secara psikologis tentu hal ini akan mempengaruhi terhadap para tamu yang datang berkunjung ke rumah. Apabila kita salah memberikan warna maka ruangan yang smepit tersebut malah kelihatan lebih sempit dan bertambah kecil. Bahkan membuat para tamu yang datang merasa tidak nyaman. 


Sangat disarankan ketika akan memberikan warna, pilihlah warna yang netral dan cerah, mislanya warna putih atau krem. Warna netral ini akan memberikan kesan luas dan bersih pada ruangan yang sempit. Dan ingat, hindarilah warna yang gelap, misalnya warna navy, apalagi hitam. Atau supaya lebih indah bisa juga menambahkan wallpaper dinding dengan warna yang netral juga. 

3. Tampil Sesederhana Mungkin

Tips Menata Ruang Tamu yang Sempit Menjadi Menarik
www.pinterest.com

Tips yang ketiga adalah dengan memberikan desain interior yang kecil dan sederhana namun memberikan kesan yang nyaman dan menarik terhadap tamu yang berkunjung ataupun kita sendiri sebagai pemilik rumahnya. 

Setelah memberikan warna yang tepat, seperti warna putih atau krem, langkah selanjutnya adalah padukan dengan sofa yang kecil dan sederhana. Supaya tamu menjadi nyaman kita bisa menambahkan bantal kecil. Kita juga bisa memadukan gaya klasik dan modern, namun tetap harus memperhatikan kesederhanannya. 


4. Manfaatkan Cermin

Tips Menata Ruang Tamu yang Sempit Menjadi Menarik
gambarrumahminimalisterbaru.blogspot.com

Tips yang keempat adalah dengan menambahkan kaca atau cermin pada ruang tamu, karen ahal ini akan memberi kesan ruang tamu menjadi lebih luas dari yang seharusnya. Maka dari itu, pilihlah sebuah kaca atau cermin yang dikhususkan ruangan dengan desain yang minimalis juga. Letakan di salah satu sisi dinding ruang tamu yang tepat.

Salah stau factor yang memberikan kesan indah dan menarik pada sebuah ruangan adalah aksesoris. Akan tetapi ruang tamu yang sempit dan terbatas terkadang membuat kita tidak ingin untuk menambahkannya. Karena apabila dipaksakan bukan menambah bagus namun malah menambah kesan pada ruangannya  lebih sempit dan berantakan.


5. Dekorasi yang  Minimalis

Tips Menata Ruang Tamu yang Sempit Menjadi Menarik
desainrumahid.com

Tips yang kelima atau yang terakhir adalah menambah suasana ruangan menjadi lebih artistik, mislanya dengan menambahkan lukisan pada dinding ruangan. Atau juga, selain dengan menambahkan lukisan yang minimalis kita juga menmabahkan dengan lampu hias mungil yang indah.

Oh iya, untuk lukisan yang akan dipilih nantinya  usahakan harus bertema abstrak atau geometris. Serta untuk lampu hiasnya kita bisa meletakannya di samping sofa sebagai penerang tambahan. Juga tidak lupa untuk menyimpan majalah, karena tidak sedikit tamu  tamu yang datang memilih untuk membaca sembari menunggu. 

Nah, itulah tips menata ruang tamu yang sempit menjadi menarik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sahabat semua. Aamiin…

Selamat mencoba!

2 Komentar untuk "Tips Menata Ruang Tamu yang Sempit Menjadi Menarik"

  1. wah bagus juga nih gan tips nya, cocok banget diterapkan bagi yang pengen desain ruang tamu yang minimalis ya ;)

    BalasHapus
  2. saya kepengen sofa model yang begitu
    minimalis tapi modern gitu

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel