Tips Menjadi Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

www.ujwar.com – Tips Menjadi Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Tips Menjadi Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain

Bagaimana caranya supaya kita bisa bermanfaat bagi orang lain? Sedang biasanya orang-orang pada saat ini lebih cenderung tidak peduli terhadap keadaan sosial di sekitar. Bahkan mereka lebih memilih  untuk peduli dalam membanggakan pola hidup kebebasan dan hedonisme.

Menyadari akan hal itu, maka kita harus memiliki cara atau tips supaya bisa menjadi orang yang bermanfaat. Berikut ada beberapa tips menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain, yang bisa kamu terapkan. Diantaranya :


1. Memiliki Mindset

Langkah pertama ketika kamu ingin menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain adalah dengan memperbanyak belajar mengenai perubahan dan perkembangan yang ada. Dan menunjukan kepedulian terhadap perubahan tersebut.  Kita harus menjadi orang yang terbuka terhadap apa yang ada disekitar, mulai dari masalah politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

Ketika mendapatkan suatu informasi, jangan ditelan mentah-mentah. Berpikirlah secara kritis dan berpikirlah tentang apa yang kamu bisa berikan terhadap masyarakat sekitar.  

2. Gunakan Sosial Media dengan Bijak

Apabila dilihat saat ini, yang menjadi kaum konsumtif di sosial media adalah generasi milenial. Di dalam sosial media mereka cenderung berprilaku alay, lebay, dan tanpa berpikir sebelumnya membagikan konten yang asal-asalan. 

Jika dipelajari lebih dalam, sosial media ternyata bisa juga menjadi pedang bermata dua, namun itu smeua tergantung bagaimana  menggunakannya. Maka dari itu, gunakanlah sosial media dengan bijak dan hindari penyebaran informasi-informasi yang tidak jelas yang tidak sesuai dengan faktanya (hoax).


3. Membantu Orang Lain 

Sudah sangat jelas, ketika kita ingin menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain, maka kita harus membantu orang lain yang sedang membutuhkan bantuan. Apalagi sekarang ini sudah adae fasilitas teknologi yang lengkap, yang bisa membantu orang lain dengan sangat mudah. Salah satunya adalah dengan menggunakan media informasi yang bijak, yang bisa kamu jadikan sebagai alat atau media untuk membantu orang lain. Contohnya membantu keluarga yang kurang mampu, orang yang sakit, siswa/i yang kurang mampu, dan  sekolah-sekolah yang terbelakang.

Zaman yang sudha modern ini, banyak sekali media yang bisa kita jadikan sebagai wadah untuk mengembangkan niat baik. Buktikan, atau tidak sama sekali!

4. Buat Visi yang Realistis

Sebagai anak muda dan ingin bermanfaat bagi orang yang membutuhkan, tentu harus memiliki visi/ tujuan yang ingin dicapai. Ketika akan membuat suatu visi, maka kamu harus SMART. Smart disini bukan hanya pintar, melainkan Spesific, Measureable, Achieveable, Reasonable, dan  Timephased. Nah beberapa elemen tersebutlah yang membuat visimu tidak hanya omong kosong, justru menjadi visi yang jelas dan nyata. Jelas Indonesia membutuhkan generasi yang seperti itu. 

5. Bangun Ide

Pada umumnya, semua manusia yang ada di dunia ini dapat berpikir dan menumbuhkan ide. Ketika kita sudah memiliki visi yang SMART di atas, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menciptakan ide-ide brilian yang nantinya bisa bermanfaat bagi orang lain. Kamu juga bisa mendiskusikan ide itu bersama orang-orang terdekat. Jangan khawatir ide itu akan dicuri, karena ide itu murah, yang mahal itu adalah eksekusinya.


6. Selalu Semangat dan Percaya Diri 

Bagi para remaja generasi milenial, sangat penting untuk memiliki jiwa semangat dalam melakukan hal apapun, selama itu kegiatan poitif dan bermanfaat bagi orang lain. Selalu percayalah terhadap kemampuan diri sendiri, dan jangan mudah putus asa. 

7. Disiplin dan Tidak Pemalas

Memperbaiki diri tidaklah harus sekali jadi, tetapi pelan-pelan namun pasti. Ikuti prosesnya dan mulailah dari skearang untuk menerapkan kedisiplinan pada diri. Kita bisa melakukannya mulai dengan bangun tidur. Usahakan setiap melakukan aktivitas/ kegiatan harus tepat waktu dan tidak boleh setengah – setengah. Ketika kita masih diberi kesempatan, apapun itu kegiatannya, harus kita lakukan dengan sungguh-sungguh.

 8. Bergaul

Dalam bergaul kita harus bisa memilah dan memilih, namun bukan berarti memilih – milih teman. Teman boleh banyak, tetapi kita tetap harus bisa memposisikan diri. Mislanya ketika kita bergaul dengan orang yang suka merokok. Memang merokok itu hak dari mereka, tetapi kita tidak harus juga kan melakukan hal itu. Meskipun hubungan kita adalah teman atau bahkan sahabat. 


9. Intropeksi

Setiap setelah melakukan sesuatu, kita harus melakukan evaluasi. Supaya ketika ada hal yang perlu diperbaiki kita akan memperbaikinya, dan kedepannya menjadi lebih baik. Lakukanlah hal ini selama masih ada waktu, dan perlu diingat bahwa waktu tidak bisa diulang. Jadi kita tidak boleh melakukan kesalahan yang sama. Cobalah untuk meminta kritik dan saran dari orang lain, jangan malu.  Karena belum tentu bagus menurut kita, tetapi menurut orang lain? Karena setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda.

Nah itulah tips menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Dan semoga artikel ini juga bermanfaat bagi sahabat semua

Terima kasih sudah membaca dan selamat mencoba!



Belum ada Komentar untuk "Tips Menjadi Orang yang Bermanfaat Bagi Orang Lain"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel