Tips Menjaga Badan Agar Tetap Bugar Meski Berpuasa

www.ujwar.com – Tips Menjaga Badan Agar Tetap Bugar Meski Berpuasa

Tips Menjaga Badan Agar Tetap Bugar Meski Berpuasa

Kini saatnya seluruh umat muslim di seluruh dunia menjalani ibadah yang wajibkan dilakukan selama satu bulan penuh, yaitu berpuasa.  Ketika kita sedang berpuasa, tubuh akan terasa lemas, yang pastinya karena tidak mengonsumsi makanan dan minuman. Jadi seakan tidak mempunyai energy untuk melakukan segala aktivitas. Bahkan bagi yang tidak terbiasa bisa sampai jatuh sakit. 


Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir. Karena, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan supaya badan tetap fit dan bugar meski dalam keadaan berpuasa. Selain dengan mengonsumsi makanan yang sehat ketika berbuka dan sahur, kita juga bisa melakukan aktivitas olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh. Nah, berikut adalah tips menjaga badan agar tetap bugar meski berpuasa, disimak yuk!

1. Makan Sahur

Tips Menjaga Badan Agar Tetap Bugar Meski Berpuasa
abiummi.com

Sama halnya dengan sarapan, sahur merupakan waktu makan terpenting dalam sehari ketika kita menjalani ibadah puasa. Tentu makan sahur sangat diperlukan dan tidak boleh dilewatkan selama Ramadan. Dengan melewatkan makan sahur sama saja kita berpuasa dengan waktu yang panjang. Selain bisa memberikan energy untuk tuibuh, melakukan sahur juga akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Apabila kita melewatkan makan sahur, maka dampak yang akan kita terima adalah  kecenderungan makan berlebihan pada saat berbuka puasa.

Alangkah baiknya, kita sertakan makanan yang mengandung karbohidrat lengkap sebagai smber energy, dan protein juga sama sebagai sumber energi. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, kita akan merasakan kenyang yang lebih lama, karena karbohidrat akan dicerna oleh tubuh dengan lambat oleh tubuh.


2. Perbanyak Makan Serat

Tips Menjaga Badan Agar Tetap Bugar Meski Berpuasa
www.slideshare.net

Tips yang kedua, supaya tubuh kita tetap fit dan bugar saat berpuasa adalah dengan memperbanyak makan makanan yang mengandung serat. Serat merpakan sumber energi yang penting bagi tubuh. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang mengandung serat yang banyak pada waktu sahur dan berbuka. Makanan yang mengandung serat juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk diserap, sehingga rasa lapar pun akan tertunda. Oh iya, supaya lambung juga tidak bekerja dengan keras ketika mencerna makanan, maka sebaiknya hindari untuk makan  makanan yang pedas dan berminyak.

3. Perbanyak Minum

Tips Menjaga Badan Agar Tetap Bugar Meski Berpuasa
gtaforums.com

Selama menjalankan aktivitas puasa, mungkin tenaga akan lumayan terkuras. Maka dari itu, kita wajib untuk banyak minum air putih ketika sahur dan berbuka. Karena air putih dapat menetralisir bakteri organisme pada luka di lambung. Tidak hanya itu, air putih juga bisa membantu mendorong dan membersihkan sisa makanan pada dinding lambung yang menempel.


4. Istirahat yang Cukup

Tips Menjaga Badan Agar Tetap Bugar Meski Berpuasa
roms79.wordpress.com

Tubuh kita akan bekerja dua kali lebih keras ketika menjalani aktivitas sambil berpuasa, dibandingkan dengan biasanya. Energi yang terkuras selama beraktivitas sambil berpuasa dapat dikembalikan dengan tidur atau istirahat selama 6-8 jam di malam hari. Apabila sempat, kita juga bisa melakukan aktivitas power nap di siang hari selama 10-15 menit. 

5. Konsumsi Multivitamin

Tips Menjaga Badan Agar Tetap Bugar Meski Berpuasa
www.rakuten.com

Makanan yang sehat saja belum cukup untuk menjaga tubuh agar tetap bugar. Oleh karen aitu, kita bisa menambahkan sumber energy dengan mengonsumsi multivitamin sebagai cadangan energi tambahan. Bagi wanita, disarankan untuk memilih multivitamin yang mengandung banyak asam folat dan zat besi, sedangkan bagi pria lebih disraankan untuk memilih multivitamin yang memiliki kandungan vitamin dan mineralnya yang lebih tinggi.


6. Menjaga Pola Makan

Tips Menjaga Badan Agar Tetap Bugar Meski Berpuasa
magazine.job-like.com

Kemungkinan, berat badan kita akan menurun dengan sendirinya setelah menjalani beberapa hari puasa. Tetapi, kita juga perlu tahu bahwa belum tentu penurunan berat badan ini akan terjadis ecara terus menerus. Jadi, supaya berat badan kita tetap stabil dan tubuh tetap sehat dan bugar, maka kita harus tetap menjaga asupan makanan yang masuk supaya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh dan tidak berlebihan.

7. Makan dengan Teratur

Ketika telah tiba waktu berbuka puasa, biasakan untuk makan makanan secara bertahap, supaya sistem pencernaan tidak kaget, apalagi jika kita langsung mengonsumsi makanan berlemak yang cukup besar. Ketika berbuka puasa sebaiknya kita memulai dengan menyantap makanan yang ringan, mislanya buah-buahan, setelah beberapa saat, baru kita bisa menyantap makanan utama tetapi tetap dengan porsi yang tidak berlebihan. 


Untuk mengimbanginya, kita juga bisa menambahkan jenis sayuran hijau pada menu sahur dan pada menu buka puasa, seperti brokoli, kangkung, bayam, buncis, dan sayuran hijau lainnya. Karena sayuran hijau bisa membantu membakar lemak yang ada di dalam tubuh, menambah cairan, serta membuat kita merasa kenyang lebih lama. Jadi, diet dengan puasanya tetap lancar deh!

8. Olahraga

Tips Menjaga Badan Agar Tetap Bugar Meski Berpuasa
moziru.com

Lemas? Memang. Akan tetapi harus dipaksakan. Karena dengan melakukan aktivitas olahraga saat berpuasa mempunyai banyak sekali manfaat. Salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan adalah membantu mengusir bau mulut. Lho, kenapa bisa? Well, karena pada saat tubuh kita bergerak, racun-racun yang terdapat di dalam tubuh akan dikeluarkan melalui keringat. Jadi hal ini ternyata juga akan menetralkan bau mulut pada siang hari yang diakibatkan dari gas negatif yang berlebih. So, pastikan kamu melakukan aktivitas olahraga setidaknya 15-20 menit, menjelang buka puasa.

Nah, itulah tips menjaga tubuh agar tetap bugar, meski berpuasa. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa diterima oleh sahabat semuanya. Aamiin…

Selamat menjalankan ibadah puasa 1440H



Belum ada Komentar untuk "Tips Menjaga Badan Agar Tetap Bugar Meski Berpuasa"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel