Tips Supaya Lebih Nyenyak Ketika Tidur

www.ujwar.com – Tips Supaya Lebih Nyenyak Ketika Tidur

Tips Supaya Lebih Nyenyak Ketika Tidur

Siapa sih orang yang tidak mau tidur dengan nyenyak? Pasti semua orang menginginkan tidur atau waktu istirahatnya dengan nyenyak. Oleh karena itu, supaya tidur kita lebioh nyenyak pada saat tidur, berikut adalah tipsnya :


1. Lakukan Relaksasi

Tips yang pertama yang bisa dilakukan supaya tidur bisa lebih nyenyak adalah dengan relaksasi di malam hari, salah satunya bisa dengan mandi atau berendam menggunakan air hangat. Selain akan membuat badan menjadi rileks, tips ini bermanfaat untuk menurunkan suhu tubuh sehingga kita akan lebih cepat terlelap. Selesai mandi, supaya kulit tetap halus dan lembut bisa diolesi menggunakan pelembap. 

2. Konsumsi Suplemen

Tips yang kedua adalah dengan mengosumsi suplemen magnesium 400 mg, dan dikonsumsi 35-40 menit sebelum tidur. Selain kualitas tidur meningkat, mengonsumsi suplemen magnesium juga akan membuat kita merasa lebih cepat terlelap dan tidur lebih nyenyak. Suplemen ini sangat mudah untuk ditemukan, kita tinggal saja beli ke Apotek.


3. Tidur Tanpa Busana

Tips yang selanjutnya adalh dengan tidur tanpa menggunakan busana. Tidur tanpa busana menurut pakar di Cleveland Sleep Clinic, berguna untuk mengatur suhu tubuh. Supaya lebih nyaman bisa dengan menggunakan selimut, kain sarung, seprai, atau guling. Selain itu, supaya kamu lebih cepat tertidur, usahakan udara di dalam kamar tetap sejuk.

Atau jika ingin menggunakan piama suapay  tubuh lebih terasa nyaman, maka disarankan untuk memilih piama yang berbahan katun yang sedikit longgar. Karena bahan katun akan membuat tubuh kita terasa lebih sejuk dibandingkan dengan menggunakan bahan yang lain.

4. Posisi Seenak Mungkin

Posisi tidur sangatlah mempenaruhi kualitas tidur. Jadi usahakan untuk selalu berubah-ubah posisi tidur. Ketika kita tidur dengan posisi berbaring dan terbangun tengah malam, maka cobalah ubah posisi dengan melakukan petunjuk berikut sampai menjadi terbiasa:

Tidurlah dengan posisi telentang sembari meluruskan kepala dan leher. Karena posisi ini akan membuat mudah untuk tertidur lagi. Jangan tidur dengan posisi tengkurap, karena  posisi tersebut bisa membuat rasa sakit dan nyeri. Namun, apabila ingin seperti itu pun, gunakanlah bantal dibawah perut, bukan sebagai alas kepala.


5. Gunakan Bantal yang Tepat

Yang selanjutnya, supaya tidur kita bisa lebih nyenyak adalah dengan menggunakan bantal yang tepat. Apabila bantal yang dipakai untuk alas kepala terlalu tipis, maka sebaiknya untuk mencondongkan kepala ke belakang, supaya leher terasa nyaman. Dan sebaliknya, jangan menumpuk bantal karena leher akan tidak nyaman. 

Apabila mengingkan tidur dengan posisi menyamping, maka letakan bantal sebagai penyangga pinggul diantara kedua lutut. Dan jika akan tidur dengan posisi terlentang letakan bantal di bawah lipatan lutut.

6. Kurangi Pencahayaan

Cara lain supaya tidur kita lebih nyenyak adalah dengan tidak terlalu banyak terpapar cahaya sebelum tidur. Karena melihat cahaya yang terang sebelum tidur malam bisa mengganggu jam tidur kita. Oleh karena itu, pastikan tidak ada cahaya di dalam kamar sebelum kita tiur. Baik itu cahaya dari jendela, jam LED, komputer, sambungan kabel, maupun perangkat lain yang memiliki lampu, kecuali sinarnya tidak terlalu terang. Selain bisa membantu untuk tertidur lebih nyenyak, tips ini juga membantu kita untuk menghemat listrik.

Atau kita juga bisa menggunakan masker penutup mata jika cahaya membuat kita sulit tertidur. Supaya lebih rileks, disarankan untuk memilih masker penutup mata berbentuk bantal kecil dengan aroma lavender. 


7. Mendengarkan Musik-Musik Tenang

Tips yang ketujuh, supaya tidur kita bisa lebih nyenyak adalah dengan mendengarkan bunyi-bunyian yang menenangkan. Mislanya memutar derau putih untuk mendengarkan berbagai bunyi music yang bisa merilekskan, seperti suara desir ombak, angin, atau aliran air sungai. Dengan mendengarkan music tersebut dapat membantu kita cepat terlelap.

Selain akan membuat kita lebih cepat tertidur, mendengarkan derau putih juka mampu meredam kebisingan yang mengakibatkan kita terbangun pada tengah malam. 

8. Matikan HP atau Laptop

Tips yang terakhir adalah matikan ponsel atau laptop atau heningkan deringnya. Supaya jika ada pesan masuk, panggilan telepon, ataupun notifikasi dari aplikasi tidak mengganggu. 

Nah, itulah tips supaya lebih nyenyak ketika tidur. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

6 Komentar untuk "Tips Supaya Lebih Nyenyak Ketika Tidur"

  1. kalau bbok ngak pakai pakaian saya ngk bisa mas, ngak bisa tidur nyenyak, khwatir jadi santapan Nyamuk.hehehe....

    tpi kalau pilih pilih bantal memang iya.✌😆

    BalasHapus
  2. Saya pun kalau tidur harus matiin lampu, tapi nggak perlu pakai lagu-lagu sih. Soalnya biar kata judulnya lagu pengantar tidur malah bikin tambah nggak bisa tidur :P

    BalasHapus
  3. Kalau saya sendiri sih biasanya bisa tertidur kalau mendengarkan musik yang tenang gitu :D. Thanks infonya

    BalasHapus
  4. Ya tips nomor 6 dan 7 sudah dilakukan dan emang yang mengganggu tuh HP :D

    BalasHapus
  5. agak serem yg tidur tanpa busana. soalnya selain itu menggoda suami stiap hr, aku jg masih tidur sekama ama anak wkwkwkwk..

    kalo aku justru g bisa tidur sambil dgr musik mas. pokoknya kalo mau tidur, aku hrs gelap, dan ga ada suara apapun :D

    BalasHapus
  6. Waini, makasih tipsnya, saya kadang susah tidur kalo malam.

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel