Trik Membuat Mading yang Keren, Sehingga Menarik Perhatian

www.ujwar.com - Trik Membuat Mading yang Keren, Sehingga Menarik Perhatian

Trik Membuat Mading yang Keren, Sehingga Menarik Perhatian

Mading, majalah dinding. Jadi inget deh waktu masa sekolah dulu. Dimana kita bisa melihat majalah ini yaitu ketika masuk sekolah. Di setiap sekolah biasanya terdapat sebuah lemari yang berisi sebuah gambar, artikel, hiburan dan tulisan-tulisan informasi yang ditempel pada dinding. Sehingga menarik dan membuat orang yang melihatnya ingin membacanya.

Perlu diketahui, bahwa mading itu bukan hanya bacaan belaka, melainkan sebagai bahan untuk informasi, komunikasi baik dilingkungan sekolah seperti kepala sekola, guru dan staff ataupun siswa.  Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari mading. 

Lalu bagaimana cara membuat mading yang benar, bagus, agar menarik perhatian dan disukai banyak orang. Berikut adalah trik membuat madding yang keren, sehingga menarik perhatian, diantaranya   :


1. Menentukan Tema Mading

Trik Membuat Mading yang Keren, Sehingga Menarik Perhatian
mihi1951.blogspot.com

Hal yang paling utama yang harus kita pikirkan ketika akan membuat mading adalah tema atau pokok pembahasan. Ketika menentukan tema, pilihlah tema yang bisa menarik dan membuat orang penasaran dan ingin membacanya.  

Selain itu, kita juga bisa memilih tema sesuai dengan suasana atau waktu, misalkan sekarang kan bulan Ramadan? Nah, kita bisa buat artikel-artikel yang membahas tema tentang bulan ramadhan, ataupun tema-tema yang lainnya seperti sejarah, sumpah pemuda, kemerdekaan, dan sebagainya. Yang terpenting mading yang dibuat mampu menarik perhatian orang banyak.


2. Merancang Sketsa Mading

Trik Membuat Mading yang Keren, Sehingga Menarik Perhatian
disiniaja.net

Sekiranya kita sudah menemukan tema yang menarik, dan akan diminati banyak orang, maka langkah selanjutnya adalah membuat sketasa atau tata letak untuk semua isi di dalam mading nantinya. 

Dan disinilah kreativitas kita sangat dibutuhkan, karena salah satu cara membuat mading menjadi menarik adalah ke kreatifan pembuatnya. Dengan menggunakan kretifitas yang ada kita bisa membuat mading yang luar biasa. 

Mading yang menarik biasanya informasi yang diberikannya lengkap. Misalnya logo, judul, edisi, artikel, gambar-gambar, dan lain-lain.


a. Logo

Salah satu cara untuk emmbuat mading yang menarik adalah adanya logo di dalam mading tersebut. Baik itu logo suatu organisasi sekolah, misalnya logo sekolah, OSIS, PMR, Rohis ataupun logo yang lainnya.

b. Judul

Untuk judul pada mading, kita bisa memakai nama suatu organisasi atau sekolah. Seperti “MADING OSIS SMPN 1 GARUT” yang pastinya harus mampu menarik karena sebagai pusat perhatian yang pertama kali akan orang lihat.

c. Edisi

Maksud edisi di sini yakni tema. Misalnya bulan ini bertepatan dengan bulan ramadhan, maka tema yang digunakan adalah “MARHABAN YA RAMADHAN”. Atau kita juga bisa membuat tema sesuai dengan bulan atau tanggal terbit. Seperti “MADING BULAN MEI 2019”. 


d. Artikel

Ketika membuat artikel untuk  ditempelkan pada mading, hendaknya harus sesuai dengan tema yang akan digunakan. Misal tema kita adalah ramadhan, tetapi artikel yang kita temple tentang hari kemerdekaan. Tidak nyambung, kan?

e. Opini

Opini yang dimaksud disini yaitu tempelan yang berisi tentang pendapat orang-orang dilingkungan sekolah tentang tema yang diambil pada mading. 

f. Berita Utama

Berita utama yaitu pokok pembahasan yang akan disampaikan. Misalkan sekaramg bulan ramadhan. Maka berita utama apa yang akan disampaikan mengenai bulan tersebut. APakah keutamaan puasanya, keutamaan shalat tarawihnya, dan lain sebagainya.

g. Materi Tambahan

Apabila kita sudah selesai melakukan sketsa diatas, dan mading masih kelihatan kosong, kita bisa menambahkan materi tambahan yang singkat tetapi tetap menarik. Misalnya tentang cerita humor, Komik Singkat Menarik, Tips & Trik Mernarik, Cerpen, Info Unik, Puisi & Pantun, Karikatur, Teknologi.

h. Hiasan Mading

supaya mading lebih menarik, kita bisa menambahkan hiasan pada mading. Bisa dengan menambahkan kertas crap, kertas warna/ origami, karton, kertas emas, dan lain-lain. Pokoknya buatlah mading semenarik mungkin dan keluarkan ide brilian yang kita miliki.

3. Proses Pembuatan Mading

Trik Membuat Mading yang Keren, Sehingga Menarik Perhatian
www.funpage-candy.blogspot.com


Tips yang selanjutnya, setelah kita selesai membuat sketsa saatnya sekarang kita memulai proses pembuatannya. Proses pembuatan ini meliputi pembuatan rubrik dan desain mading. Ketika akan membuat rubrik, haruslah yang lebih menarik, sehingga banyak yang akan membaca hasil mading yang kita buat. Dan tentunya rubric harus sesuai dengan tema yang telah ditentukan sebelumnya. 

Hal lain yang harus juga kita perhatikan selain rubik adalah desain mading. Rasa penasaran orang untuk membaca mading yang telah kita buah sehingga mereka tertarik untuk membacanya adalah manfaat dari desain. Apabila desain mading yang kita buat tidak menarik, jangan harap ada yang mau melihat mading kita. 

Adapaun bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat mading, diantaranya; Triplek / Gabus, Lem kertas / lem gabus, Gunting / kater, Kertas karton / lipat /  manila, hiasan seperti biji-bijian, kertas krep, dedaunan, rumbai, dan lain-lain.

4. Publikasi Mading (Penerbitan)

Trik Membuat Mading yang Keren, Sehingga Menarik Perhatian

Setelah pembuatan madding selesai, langkah terakhir yang harus kita lakukan adalah mempublikasi atau menerbitkan madding. Namun jangan sampai lupa untuk memberi tahu teman-teman dan seluruh siswa di sekolah, jika madingnya sudah selesai. Apabila mading yang kita buat mendapat respon yang positif akan menjadi kebanggan tersendiri bagi kita.


Nah, itulah tips membuat mading yang keren sehingga menarik perhatian. Bagi sahabat semua yang sedang kebingungan ketika akan membuat mading yang menarik, semoga trik ini bermanfaat. Aamiin…

Selamat mencoba

Belum ada Komentar untuk "Trik Membuat Mading yang Keren, Sehingga Menarik Perhatian"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel