Trik Supaya Semangat Ketika Bangun Sahur

www.ujwar.com – Trik Supaya Semangat Ketika Bangun Sahur

Trik Supaya Semangat Ketika Bangun Sahur

Ketika kita sudah memasuki bulan Ramadhan, otomastis akan berubah jadwal makan yang biasanya kita lakukan. Kalau biasanya kita makan bebas, mau pagi, siang ataupun malam hari, namun  kini hanya dini hari dan malam hari saja kita bisa makan. Tentu, dengan adanya perubahan pola makan ini kita harus bisa menyesuaikannya. Apalagi pada saat makan sahur. Jika biasanya pada jam 3 pagi kita masih enak-enak tidur, sekarang kita harus sudah bangun untuk mengisi asupan makanan bagi tubuh/ makan sahur. Males? Berat? MAsih ngatuk? Kesiangan? Yah hal ini tidak perlu untuk ditanyakan lagi, sudah pasti kita akan merasakan hal seperti itu. 


Namun kita tidak boleh malas untuk bangun sahur, karena tubuh kita tetap membutuhkan asupan energy sehingga tetap bisa beraktivitas meskin dalam keadaan berpuasa. Jadi, supaya hal-hal yang menghambat bangun sahur tidak terjadi, ada tipsnya lho. Berikut adalah tips supaya semangat ketika bangun sahur : 

1. Niat yang Kuat

Segala sesuatu yang baik, harus dimulai dari niat yang kuat. Hal ini tentu berlaku juga ketika kita bangun sahur.  Tidak ada hal yang lebih ampuh yang membuat kita semangat untuk bangun sahur, selain karena niat yang kuat dari dalam hati. Percaya atau tidak, jika kita sudah mempunyai niat untuk bangun sahur di malam sebelumnya, maka tanpa perantara apapun secara otomatis kita pasti akan terbangun dengan sendirinya. Jadi yang paling utama adalah tetapkan niat yang kuat di dalam diri kita.

2. Mengontrol Makan Ketika Berbuka

Tidak sedikit orang yang berpuasa, menjadikan waktu berbuka sebagai ajang untuk balas dendam, yaitu dengan menyantap semua makanan yang ada hingga habis. Padahal jika kamu makan makanan berat terlalu banyak pada saat buka puasa bisa membuat kamu susah untuk bangun sahur, lho. Hal ini disebabkan karena kekenyangan dan akhirnya perut kita jadi begah dan malas untuk bergerak.


Jadi ketika buka puasa, pastikan untuk tidak makan berlebihan ya. Makanlah secukupnya, yang terpenting pencernaan kita bisa lebih relaks dan lancar, dan juga metabolism edi dalam tubuh juga lancar. 

3. Hindari Makanan Manis Sebelum Tidur

Trik Supaya Semangat Ketika Bangun Sahur
www.raikankasih.com

Jika makanan yang berat bisa membuat kita susah bangun, makanan manis justru sebaliknya, akan membuat kita menjadi susah tidur. Jadinya kita akan begadang sampai larut malam. Dan jika sudah terjadi hal seperti ini, siap-siap saja kita akan bangun kesiangan karena tidurnya terlalu malam. Oleh karena itu, supaya tidak terjadi seperti itu, hindarilah untuk mengonsumsi makanan yang manis.

4. Menyiapkan Menu Favorit untuk Sahur

Solusi terbaik supaya kita bisa semangat untuk bangun sahur adalah dengan menyiapkan menu makan sahur yang  difavoritkan/ disukai. Pastikan saat  waktu sahur tiba, kita akan termotivasi dan bersemangat untuk bangun sahur.


5. Tidur Siang

Terdengarnya sih sepele, tetapi aktivitas yang satu ini justru sangat ampuh untuk membuat tubuh kita tetap bugar sepanjang hari. Selain itu, cara ini juga akan membuat tubuh kita terhindar dari rasa lemas, letih, lesu selama berpuasa. Tidur siang juga bisa menjadi alarm untuk nanti bangun sahur.

6. Hindari Main Gadget atau Laptop Sebelum Tidur

Trik Supaya Semangat Ketika Bangun Sahur
www.imandiri.id

Karena sekarang ini gadget atau laptop sudah berhasil membuat penggunanya menjadi kecanduan, maka alangkah baiknya kita untuk menghindari penggunaan gadget atau laptop sebelum tidur. Jauhkan sejauh-jauhnya gadget dari tempat tidur. Jangan Sampai mata kita keasyikan untuk menikmati gadget atau laptop hingga tengah malam. Kalau kita tidak bisa menahan godaan tersebut, siap-siap saja untuk bangun kesiangan.

7. Jangan Begadang 

Sahur adalah pengganti sarapan pagi bagi orang yang berpuasa. Yang membedakannya adalah, kalau sarapan ini menjanjikan pahala bagi orang yang menjalankan. Tentu kita semua pasti mau kan mendapatkan pahala? Jadi berjuanglah untuk bangun sahur.


8. Pasang alarm secara berkala 

Trik Supaya Semangat Ketika Bangun Sahur
www.hipwee.com

Apabila kamu adalah seseorang yang tidak mempan jika dibangunkan hanya satu kali, maka sebaiknya kamu memasang alarm setiap 10 atau 5 menit sekali dari jam 03:00 pagi. Untuk nada deringnya samakan saja dengan nada panggilan masuk. Karena kebanyakan orang lebih peka untuk bangun jika ada telepon masuk, dibandingkan dengan nada alarm. 

9. Minta Dibangunkan

Selain dengan menggunakan alarm dari jam ataupun handphone, cara terbaik yang lainnya untuk membangkunkan kita sahur adalah dengan meminta bantuan orang tua atau orang terdekat.  Ketika kita meminta bantuan pada mereka, jangan sungkan untuk berpesan supaya membangunkan dengan cara apapun, sekalipun dnegan cara yang ekstrem, yang penting kita bisa bangun. 

Lagian, tidak mungkin kan kita tidak merasa tak enak dengan mereka yang sudah membantu membangunkan kita? Jadi kita harus menghargai kebaikan mereka.

Nah, itulah trik supaya kita bersemangat ketika bangun tidur. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sahabat semua, terutama yang sering merasa malas untuk bangun sahur.

Terima kasih sudah membaca, selamat menjalankan ibadah puasa 1440H


Belum ada Komentar untuk "Trik Supaya Semangat Ketika Bangun Sahur"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel