Trik Supaya Uang Tetap Banyak Saat Bulan Ramadhan

www.ujwar.com  -  Trik Supaya Uang Tetap Banyak Saat Bulan Ramadhan

 Trik Supaya Uang Tetap Banyak Saat Bulan Ramadhan

Saat merayakan hari raya idul fitri, atau lebih akrab disapa lebaran, kita pasti menginginkan mempunyai uang yang banyak. Jelas! Supaya kita bisa berbagi kepada sanak saudara yang masih kecil, diberikan kepada orangtua, atau untuk keperluan sendiri, mislanya membeli baju untuk hari raya. Namun sayang, kebiasaan boros selalu membuat dompet kita tipis pada saat bulan Ramadhan dan hari lebaran. Jadi sebelum semua uang yang kita miliki habis, disimak yuk trik supaya uang tetap banyak saat bulan ramadhan di bawah ini :


1. Buka Puasa yang Sederhana

Trik yang pertama supaya uang yang kita miliki tetap hemat di bulan ramadhan yaitu jangan lapar mata. Maksudnya, berbuka dengan secukupnya, misalnya dengan segelas air putih dan kurma. Jikalau menginginkan menu yang lainnya, jangan lupa untuk memperhatikan kandungan gizinya. Tidak boleh langsung berbuka dengan menyantap makanan pedas, makanan berminyak, atau makanan yang mengandung gula tinggi.

Bukan berarti kita tidak boleh  berbuka dengan yang enak-enak, ya. Tetapi berbuka dengan air putih dan kurma, atau ditambah dengan es kelapa muda tidak akan terlalu mengeluarkan biaya yang besar. Namun tetap enak, kan?

2. Menu Makan yang Sederhana

Setelah seharian penuh tidak makan dan minum, biasanya setelah selesai melakukan salat tarawih, perut akan merasa lapar. Nah, di sinilah mata kita akan diuji.  Kita tetap  bisa berhemat kok, dengan memilih menu makan yang sederhana dan sehat seperti dengan sayuran dan satu menu lauk berprotein. Supaya lebih hemat, masaknya oleh sendirinya, kalau beli bukan hemat namanya.


3. Menu Sahur yang Sederhana

Untuk makan sahur pun sebaiknya kita memilih menu yang sederhana atau jikalau menu makan malam tidak habis, jangan dibuang. Kita bisa mengonsumsinya kembali. Dan tentu ini akan memghemat biaya pengeluaran kita. Cukup dengan menambahkan satu macam sayuran dan buah, dan perbanyak konsumsi protein, cara ini akan membuat kita tidak cepat lapar ketika menjalankan ibadah puasa. Jangan lupa juga untuk minum multivitamin dan memperbanyak minum air putih, supaya tubuh kita tetap bugar dan fit pada siang hari.

4. Membeli Baju Lebaran yang Tidak Terlalu Mahal

Ketika lebaran akan tiba, biasanya para karyawan akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR). Dan THR ini diperuntukan bagi para karyawan agar dapat merayakan hari raya dengan  penuh suka cita. Jumlah nominal untuk THR telah diatur oleh Undang-undang. Yaitu 1x gaji, bagi karyawan yang sudah bekerja selama satu tahun atau lebih dari satu tahun. Sedangkan bagi karyawan yang belum satu tahun, THR dihitung secara proporsional, tergantung kebijakan dari perusahaan.


Mislanya kita mendapatkan THR sebesar Rp. 3.000.000,-, kita bisa menggunakannya hanya beberapa rupah saja untuk membeli keprluan lebarn, seperti baju baru, celana baru, jam baru, sandal baru, dan yang lainnya. Dengan begitu uang yang kita dapatkan akan memiliki sisa untuk lebaran. Lebih bagus lagi jika biaya yang kita keluarkan ternyata ada sisa dari budget yang direncanakan. Itu berarti uang kita lebih banyak. Hehe… 

5. Sedekah 

Semakin banyak anggaran untuk sedekah, maka akan semakin baik. Tetapi jika kamu adalah seorang yang mudah lupa, maka coba anggarkan beberapa persen dari anggaran yang dikeluarkan dalam sehari. Misalnya dalam sehari kamu mengeluarkan biaya Rp. 30.000,-, maka setidaknya sisihkan Rp. 5.000,- untuk bersedekah. Dan dalam sebuan kamu sudah bisa bersedekah Rp. 150.000,-. 

Perlu diingat, bahwa Allah telah menjanjikan akan menggantinya berkali-kali lipat apabila kita melakukan sedekah. Jadi sekali lagi, semakin banyak uang yang kamu sedekahkan, maka akan semakin baik pula. Karena bulan ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan. 


Nah, itulah trik supaya uang tetap banyak ketika bulan ramadhan. Semoga trik ini bermanfaat bagi sahabat ujwar semua. Aamiin…

Selamat mencoba! 

2 Komentar untuk " Trik Supaya Uang Tetap Banyak Saat Bulan Ramadhan"

  1. Semuanya sederhana, sedekahnya di mahalin ya hehehe

    BalasHapus
  2. Makasi tipsnya ya, wah saya juga kudu hemat nih, soalnya nti lebaran akan lebih banyak pengeluaran

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel