6 Skill yang Harus Dimiliki di Zaman Modern 2020

6 Skill yang harus Dimiliki di Zaman Modern 2020



Ujwar.com - Dunia yang semakin modern, membuat kita harus bekerja lebih keras lagi dari sebelumnya. Ketika orang-orang sudah semakin maju dan cerdas, maka kita juga sepertinya memang harus ikut ke dalam persaingan. Kalau tidak, maka bisa dipastikan, kita akan tertinggal. 

Beberapa orang tidak menyadari, bahwa mereka bisa menghasilkan uang banyak hanya dengan duduk di rumah, dan santai sambil tiduran di kasur. Tapi mereka juga tidak tahu, bahwa untuk bisa seperti itu, memerlukan beberapa skill yang harus mulai dipelajari dari sekarang.

Apa saja skill yang dimaksud?

1. Mengerti Media Sosial dan Internet

Cung, yang menggunakan media sosial selain untuk berkomunikasi dengan orang lain? Jika belum, berarti kita memang harus mulai mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan media sosial. Banyak sekali cara untuk menghasilkan uang dari media sosial. Maka, banyak pula rahasia yang tidak diketahui oleh orang banyak, bahwa media sosial bisa menjadi salah satu tempat meraup keuntungan.

Ternyata, banyak rahasia dan teknik yang digunakan orang lain untuk menggunakan media sosial sebagai tempat mencari uang. Hampir semua orang yang berbisnis online, menggunakan media sosial untuk perantara penjualan produk.

So, sudahkah mulai mempelajarinya?

2. Teknik Desain Grafis

Kenapa sih, desain sangat bermanfaat di zaman sekarang?

Zaman sekarang adalah zamannya mager. Orang-orang lebih senang mengeluarkan tenaga kecil, daripada harus capek-capek mengeluarkan tenaga besar. Saya tanya, siapa orang di balik akun media sosial yang menjual produk dengan gambar-gambar menarik?

Yaps. Itu desain grafis.

Kenapa kita harus mulai mempelajari ini?

Persaingan semakin ketat. Ketika kita ingin terjun ke kolam ‘orang-orang yang bisa menghasilkan uang’ tanpa bekerja secara langsung dengan rutinitas sama, dari pagi sampai sore, di sebuah ruangan atau gedung, maka kita harus memiliki skill tambahan yang mungkin tidak diajarkan di sekolah.

Bagaimana jadinya jika kita mulai berbisnis online di instagram?

Mau tidak mau, kita sendiri yang membuat gambar yang menarik. Kecuali kita udah punya duit dan bisa bayar orang. Tapi kan, kenyataannya, pada saat itu, kita baru memulai. Maka satu-satunya yang diharapkan adalah diri sendiri.

Banyak sekali aplikasi yang bisa kita gunakan untuk bikin gambar-gambar keren, baik di android, atau di laptop.

3. Teknik Copywriting

Apaan tuh? Baru denger gue.

Kamu pernah melihat iklan panjang lebar di facebook, dengan kalimat menarik, dan berhasil menarik perhatian kita? Yaps, itu namanya copywriting. Ketika kita bisa mengoprasikan media sosial dengan baik, bisa desain, dan ternyata tidak bisa nulis copywriting. Apa yang akan terjadi?

Tentu saja kita yang dalam hal ini menjadi ‘influencer’ atau orang yang bisa mempengaruhi orang, salah satu hal terpentingnya adalah pintar copywriting.

Bayangkan aja, kalau tulisan kita nggak menarik. Siapa yang akan percaya kita, kemudian, menjadi orang yangterpengaruh dengan semua yang kita tawarkan?

So, sudahkah belajar copywriting? 

4. Teknik Personal Branding

Apaan tuh?

Itu lho, suatu teknik yang bertujuan untuk membangun rasa interest dari orang lain, sehingga apa pun yang kita lakukan akan membuat orang lain penasaran. Kalau kita penjual suatu produk, mereka akan rela membeli karena personal branding si yang punya produk.

Personal Branding itu kaya dagang. Tapi ngedagangin diri sendiri. Hal yang biasa diperlihatkan adalah: prestasi dan ciri khas. 

Jika personal Brandingnya kuat. Mau bisnis apa pun, maka akan berpeluang besar, diterima dengan baik.

5. Skill Komunikasi

Ketika kita bisa segala hal, tetapi terhambat dalam komunikasi, maka bisa dipastikan, akan banyak hal yang terhambat. Sebab, komunikasi menjadi salah satu hal penting. Terpenting malah. Ketika semuanya ada, tapi tidak bisa dikomunikasikan, mau bagaimana? 

Nah, belajar public speaking juga sangat dianjurkan. Supaya bisa bekerjasama, berkompromi, atau negosiasi dengan orang lain. Bayangkan jika kita punya peluang besar, tapi public speaking kita buruk, itu jelas akan menjadi hal yang mendekatkan kepada kerugian.

Ya, kecuali, kita nggak bakal komunikasi sama orang. Nggak perlu belajar skill ini. Ehehehe.

6. Teknik Pengolahan Emosi

Eh, ini teknik bukan sih?

Ya, apa pun itu, pokoknya pengelolaan emosi itu penting. Zaman sekarang, manusia lebih banyak berkomentar. Benar apa benar? Bayangkan aja, banyak yang merasa dirinya tidak berbakat di suatu bidang, karena omongan orang lain.

Kalau mental mengolah emosi kita buruk, maka tidak menutup kemungkinan, apa yang telah kita susun dan rancang, tidak akan terlaksana dengan baik. Kita terlanjur mendengarkan kata orang. Secar aotomatis, berarti kita belum cukup mahir untuk mengelola emosi.

Karena orang yang menang pada akhirnya adalah orang yang  tahan banting dari bacotan para netizen. Bener? Apalagi jika kita ingin terjun di dunia online. Baik sebagai influencer, atau sebagai pebisnis online. 

So, sudahkah teman-teman punya kelima teknik itu?

Komentar yuk. Kira-kira teknik apalagi yang dibutuhkan, dan mungkin nggak diajarkan disekolah.



Belum ada Komentar untuk "6 Skill yang Harus Dimiliki di Zaman Modern 2020"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

BACA ONLINE KARYAKu DI WATTPAD: