5 Cara Riset Sederhana untuk Bahan Novel Kita

5 Cara Riset Sederhana untuk Bahan Novel Kita


Ujwar.com – Hallo teman-teman, kali ini aku akan berbagi tips kembali. Gimana sih cara riset sederhana untuk bahan novel kita? Yaps, riset kadang kala menjadi satu hal yang membuat penulis susah. Apakah penulis harus datang langsung ke lokasi tempat yang ingin diketahui, apakah penulis harus interview orang yang berhubungan dengan naskah kita?

Well. Kita bahas sekarang. Tapi jangan lupa, sebelum itu, pastikan kamu sudah menyimpan nama blog aku ya. Supaya kamu bisa baca kembali artikel soal kepenulisan di kemudian hari. Aku akan update tulisan soal buku dan literasi secara berkala.

Berikut ini cara riset sederhana ala Ujwar:

1. Riset Menggunakan Youtube

Salah satu platform yang sekarang populer adalah youtube. 4 atau 5 tahun ke belakang, mungkin mencari bahan untuk novel lumayan susah di platform ini, mengingat, masih jarang orang yang upload video dan menjelaskan sesuatu di youtube. Tapi lihat sekarang. Sebagian besar orang berlomba-lomba memberikan informasi di youtube.

Aku sering nyari suasana di suatu tempat yang akan dijadikan latar tempat melalui youtube. Aku ambil contoh Bandung. Mungkin bagi orang Bandung sendiri, tanpa lihat youtube, mereka sudah bisa menggambarkan secara langsung bagaimana situasi Bandung. Tapi bagi aku, atau mungkin kamu, yang bukan asli Bandung, tentu butuh informasi secara visual, bukan lagi secara tulisan. Mengingat, kita yang justru akan mendeskripsikan suasana berdasarkan apa yang kita tonton.

Dengan menonton, kita seolah-olah sudah berada di Bandung, tanpa harus ada di Bandung. Meskipun, sebenarnya akan lebih baik jika kita datang langsung ke lokasi. Kalau memang mampu datang ke lokasi latar yang akan kita masukan ke novel, ya lebih bagus. Seperti halnya Dee Lestari yang mendatangi Bantar Gebang dan langsung riset di sana untuk keperluan novel Aroma Karsa. 

Kembali lagi ke hal tadi. Namanya juga riset sederhana kan? Ehehehe. Jadi nonton youtube bisa menjadi salah satu pilihan.

Contoh lain, jika kita kesusahan bagaimana kehidupan mahasiswa di luar negeri, sekarang sudah banyak youtuber yang menjelaskan soal kehidupannya di luar sana. Misal di Singapura, US, UK, EROPA, dan lain-lain. Kita  bisa menambah wawasan dari kehidupan mereka.

2. Mendownload Aplikasi Perpustakaan Online

Riset tidak afdal kalau tidak membaca buku. Namun, bagaimana jika bahan untuk novel kita cenderung banyak? Sementara budget untuk membeli buku kebalikannya. Aku ngerti lah, untuk kita yang baru terjun ke dunia kepenulisan, jelas akan keberatan kalau beli buku banyak-banyak. Apalagi kantong siswa atau mahasiswa (kecuali punya uang, silahkan beli, ya, lebih bagus).

Alternatif lain, agar kita bisa tetap riset tanpa harus beli buku, kita bisa meminjamnya di perpuastakaan. Adakah perpustakaan di daerahmu? Jauh? Tenang, sekarang perpustakaan nasional juga ada aplikasinya lho. Nama aplikasinya iPusnas. Kita bisa download aplikasi tersebut di android. Buku-buku di iPusnas terbilang lengkap. Banyak novel-novel keren karya penulis terkenal, dan juga buku-buku pengetahuan yang jelas bisa kita pinjam dan baca.

Sejauh ini, aku juga mulai nyaman dengan membaca ebook di iPusnas. Selain membuat kita rajin baca (karena waktu peminjaman cuman 3 hari), aku juga bisa baca buku sambil tiduran dan rebahan (jangan ditiru), setidaknya, buat baca buku, sekarang nggak ribet deh. Kita tetap bisa baca buku tanpa beli buku bajakan atau download ebook ilegal.

3. Riset di Internet

Wah, nomor tiga ini memang sudah jelas sering kita lakukan. Untuk menghemat waktu, google bisa menjadi salah satu sarana untuk mencari informasi. Meskipun, kadangkala sumber yang ada tidak jelas. Kita memang harus benar-benar mencari sumber yang terpercaya supaya naskah kita bisa dipercaya. 

4. Konsultasi Secara Online dengan Ahli

Sekarang, banyak banget lho aplikasi yang memungkinkan kita berkonsultasi dengan dokter. Well, kadang, kita butuh tahu tentang suatu penyakit, tentang suatu pemeriksaan kesehatan, tentang obat, dll yang berhubungan dengan kedokteran. Kita bisa langsung tanya secara online kepada dokter yang sudah ada di sana. Ketika kita tidak bisa datang langsung ke rumah sakit, kita bisa melakukannya dengan mudah, hanya menggunakan aplikasi tertentu. Salah satu aplikasi populer adalah: Halodoc, sehatq, dll.

5. Konsultasi dengan Teman Online

Alhamdulillah, aku sering dapat informasi banyak dari teman-teman onlineku. Ada temanku yang polisi, psikolog, dan pekerjaan lain. Jika butuh informasi yang berhubungan dengan hal tersebut, biasanya aku akan membuat pertanyaan terbuka di wall FB-ku. Banyak orang yang berbondong-bondong menjawab. Kuncinya, kita memang harus welcome dan berteman dengan siapa saja di media sosial.

Nah, teman, itulah cara sederhana untuk riset. Ingat, cara-cara di atas hanya alternatif. Jika kemudian teman-teman bisa melakukan riset secara langsung ke suatu tempat, kemudian riset dan interview seorang ahli, dan lain sebagainya, itu jelas lebih baik, karena bisa lebih meyakinkan kita sebagai penulis. Tapi jika belum bisa secara langsung begitu, bukan berarti kita tidak bisa riset.

Itu saja artikel pada kali ini, terima kasih sudah membaca dari awal sampai akhir. Sampai bertemu di artikel berikutnya ya.


Belum ada Komentar untuk "5 Cara Riset Sederhana untuk Bahan Novel Kita"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

BACA ONLINE KARYAKu DI WATTPAD: