Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Menjadi Youtuber Sukses Menurut Buku Deddy Corbuzier



Hallo Ujwinners, aku datang kembali. Kali ini, aku bermaksud untuk mereview buku Karya Deddy Corbuzier berjudul Youtuber For Dummies terbitan Bhuana Ilmu Populer tahun 2018. Aku akan mengupas tips menjadi youtuber sukses dari buku Deddy Corbuzier.

Jujur, membaca buku ini sudah agak lama, namun aku baru memiliki kesempatan mereview buku ini karena kesibukan di dunia nyata. Pssst, sebenarnya karena banyak mempraktekan isi buku ini sih. Ehehe. Aku yang mulai terjun ke dunia youtube, terbantu sekali dengan buku karya Om Deddy ini.

Baiklah, akan kutulis sejenak Sinopsis dari buku ini:

Secara garis besar, buku ini berisi sebuah panduan untuk calon youtuber. Buku ini membahas tentang cara membuat video yang  bagus, peralatan yang digunakan, juga pengalaman Om Deddy sendiri selaku youtuber sukses (tentunya artis Indonesia yang juga berprestasi).

Well, aku akan membagikan hal-hal yang aku dapat setelah membaca buku itu, setidaknya ada sedikit gambaran dan bisa dijadikan tips menjadi youtuber sukses:

1. Terjun ke Youtube Merupakan Hal yang Tepat

Hal pertama yang menjadi alasan seseorang terjun ke youtube salah satunya karena youtube merupakan space yang sangat besar, sehingga, selain untuk berbagi, secara tidak langsung kita sedang menyimpan data kita, yang jelas akan tersimpan dengan aman.

Jauh dari manfaat soal space, Youtube menjadi tempat yang sangat bagus untuk berbagi, mencari ilmu, dan jelas menjadi orang yang diperhatikan, tentunya dengan hal-hal yang kita bagikan.

2. Temukan Kesukaanmu, dan Share di Youtube

Aku sudah mengetahui sejak lama, bahwa menjadi seorang content creator tidak berpusat pada video apa yang sedang tren sekarang. Mungkin bagi sebagian orang, membuat video tren menjadi satu hal yang menggiurkan, sebab dalam sekejap, video kita akan dinikmati banyak orang, bahkan mendulang trending dan jadi populer. Namun, menurut Om Deddy, hal tersebut tidak akan bertahan, sebab kita belum menemukan identitas.

Sesuatu yang kita sukai, sesuatu yang kita kuasai di bidangnya, kemudian dibagikan kepada khalayak akan lebih berpotensi menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu. Banyak orang yang membuat video dengan tema yang dicampur-campur, sehingga video pun tidak terbuat dengan maksimal. Penonton juga akan kepusingan dengan jenis konten yang dibuat.

Ketika kita konsisten membuat video, katakanlah video khusus tentang memancing, akan banyak orang yang suka memancing, menonton video kita. Tidak semua orang memang, tetapi setidaknya kita telah mengumpulkan orang yang satu interest dengan kita. Secara tidak langsung, kita telah membentuk komunitas tersendiri yang loyal dan tidak akan tergantikan.


3. Konsisten Menjadi Kunci Terbaik Menjadi Youtuber

Banyak orang yang memilih mundur setelah update video. Padahal kalau dilihat-lihat, video yang dibuat baru beberapa video saja. Konsisten update video adalah jalan supaya youtube mengetahui bahwa kita update video dengan sangat rajin. Bahkan bisa jadi video kita semakin dipromosikan oleh youtube. Ketika konsisten, penonton setia pun akan semakin setia dengan mengikuti channel kita.

4. Bisakah Mneghasilkan Uang dari Youtube?

Bisa. Tetapi hanya ada sedikit yang berhasil dari banyak orang. Banyak faktor dari hal tersebut diantaranya, tema video yang dipilih, cara menyampaikan isi video (presentasi) dan konsep video. Makanya, ketika membuat video, kita memang diharuskan untuk membuat konsep sematang mungkin, jangan asal-asalan.

Perlu waktu tahunan untuk bisa menjadi seorang youtuber yang benar-benar mapan dan dapat uang. Namun, jelas tujuan uang ini lebih baik dikesampingkan dan pikirkan kualitas video.

5. Jangan Menunggu Fasilitas Lengkap

Banyak orang beralasan bahwa dirinya belum punya kamera, lighting, laptop, dan lain sebagainya. Seharusnya, mulai dengan apa yang ada. Di zaman sekarang ponsel makin canggih. Untuk mengantisipasi, bahkan Om Deddy bilang, lebih baik membeli ponsel dengan fasilitas bagus, ketimbang membeli kamera seharga HP kita. Sebab di zaman sekarang, kadang-kadang kamera ponsel lebih bagus. Kecuali kita membeli kamera dengan harga yang jauh lebih tinggi.

5 hal tersebut menjadi ilmu yang aku ingat dari buku Youtuber For Dummies. Aku mulai mengikuti tips-tips di atas demi kepentingan channel. Dan mungkin saja, kalian bisa mengikuti buku ini dan mulai terjun di dunia youtube.

Untuk skor, aku kasih 3,5 dari 5 bintang, sebab penyampaian Om Deddy sangat mudah dicerna, bahkan disertai gambar. Nah, itulah tips menjadi youtuber sukses menurut buku Deddy Corbuzier. Bagaimana, kamu sudah membaca buku ini? Buku ini sangat direkomendasikan untuk calon youtuber.

1 komentar untuk "5 Tips Menjadi Youtuber Sukses Menurut Buku Deddy Corbuzier"

  1. baru melaksanakan poin 1 dan 2.. poin 3 sedang diusahakan :D

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus

Berlangganan via Email