Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 9 Aplikasi yang Membayar Para Penulis



Ujwar-com
– Hallo semuanya…. Aku kembali nih setelah sekian lama nggak update di blog. Ya, setidaknya, akubisa kembali berbagi gituloh. Apalagi, sekarang lagi masa-masanya gabut, nggak ada kerjaan, atau mungkin masih dalam situasi pandemi yang membutuhkan aktivitas. Aku akan menjelaskan 9  aplikasi  yang membayar para penulisnya. Barangkali, kamu punya keahlian dalam menulis dan ingin menjadikan hobimu sebagai pemasukan, maka kamu telah membaca artikel yang tepat. Berikut ini adalah aplikasi yang aku maksud:

1. Novelme

Aplikasi novelme menjadi salah satu aplikasi populer di kalangan para penulis. Aplikasi ini populer karena penyedia sangat mengapresiasi penulisnya. Di akun media sosialnya, tak jarang novelme membocorkan penghasilan beberapa penulis yang mencapai puluhan juta per bulan. Tentu saja, hal tersebut membuat orang-orang yang awalnya menulis tanpa dapat pemasukan, sekarang justru mendapatkan pemasukan yang besar.



Jika ingin menulis di novelme, langsung saja download aplikasinya di play store ya. Aplikasinya sangat friendly dan mudah digunakan. Tentu saja, kamu juga bisa menulis di aplikasi tersebut hanya dengan menggunakan ponsel.

Bayaran sendiri didapatkan dari berbagai cara. Misal dari bab berbayar dari novelmu, dari bonus yang diberikan pembaca, bonus yang diberikan novelme karena rajin update, bahkan memenangkan next top writer dengan hadiah yang mencapai ratusan juta.

2. Storial 

Storial juga menjadi aplikasi yang lagi hot akhir-akhir ini. Sebab, banyak penulis populer yang mulai pindah dan menulis  ke aplikasi itu. Storial memang aplikasi yang cukup menyenangkan. Kita sebagai penulis bisa berkarya di sana dan bisa menghapusnya lagi jika sewaktu-waktu ingin diterbitkan dalam bentuk buku. Namun, tentu saja, jika kamu jadi penulis storial, naskahmu akan dikontrak dan diangkat menjadi naskah premium oleh pihak storial. Hal ini akan memberikan keuntungan tersendiri bagi para penulis.


Jika tulisanmu menarik perhatian, tulisanmu juga bisa jadi diterbitkan dalam bentuk cetak oleh storial. Sudah banyak buku-buku di storial diangkat menjadi novel dalam bentuk fisik. Tentu saja, penyebarannya pun akan semakin luas. Dan kamu tidak hanya menyalurkan hobi, tetapi bisa mendapatkan uang dari menulis.  Cari aplikasinya di playstore yes.

3. Cabaca

Aplikasi ketiga yang sangat direkomendasikan adalah Cabaca. Cabaca ini cukup berbeda dari aplikasi lainnya. Jika ingin menulis di aplikasi tersebut, kita memang harus mengajukan naskah dan menunggu persetujuan. Jika naskah kita diterima, maka naskah tersebut akan diupdate di Cabaca sebagai naskah premium. Kamu akan mendapatkan royalti dari para pembacamu yang membeli novel tersebut.



Cabaca cocok bagi kamu yang merasa memiliki naskah dengan kualitas di atas rata-rata. Kamu bisa menguji naskahmu di sana. Kalau memang editor Cabaca tertarik, pasti mereka akan menghubungimu. Ngomong-ngomong soal Cabaca, banyak juga penulis senior yang menulis di sana. So, tunggu apalagi? Bukannya ingin menghasilkan uang dari hobi menulis?

4. KBM APP

KBM aplikasi adalah salah satu platform yang terbilang baru di dunia literasi. Aplikasi yang dipelopori oleh Kang Tendi Murti, Bunda Adma Nadia, Kang Dewa Eka Prayoga, dan beberapa jajaran lainnya ini adalah aplikasi yang patut dicoba. Kenapa bisa begitu? Sebab, cerita-cerita yang diupload di KBM App adalah cerita-cerita bersih dan berkualitas. Dalam artian, akan jarang ditemukan cerita yang mungkin menurutmu ‘negatif’. Sebab, aplikasi ini memang melakukan pengawasan yang cukup ketat terhadap karya para penulisnya.


Kamu bisa menjadikan tulisanmu premium di KBM App, sehingga kemudian, kamu juga bisa mendapatkan pemasukan dari novel-novel ciptaanmu. Hal ini jelas memberikan kesempatan yang besar bagi orang-orang yang ingin berkreasi dan mendapatkan bayaran dari menulis.

5. Kwikku

Ada yang tahu aplikasi yang satu ini? Baru-baru ini, Kwikku menjadi aplikasi populer juga. Mengingat, Kwikku mengadakan lomba dengan total hadiah 500 Juta. Juri-juri-nya pun termasuk ke dalam jajaran penulis senior seperti Dee Lestari, A. Fuadi, kemudian penulis milenial semacam Bayu Permana, dan beberapa penulis lain.


Kamu bisa menulis di aplikasi ini untuk mengikuti lomba. Jika pun kamu merasa tidak ingin mengikuti lomba, kamu juga bisa menjual buku di sana. Jika ada pembaca yang ingin membeli karyamu, mereka bisa membeli langsung per bab dengan harga yang murah. Pembayaran pun sangat mudah. Bisa dilakukan menggunakan aplikasi uang digital yang telah berkembang.

6. WATTPAD

Baru-baru ini, WATTPAD telah meluncurkan WATTPAD Premium. Banyak penulis yang memiliki kualitas mulai mengangkat ceritanya menjadi premium di sana. Meskipun terbatas. Untuk saat ini, para penulis yang bisa mendaftarkan karyanya jadi premium adalah penulis-penulis yang dipilih langsung oleh team Wattpad Indonesia.



Namun, tenang saja, Wattpad menjadi platform yang sangat luas, bahkan bisa dibilang terluas dari aplikasi-aplikasi lain. Platform ini sudah ada sejak lama. Sehingga ketika kamu ingin mendapatkan calon pembaca yang banyak, wattpad bisa menjadi salah satu pilihan.

7. Dreame

Ada yang pernah menulis di Dreame? Dreame merupakan salah satu aplikasi yang tak kalah menggiurkan. Kamu bisa menulis di aplikasi itu dengan royalti di muka. Wah, seru juga ya? Kamu bisa mengajukan sinopsis naskahmu kepada editor Dreame. Ketika tulisan itu diterima, maka kamu akan mendapatkan royalti pertama antara 40-100 Dollar pertama. Tergantung kualitas naskahnya seperti apa. 



Selain itu, kamu juga bisa mengajukan naskah yang sudah dibaca ratusan ribu sampai jutaan dari WATTPAD. Kamu bisa memindahkan cerita itu ke Dreame, lantas akan mendapatkan royalti di muka antara 100 – 300$. 

Selain royalti yang diberikan di awal, kamu juga bisa mendapatkan uang dengan cara mengunci novel supaya bisa dibeli oleh para pembaca. Kamu akan mendapatkan bayaran setelah banyak yang membeli novelmu di aplikasi tersebut.

8. Joylada

Ada yang pernah membaca novel dengan bentuk chat? Joylada-lah tempatnya. Kamu bisa update cerita di sana dengan hanya berbentuk chat. Unik sekali, bukan? Akan ada pengalaman baru setelah meng-update cerita dengan bentuk berbeda. 


Di aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan bayaran jika pembacamu banyak. So, lihat terus dasboard penghasilan di aplikasi untuk bisa mengetahui pemasukan yang ada dari novel yang kamu buat sendiri.

9. WebNovel

Web Novel menjadi aplikasi yang cukup populer. Kamu bisa menuliskan novelmu dan mendapatkan bayaran di sana. Web novel ini adalah aplikasi dengan jangkauan pembaca yang lebih luas. Bagi kamu yang bisa berbahasa inggris, tulisan berbahasa asing akan lebih menggiurkan. Sebab bisa menarik banyak pembaca dari berbagai negara yang ada.


Nah, itulah 9 Aplikasi yang Membayar Para Penulis. Bagi kamu yang ingin menulis, langsung saja download aplikasinya di playstore. Kamu bahkan bisa menulis hanya menggunakan ponsel yang bisa dilakukan di mana saja.



1 komentar untuk "Inilah 9 Aplikasi yang Membayar Para Penulis"

Berlangganan via Email