Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Populer di Aplikasi Tiktok

10 Cara Populer di Aplikasi Tiktok 

10 Cara Populer di Aplikasi Tiktok
pixabay.com



Ujwar.com – Tiktok menjadi salah satu media populer di kalangan masyarakat. Ketika Tiktok pada awalnya hanya dijadikan media hiburan, sekarang mulai banyak konten kreator yang membuat video lain. Misal mengenai bisnis, dance, agama, nyanyi, seni, dan lain-lain. Hal ini membuktikan bahwa perkembangan Tiktok semakin luas. Maka dari itu, kali ini aku ingin berbagi cara populer di aplikasi Tiktok. Siapa tahu ada yang mau terjun ke Tiktok? 

1. Pilih Konten Sekhusus Mungkin

Cara populer di aplikasi Tiktok yang harus diperhatikan adalah pemilihan konten. Jika mungkin kamu sudah terjun di Tiktok, tetapi pengikutmu belum kunjung bertambah, bisa jadi ada yang salah dengan kontenmu. Konten joget sudah terlalu banyak. Hampir setiap orang memilih untuk nge-dance di akun Tiktok-nya. Jelas hal ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi orang-orang baru. Jika seandainya tarianmu tidak ada bedanya dengan yang lain, bahkan kualitasnya lebih buruk, jangan salahkan Tiktok yang tidak menyebarkan videomu ke orang lain. Di sini, kita memang harus punya strategi dalam pembuatan video.

Jika memang kamu ingin tetap membuat konten joget, cobalah bikin joget yang beda. Misal dengan menggunakan gerakkan-gerakkan tradisional. Sehingga orang lain bisa mulai mengetahui ciri khasmu. 

Hal terpenting dari pembuatan video adalah: kamu tahu tujuan pembuatan video itu. Apalagi jika kamu ahli di bidang-bidang tertentu. Kamu bisa memulai untuk nge-share hal-hal yang berhubungan dengan keahlianmu. Video edukasi memang tidak bisa langsung boom dan viral, tetapi akan menjadi senjata yang bagus secara jangka panjang.

2. Pastikan Konsisten Update Tiap Hari

Konsisten merupakan kunci dari setiap hal yang akan kita tekuni. Sama halnya dengan platform lain, menjadi kreator Tiktok juga harus konsisten. Hal ini diakibatkan oleh konten Tiktok yang semakin hari semakin banyak. Orang lain bisa membuat 5-10 video per hari. Bagaimana dengan kita? Mau tidak mau kita juga harus mempersiapkan video sebanyak mungkin. Tentu saja dengan konsistensi dan juga kualitas. Jangan sampai membuat video banyak, tetapi tidak bisa dinikmati oleh orang lain karena kualitas yang buruk.

3. HP Android atau Iphone?

Banyak yang bilang jika membuat konten Tiktok dengan Iphone akan lebih gampang For You Page atau FYP. Hal ini ada benarnya, sebab kamera Iphone terlihat lebih cerah. Namun, ketika kita ingin terjun ke Tiktok, bukan berarti harus ganti HP dulu. Kalau seandainya belum memiliki modal untuk membeli Iphone, pergunakan HP yang ada. Kita bisa menyiasati video dengan menggunakan lighting yang bagus sehingga bisa menunjang pencahayaan. 

4. Buat Orang Lain Tertarik di 5 Detik Pertama

Salah satu hal yang menjadikan video seseorang viral dan dibantu disebarkan oleh pihak Tiktok adalah menarik dan membuat penasaran. Semakin orang lain menonton, semakin besar kemungkinan konten tersebut tersebar lebih luas. 5 detik pertama video sangat mempengaruhi orang lain untuk lanjut menonton, atau skip ke video lain. Maka, kita harus punya strategi dalam membuat video Tiktok. Tentu saja, strategi setiap orang beda-beda. Ini tugas kamu untuk membuat video semenarik mungkin.

5. Berbahagialah, Tiktok Itu Media Distribusi

Tiktok hampir sama dengan Youtube. Bedanya, video Tiktok itu pendek, dan video Youtube lebih panjang. Hal ini memberikan kabar gembira pada siapa saja yang ingin mulai terjun ke dunia Tiktok. Video siapa saja bisa masuk FYP orang lain dan lantas disebarkan semakin luas. Orang-orang biasa seperti kita pun bisa mendadak viral gara-gara satu video. Maka dari itu, jangan pernah putus asa untuk membuat video terbaikmu. Tiktok akan senantiasa mendistribusikan video-video yang menarik dan dicari oleh orang lain.

6. Bangun Interaksi

Terdapat banyak kreator yang membuat konten bagus. Tetapi konten tersebut tidak memancing orang lain untuk like, komen, share, atau menonton ulang video. Hal ini berpengaruh kepada pendisitribusian konten kita. Semakin kita mendapatkan respon yang bagus, semakin video kita akan tersebar ke banyak orang. Jika tersebar luas, video kita dianggap disukai banyak orang. Maka dari itu, cobalah untuk membangun interaksi di setiap video buatanmu. Ini penting demi kelangsungan kontenmu.

7. Cobalah Buat Kesalahan Kecil

Lho? Maksudnya gimana? Netizen kita lebih suka sesuatu yang bisa ‘dikomentari’. Kita bisa membuat konten-konten yang berbanding terbalik dengan konten yang ada pada umumnya. Contoh: Jika misal kebanyakan orang membuat konten menyanyi dengan suara indahnya, kita bisa membuat konten bernyanyi dengan suara fals dan jelek. Bagi konten kreator hiburan, trik seperti ini sering banget digunakan. Mereka menggunakan kelemahan sendiri untuk dijadikan konten sehingga mengundang komentar orang lain. Entah ada yang merespon baik, memberikan kritik, dan lain-lain. Maka jangan heran juga jika ada konten yang kurang baik, tetapi penontonya banyak. Hal ini disebabkan karena tingginya interaksi dan juga tanggapan orang lain terhadap video tersebut.

8. Kamu Punya Kharisma dan Ciri Khas

Sumpah, hal semacam ini sebenarnya tercipta secara alamiah. Seseorang bisa disukai orang lain hanya dari cara berbicara, bahasa yang digunakan, model rambut, dan lain-lain. Mereka kadang-kadang nggak mikirin ciri khas mereka. Tetapi karena tercipta alami, mereka menjadi disukai banyak orang. Bagaimana dengan kita? Kita bisa mempersiapkan atau membuat konsep tentang diri kita di depan kamera. Entah konyol, humoris, serius, dll. Yang terpenting tetap menjadi bagian dari diri kita. Kita juga akan lebih nyaman ketika membuat video yang ‘aku banget’.

9. Berkolaborasi

Di media apa pun, kolaborasi menjadi salah satu hal yang ampuh dalam pengembangan kita di suatu platform. Seseorang yang belum memiliki followers banyak bisa jadi viral gara-gara berkolaborasi dengan seseorang. Namun, berkolaborasi dengan orang yang sudah ngetop tidaklah gampang. Kita harus punya strategi supaya bisa kolaborasi dengan orang lain.

Jika memang belum memiliki teman yang ngetop, kamu bisa berkolaborasi dengan orang-orang yang memiliki bakat khusus dan bisa menarik perhatian orang banyak. Misal, kita kolaborasi dengan orangtua kita, dengan anak kecil, dengan nenek-nenek, atau bahkan dengan orang yang super heboh. Ini tidak jadi masalah. Yang terpenting kita punya strategi dalam mempersiapkan konten. Coba tengok konten di Tiktokmu. ada beberapa kreator yang memanfaatkan orang-orang di sekitar mereka untuk kemudian dijadikan konten.

10. Pastikan Kamu Punya Privilege

Privilege itu penting banget kah? Penting. Salah satu privilege yang cukup umum adalah paras cantik dan ganteng. Memang, setiap orang itu memiliki keistimewaan fisik masing-masing. Namun ada standar tertentu yang tidak bisa dijelaskan, sehingga disukai oleh banyak orang. 

Maka, kalau kamu memiliki keistimewahan itu, bersyukurlah. Kamu bisa menggunakannya. Jika belum, maka bangunlah. 

Privilege tidak hanya berhubungan dengan fisik. tetapi bisa juga dengan prestasi dan jabatan. Jika kamu seorang warga Indonesia dan kebetulan berkuliah di luar negeri, itu bisa jadi merupakan privileged. Kamu punya keistimewahan yang tidak dimiliki orang lain. Maka, kamu bisa memanfaatkan itu semua.

Nah, itulah 10 cara populer di Aplikasi Tiktok. Bagaimana, apakah kamu sudah melakukan strategi itu? Yuk, bangun platform yang kita gunakan untuk hal-hal terbaik.








1 komentar untuk "10 Cara Populer di Aplikasi Tiktok"

  1. Apa cuma aku yg ga pernah main tiktok, ga ngerti fitur tiktok juga hahahha, sejak jd emak2 udh ngurangin sosmed, lebih suka ngabisin waktu sama sikecil wkwkwkk

    BalasHapus

Berlangganan via Email