Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10 Peluang Pekerjaan untuk Seorang Penulis

 10 Peluang Pekerjaan untuk Seorang Penulis

10 Peluang Pekerjaan untuk Seorang Penulis
Pixabay.com


ujwar.com – Bagi sebagian orang, menulis hanyalah suatu skill yang biasanya digunakan untuk keperluan sekolah dan kuliah. Padahal, selain untuk menuliskan data-data yang berhubungan dengan pendidikan, ternyata skill menulis bisa menghasilkan uang. Seperti halnya 10 peluang pekerjaan untuk seorang penulis yang akan aku bahas. Supaya lebih jelas, mari simak pembahasanku soal pekerjaan penulis.

1. Kamu Bisa Menjadi Penulis Buku

Ketika biasanya kita menjadi seorang pembaca yang mengkonsumsi bacaan dalam bentuk buku, ternyata kita bisa lho menjadi penulis buku dan justru menjadi penghasil karya. Terdapat banyak jenis buku. Bisa fiksi, atau non fiksi. Fiksi sendiri dibagi lagi ke dalam beberapa jenis seperti puisi, cerpen dan novel. Begitupun dengan non fiksi.

Ketika kita membuat sebuah buku, kita bisa menerbitkannya di penerbit Indonesia. Terdapat banyak penerbit di Indonesia. Kamu bisa baca 50 lebih penerbit di sini. Jika tulisanmu berhasil diterima dan akan diterbitkan, kamu akan mendapatkan royalti dari buku yang akan dijual. Nah, dari sinilah peluang kamu mendapatkan pemasukan dari menulis.

Terdapat banyak penulis yang sudah sukses. Misalkan Dee Lestari, Tere Liye, Boy Candra, dan penulis-penulis lainnya. Mereka semua termasuk ke dalam penulis mapan dengan penghasilan yang besar dari menulis.

2. Menjadi Penulis Novel di Platform Online

Pada awalnya, banyak yang mengira bahwa platform online tidak akan berkembang. Namun ternyata dua tahun belakangan, platform online semakin berkembang pesat. Pada awalnya, aku sendiri hanya mengenal aplikasi WATTPAD sebagai platform menulis online. Semakin sini, bermunculan platform menarik yang justru membayar para penulis. Coba baca 9 platform yang membayar para penulis novel di sini.

Menjadi penulis novel di platform online memang memiliki sensasi tersendiri. Terlebih jika kita menjadi pembaca. Biasanya, setiap update bab baru, pembaca diharuskan membeli bab tersebut dengan koin. Harga per babnya pun terbilang murah. Namun di sini-lah serunya. Ketika semakin banyak orang yang membeli, semakin banyak koin terkumpul. 

3. Menjadi Penulis Artikel

Jujur, aku sudah terjun ke dunia penulisan artikel sejak 2017 lalu. Aku sering mendapatkan pesanan artikel dari berbagai orang. Biasanya mereka memesan artikel untuk kebutuhan blog, atau juga kebutuhan bisnis online mereka. Hal ini jelas menjadi salah satu peluang bagi kita yang memiliki kemampuan menulis. Pastinya, kita akan mendapatkan uang dari hanya menulis artikel.

Untuk bisa mendapatkan orderan artikel, kita bisa gabung di grup-grup blogger, di platform jual jasa, atau bahkan kita sendiri yang mempromosikan jasa yang kita siapkan. Banyak teman-temanku yang menjadi penulis artikel dan mendapatkan penghasilan.

4. Menjadi Penulis Copywriting

Ini adalah salah satu pekerjaan yang terkenal. Perusahaan-perusahaan biasanya banyak mencari orang yang terbiasa menulis untuk kebutuhan iklan produk mereka. Tujuan dari copywriting ini adalah untuk menarik perhatian para calon pelanggan dari jasa atau produk yang disediakan. Kamu juga bisa menjadi copywriter part time. Biasanya, sistem ordernya sama dengan order artikel. Suatu pihak menghubungimu, dan kamu mengerjakan tulisan sesuai pesanan.

5. Menjadi GhostWriter

Ghostwriter termasuk salah satu pekerjaan yang semakin hari semakin diperhitungkan. Pasalnya, banyak sekali orang yang membutuhkan layanan ghostwriter karena kesibukan. Banyak artis atau pengusaha yang akhirnya menggunakan jasa ghostwriter untuk menuliskan naskah mereka. Mereka akan mmebayar si penulis. Dengan catatan, hak cipta dari naskah yang penulis buat menjadi pemilik si pemesan.

Yang lebih menggiurkan, bayaran dari Ghoswriter ini tidak main-main. Orang-orang bisa dibayar kisaran 3 Juta – Belasan Juta dalam sekali projek. Tentu saja, ini bisa menjadi peluang bagi para penulis dalam menciptakan usaha yang mandiri.

6. Menjadi Penulis Blog Pribadi

Apakah menjadi penulis blog adalah pekerjaan? Tentu saja, meskipun pada awalnya bisa jadi dilakukan karena hobbi. Di luar sana, banyak sekali blogger yang memang berniat untuk mencari uang. Mereka membuat blog supaya mendapatkan uang dari iklan atau dari sponsor. Tentu saja, jika kita memiliki kemampuan menulis, kita tidak perlu membayar orang lain untuk menulis artikel. Kita bisa menulis artikel sendiri, kemudian dipasang di blog. Perkembangan blog pun akan semakin cepat jika memang konsisten menulis.

7. Menjadi Kontributor Dari Situs Terkenal

Jika tidak berminat untuk membuat blog sendiri, kita bisa menjadi kontributor situs-situs terkenal yang membayar. Salah satu situs terkenal yang sudah banyak diketahui adalah UcNews, IDM Times, dll. Kita bisa menjadi bagian dari mereka dan mulai menulis artikel. Biasanya akan ada bayaran tertentu untuk setiap artikel yang dibuat. Baik berdasarkan view, atau dibayar di muka. Kalau kamu penasaran, aku juga menuliskan beberapa situs yang membayar penulisnya di sini.

8. Menjadi Penulis Cerpen di Koran atau Majalah

Menjadi penulis di koran atau majalah sampai saat ini masih menjadi hal yang menggiurkan. Banyak diantara teman-teman penulis yang memilih membuat tulisan, mengirimkannya ke media, lantas akan mendapatkan honor jika diterima. Honor di media pun terbilang besar. Sekali tayang, kita bisa mendapatkan uang sebesar 100 ribu (minimal). Bahkan di media yang sudah terkenal, bayaran untuk penayangan cerpen bisa sampai jutaan rupiah.

Tentu saja hal ini adalah peluang. Selain penulis bisa dikenal lebih banyak pembaca media tersebut, penulis juga mendapatkan keuntungan dengan mendapatkan uang dari hasil tulisan tersebut. 

9. Menjadi Penulis Skenario

Bagi kamu yang ingin bercita-cita menjadi bagian dari sebuah film, maka menjadi penulis skenario bisa menjadi salah satu pilihan. Banyak agency naskah yang menerima tulisan kita (jika memang menarik). Bahkan belakangan, semakin terbuka peluang karena ada berbagai platform yang mulai hunting naskah skenario. Salah satunya Kwikku. Di Kwikku, ada lomba menulis cerita untuk dijadikan film juga.

Menjadi penulis skenario memang cukup menggiurkan. Beberapa temanku yang sudah terjun di dalamnya merasa beruntung karena bisa menjadi bagian dari suatu film. Kadang-kadang, selain mendapatkan bayaran besar, mereka juga berkesempatan untuk ikut menyaksikan kegiatan syuting dan bertemu aktor atau aktris film tersebut.

10. Menjadi Penulis Qoutes

Ternyata menulis Quotes bisa menjadi pekerjaan? Bisa. Sekarang, ada berbagai perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan quotes dan caption. Terkesan sepele, tetapi justru bisa menjadi ladang usaha. Selain membuka jasa pembuatan quotes atau caption, kita juga bisa mulai membangun media sosial mengenai kata-kata. Banyak selebgram yang pada akhirnya terkenal, mendapatkan endorsement, bahkan mendapatkan tawaran membuat buku dari penerbit-penerbit tertentu. Hal ini membuktikan bahwa kreativitas menulis bisa menghasilkan sesuatu yang tidak diduga sebelumnya.

Nah, itulah 10 Peluang Pekerjaan untuk seorang Penulis. Bagi kamu yang berminat untuk menekuni kepenulisan, kamu juga bisa belajar di situs menjadi penulis ya. Aku akan membahas berbagai hal mengenai dunia kepenulisan. 


Posting Komentar untuk " 10 Peluang Pekerjaan untuk Seorang Penulis"

Berlangganan via Email