Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Membuat Deskripsi Cerita WATTPAD Agar Menarik Perhatian Pembaca

 5 Cara membuat Deskripsi Cerita WATTPAD Agar Menarik Perhatian Pembaca

5 Cara membuat Deskripsi Cerita WATTPAD Agar Menarik Perhatian Pembaca
pixabay.com

Ujwar.com – Banyak sekali teman-teman penulis yang meminta aku untuk bikin cara membuat deskripsi cerita wattpad. Ketika kita akan mengpload novel di WATTPAD, kita harus mendeskripsikan novel secara singkat. Nah, penulisan deskripsi inilah yang kadang-kadang membuat para penulis bingung. Memang, bagaimana sih, cara menulis deskripsi cerita wattpad? 

Tenang saja, aku akan menuliskan 5 variasi deskripsi cerita wattpad yang bisa kamu tiru dan diterapkan di novelmu. Berikut ulasannya:

1. Membuat Deskripsi Diawali dengan Pertanyaan

Menurut aku, ini adalah salah satu teknik yang sudah sering digunakan di novel cetak. Di buku cetak sendiri, deskripsi semacam ini sering disebut blurb. Blurb dibuat untuk membuat pembaca tahu secara garis besar mengenai ceritanya. Pembaca juga bisa tertarik dengan sebuah buku gara-gara membaca blurb.

Nah teman-teman, di WATTPAD-pun tidak jauh berbeda. Orang lain akan tertarik dengan sebuah naskah jika membaca deskripsi ceritanya.

Berikut contoh deskripsi cerita wattpad yang diawali dengan pertanyaan:

Apa kamu tahu kalau aku mencintaimu?

Ah, aku melupakan sesuatu. Kamu pasti tidak tahu tentang perasaan ini. Bukankah yang ada di pikiranmu hanya istri pertama? Ya, istri pertama yang akhlaknya lebih baik dariku. 

Namun, kamu harus tahu. Cintaku ke kamu lebih besar daripada cinta istri pertamamu. Bahkan kalau boleh jujur, istri pertamamu punya rahasia besar. Rahasia yang mungkin akan membuatmu berpikir ulang tentang pilihan. Bahwa akulah yang paling tepat untukmu.

2. Membuat Deskripsi dengan Suara Hati si Tokoh

Di WATTPAD, banyak sekali orang yang membuat deskripsi dengan memasukkan kata-kata andalan, jargon, quotes, atau apa pun itu yang berasal dari ucapan si tokoh. Menurut aku, cara penulisan deskripsi seperti ini tidaklah salah. Justru malah akan membuat orang lain penasaran. Apalagi jika kalimat-kalimatnya unik dan mudah diingat.

Berikut contoh Deskripsi cerita wattpad dengan suara hati:

“Kamu memang cuek, tapi kamu cantik.”

-Aldebaran Anugerah-

Kamu bisa menuliskan penggalan kata-kata si tokoh sesuai dengan keinginanmu. Baik itu satu kalimat, atau bahkan lebih. Yang terpenting di sini, kamu harus tahu hal-hal menarik yang bisa dipresentasikan lewat ucapan si tokoh utama.

3. Membuat Deskripsi Dengan Penjelasan Utuh

Menurutku, ini adalah deskripsi umum sebuah cerita. Kebanyakan orang sering menggunakan cara ini. Aku pun sama. Aku lebih senang mengenalkan si toko, juga tujuan dan masah-masalahnya. Sehingga si pembaca akan langsung mengerti tentang isi naskah kita.

Contoh:

Aldebaran adalah seorang pengusaha kaya. Namun sayang, di usianya yang ke 30 tahun, dia belum memiliki istri. Hingga dia akhirnya mengikuti sebuah talkshow dan malah menyukai host-nya. Dari pertemuan itu, Aldebaran akhirnya mencoba mengejar sang host. 

Apa yang akan terjadi? Apakah Aldebaran bisa mendapatkan sang wanita idaman? 

4. Membuat Deskripsi dengan Dialog

Untuk menarik perhatian pembaca, kamu juga bisa banget memasukkan dialog-dialog menegangkan di deskripsi cerita wattpad. Kamu bisa memilih dialog paling emosional, paling mudah diingat, paling romantis, atau dialog-dialog lainnya. 

Kenapa harus dialog? Dialog bisa memberikan energi yang kuat kepada pembaca dibanding bentuk lainnya. Sebab pembaca bisa melihat langsung si tokoh berbicara kepada tokoh lainnya. 

Nah, berikut adalah contoh dari deskripsi dengan bentuk dialog:

“Aku mau kita putus!” teriak Rana dengan wajah keras.

“Emang kapan kita jadian?” Wisnu bertanya dengan begitu santai.

“Eh ....” Rana melotot. “Bukannya waktu itu ....”

“Gue cuman jadiin lo bahan taruhan!” tegas Wisnu diselingi tawaan.

“Dasar cowok gila!” teriak Rana. “Awas ya lo! Gue nggak akan maafin lo karena kelakuan lo ini. Lihat aja nanti, gue bakal bikin lo jatuh cinta sama gue. Gue akan bikin lo ngejar-ngejar gue. Setelah itu, gue akan nginjek harga diri lo, seperti lo nginjek harga diri gue sekarang!”

Rana berlari dari hadapan Wisnu. Sementara, Wisnu hanya tertawa. Dia bahagia bisa mempermainkan seorang cewek.

5. Membuat Deskripsi Dari Sudut Pandang Orang Pertama

Kalau novel yang kamu tulis menggunakan sudut pandang orang pertama (aku, saya, gue, dll). Kamu bisa juga lho, menuliskan deskripsi dengan menggunakan sudut pandang orang pertama. Yang aku tahu, sudut pandang orang pertama bisa membuat ikatan cerita pembaca menjadi semakin kuat. Sebab di sana, kamu seperti bercerita secara langsung ke pembaca. 

Contoh:

Dulu, aku paling nggak suka sama cowok nerd. Aku pernah dipermalukan karena kecerdasannya.

Namun sekarang, aku merasa jadi cewek gila. Aku mencintai cowok nerd nomor satu di SMA. Dia adalah cowok kaku yang jika bertemu dengan cewek malah nunduk dan komat-kamit.

Hey, apakah seleraku turun?

Tapi aku nggak bisa membiarkan perasaan cinta ini hadir tanpa jembatan. Aku harus membuat dia suka kepadaku. Aku harus membuatnya bertekuk lutut di hadapanku.

Kamu mau tahu ceritaku mengejar si cowok nerd? Ikutin aku terus ya. Jangan sampai kamu mati karena penasaran.

Nah, itulah 5 Cara membuat Deskripsi Cerita WATTPAD Agar Menarik Perhatian Pembaca. Bagaimana, gampang kan guys? Semoga bermanfaat dan bisa memberikan sedikit gambaran.

1 komentar untuk " 5 Cara Membuat Deskripsi Cerita WATTPAD Agar Menarik Perhatian Pembaca"

  1. Sampe ada contohnya pula. Makasih min, membantu bgt!♡

    BalasHapus

Berlangganan via Email