Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengirim Naskah Ke Gramedia Grup Terbaru 2021

 Cara Mengirim Naskah Ke Gramedia Grup Terbaru 2021


Cara Mengirim Naskah Ke Gramedia Grup Terbaru 2021


Ujwar.com – Mengirimkan tulisan untuk kemudian bisa diterbitkan dalam bentuk fisik merupakan impian hampir setiap penulis. Maka dari itu, kali ini aku bakalan ngebahas cara mengirim naskah ke gramedia grup terbaru 2021. Siapa yang tidak tahu Gramedia? Salah satu penerbit raksasa di Indonesia. Sekarang, kita bisa mengirimkan satu naskah kepada tiga penerbit yang ada di grup Kompas Gramedia lho. Terus gimana caranya? Mari kita bahas bareng-bareng yaa.

Cara mengirim naskah ke gramedia grup terbaru 2021:

1. Membuka Website DPS (Digital Publishing System)

DPS adalah sebuah tempat yang paling anyar untuk memudahkan penulis dalam mengirimkan naskah mereka. Dengan website ini, kita tidak perlu mengirimkan naskah lewat email lagi. Sebab, kita bisa memonitori seluruh naskah yang dikirimkan di DPS. Selain itu, kita bisa memilih maksimal tiga penerbit untuk naskah yang dikirim. Jika biasanya kita harus menunggu keputusan di satu penerbit, maka sekarang, kita bisa melihat proses keputusan dari penerbit satu ke penerbit lainnya hanya dalam satu situs.

Cara Mengirim Naskah Ke Gramedia Grup Terbaru 2021

Silahkan kunjungi www.dps.gramedia.com di mesin pencarimu. Setelahnya, kamu tinggal logn in di situs tersebut. Kalau belum punya akun, berarti kamu harus klik register terlebih dahulu. Kalau sudah, mari kita melangkah ke proses selanjutnya.

2. Kirim Naskah

Dalam pengiriman naskah, pastikan kamu sudah mengubah naskah di microsoft word menjadi format PDF. Pastikan juga naskah tadi dilengkapi dengan sinopsis novel, isi novel, tentang penulis. Kalau sudah, tinggal klik saja KIRIM NASKAH di pojok kanan atas yang berwarna merah.

Cara Mengirim Naskah Ke Gramedia Grup Terbaru 2021

Jika sudah klik naskah, akan muncul menu seperti ini. Kita bebas memilih tiga penerbit sesuai dengan yang diinginkan. Sesuaikan juga jenis naskah yang dikirim. Misal naskahnya berjenis fiksi, maka kita pilih nama penerbit, plus bidang naskah. Misal: Gramedia Pustaka Utama, dengan bidang FIKSI. Kalau sudah memilih nama penerbit, klik LANJUTKAN.

Cara Mengirim Naskah Ke Gramedia Grup Terbaru 2021

3. Mengupload NASKAH 

Setelah memilih penerbit, maka langkah selanjutnya adalah mengupload tulisan. Di sini, kita diharuskan untuk menuliskan judul, sinopsis, juga mengupload naskah yang tadi sudah diubah menjadi bentuk PDF.

Cara Mengirim Naskah Ke Gramedia Grup Terbaru 2021

Ada sedikit tips saat mengisi data-data ini. Pastikan, kamu memasukkan judul yang menarik (sesuai dengan naskahmu), juga mengisi sinopsis dengan singkat, jelas, dan padat. Pastikan untuk memasukan premis atau ide pokok dari naskah di sinopsis ini karena tidak diperkenankan untuk menuliskan terlalu panjang. Tentu saja ini menjadi hal yang penting, sebab penilaian penerbit bisa jadi dilihat dari seberapa menarik sinopsis yang dituliskan.

Jika sudah mengisi semua data, tinggal klik LANJUTKAN.

4. Isi Data Naskah 

Langkah terakhir adalah mengisi data naskah. Di sini, kita diharuskan untuk mengisi segmen pembaca, selling point, juga keyword yang berhubungan dengan naskah. Di menu ini, kita harus bisa memasukkan kelebihan naskah jika kemudian diterbitkan. Entah dari segi pasar, atau misalkan dari naskah itu sendiri. Jika misalkan naskah tersebut beda dari yang lain, maka kita harus menuliskan juga, sesuatu yang membuat naskah tersebut berbeda.


Cara Mengirim Naskah Ke Gramedia Grup Terbaru 2021

5. Selesai dan Tinggal Menunggu

Setelah mengisi data buku, maka kita tinggal menunggu hasil dari seleksi. Naskah kita akan dikirimkan kepada penerbit yang dipilih sesuai urutan. Misal, penerbit pertama yang kita pilih Gramedia Pustaka Utama, naskah kita akan direview oleh penerbit tersebut.

Cara Mengirim Naskah Ke Gramedia Grup Terbaru 2021

Bagaimana jika naskah ditolak di penerbit pertama? Maka akan dialihkan ke penerbit selanjutnya. Begitu hingga selesai. Namun jika ditolak oleh ketiga penerbit, akan ada tulisan BANK NASKAH. Artinya, naskah tersebut menjadi tabungan untuk kemudian dikirimkan ke penerbit lain.

Cara Mengirim Naskah Ke Gramedia Grup Terbaru 2021

Nah, itulah Cara Mengirim Naskah Ke Gramedia Grup tahun 2021. Semoga bermanfaat ya. Jangan patah semangat untuk terus mengirimkan tulisan kita ke penerbit ternama.



3 komentar untuk " Cara Mengirim Naskah Ke Gramedia Grup Terbaru 2021"

  1. Jadi sekarang ini cmn bisa lewat DPS aja ya? Gak bisa lewat e-mail lagi?

    BalasHapus
  2. saya sudah berkali kali register tapi tidak ada email masuk untuk aktivasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, emang suka agak eror. Dicoba terus aja ya kak.

      Hapus

Berlangganan via Email